Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/08/manfaat-buah-pisang-untuk-kesehatan.html
Pisang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak terdapat di Indonesia. Hampir di setiap daerah di Indonesia selalu terdapat pohon pisang. Selain buahnya yang dapat dikonsumsi, beberapa bagian dari pohon pisang juga bisa dijadikan bahan makanan. Salah satunya adalah jantung. Daun pisang juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pembungkus.

Buah pisang mengandung banyak nutrisi seperti kalium dan asam folat yang baik dikonsumsi ibu hamil untuk membantu perkembangan janin.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan karena membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor, yang semua berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, juga kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan


Salah satu manfaat pisang yang paling utama adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti melancarkan buang air besar dan mengobati sakit maag. Pisang mampu menetralkan cairan asam lambung, untuk mengurangi iritasi akibat maag dengan melapisi permukaan lambung secara unik. Hal ini menjadikan pisang sebagai buah yang aman dikonsumsi penderita maag.

1. Masker Buah Pisang Mengobati Jerawat

Hancurkan daging buah pisang yang telah matang atau menguning secukupnya, lantas oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat, lalu bersihkan. Ulangi selama beberapa hari hingga jerawat hilang dan kulit bersih.

2. Masker Buah Pisang Menghaluskan Kulit Wajah

Selain itu, bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kasar dan kering, daging buah pisang pun bisa jadi solusi. Caranya, hancurkan pisang dan tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan sebagai masker pada wajah yang bermasalah. Rasakan betapa kulit wajah akan berubah menjadi halus dan lembut.

3. Kaya Vitamin dan Serat

Pisang memiliki lebih dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel yang diketahui sebagai buah penangkal kunjungan ke dokter. Pisang juga kaya akan potasium.

4. Sumber Energi

Dengan mengkonsumsi dua pisang sehari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi ketika melakukan aktifitas sehari-hari.

5. Mengalirkan oksigen ke otak

Karena kaya akan potasium, maka pisang membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

6. Melancarkan Buang Air Besar

Bagi yang sering mengalami kesulitan buang air besar, santaplah pisang. Ini membantu mengembalikkan kelancaran pembuangan sisa tubuh.

7. Meningkatkan mood

Pisang membantu meningatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari.

8. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi wanita yang sering mengalami nyeri ketika haid, tidak perlu mengonsumsi obat-obatan atau zat berbahaya bagi tubuh. Hanya dengan buah ini, keram di perut dan nyeri di perut dapat berkurang

9. Mengobati Sakit Maag

Ketika telat makan dan perut sudah mulai pedih, makanlah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang diketahui memiliki zat penangkal asam dalam tubuh.

10. Mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk yang sangat menganggu dan gatal dapat hilang ketika kulit pisang dioleskan secara pelan-pelan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

11. Menyembuhkan Luka Bakar

Caranya cukup dengan menumbuk pisang matang hingga lembek, dan sebarkan di area yang yang terbakar atau luka untuk meredakan rasa perih. Kemudian balut dengan perban kain untuk hasil terbaik.

12. Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Selain kaya akan potassium, pisang juga mengandung banyak asam folat. Asam folat yang dikandung pisang juga sangat baik bagi pertumbuhan janin, sehingga disarankan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi buah ini.

Nah, ternyata buah pisang yang banyak terdapat di sekitar kita memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menyukai buah pisang.

Related Posts