22 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B6 (Piridoksin)

shares |

ADVERTISEMENT

Vitamin B6
Vitamin B6 atau dikenal juga dengan nama Piridoksin merupakan bagian dari Vitamin B Kompleks. Dan merupakan jajaran vitamin yang cukup terkenal, selain vitamin B12. Hal ini karena vitamin B6 sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan perkembangan janin. Selain itu, vitamin B6 juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung dan memaksimalkan perkembangan otak.

Makanan sumber vitamin B6 cukup melimpah, banyak tersedia di sekitar kita dan mudah didapat. Sumber vitamin B6 terutama banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Daging sapi, hati kalkun, kacang-kacangan, ikan tuna, beras, dan gandum merupakan makanan yang kaya akan kandungan Vitamin B6 (Piridoksin).

Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin B6


Berikut ini merupakan buah-buahan sumber vitamin B6 alami yang cukup mudah didapatkan:

1. Buah Pisang

Setiap satu buah pisang mengandung vitamin B6 sebanyak 0,43 mcg. Buah pisang merupakan buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Karena memang pisang merupakan buah yang mana tumbuh di iklim tropis. Sehingga tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 dari pisang yang banyak ditemui ini.

2. Buah Alpukat

Kandungan vitamin B6 pada buah alpukat satu cangkir adalah 0,38 mcg. Buah alpukat banyak sekali manfaatnya seperti pencegah kanker prostat. Lalu menghindari dari kanker mulut, menghindari dari ancaman kanker payudara, menjaga kesehatan mata. Kemudian bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pencegah stroke.

3. Buah Tomat

Satu cangkir tomat mengandung vitamin B6 sebanyak 0,14 mcg. Manfaat buah tomat mengurangi resiko penyakit kanker yaitu kanker prostat. Lalu mencegah tubuh terkena penyakit jantung. Imunitas tubuh pun meningkat dengan baik setelah mengkonsumsi buah tomat.

4. Buah Melon

Buah melon juga mengandung vitamin B6. Melon adalah buah yang berwarna hijau dengan daging buah juga berwarna hijau. Ada juga yang berwarna kuning daging buahnya. Buah melon termasuk buah yang banyak mengandung vitamin dan juga kaya akan air.

5. Buah Semangka

Semangka juga merupakan buah yang mengandung vitamin B6. Buah semangka berbentuk besar seperti melon. Dengan kulit yang hijau namun memiliki daging buah yang berwarna merah dengan banyak bijinya. Bedanya dengan melon yang berdaging keras, semangka berdaging lembut. Sehingga termasuk buah yang banyak juga mengandung air.

Sayuran yang Mengandung Vitamin B6


Berikutnya akan dibahas berbagai sayuran yang mengandung vitamin B6 cukup tinggi untuk dikonsumsi sehari-hari.

6. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang banyak ditanam di Indonesia. Merupakan salah satu sayuran yang cukup favorit untuk dikonsumsi sehari-hari. Bayam memiliki kandungan vitamin B6 sebanyak 0,44 mcg setiap satu cangkir bayam. Bayam bermanfaat untuk melawan sel kanker, sumber anti-inflamasi, mengurangi resiko kardiovaskular, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mampu mencegah anemia.

7. Kentang

Kandungan vitamin B6 pada kentang yang dipanggang atau dimasak setiap satu kentangnya mengandung vitamin B6 sebanyak 0,54 mcg. Kentang sangat populer di Negara Indonesia. Apalagi saat bisnis makanan cepat saji hadir di Indonesia, kentang terutama kentang goreng menjadi pilihan cemilan selain digunakan pada sayuran pelengkap makanan utama.

8. Sawi

Satu cangkir masak untuk sawi mengandung vitamin B6 sebanyak 0,14 mcg. Sawi banyak manfaatnya. Seperti mencegah osteoporosis, sawi juga mengandung niasin untuk mengurangi proses aterosklerosis hingga mencegah terjadi serangan jantung. Selain itu juga mengontrol kadar kolesterol pada tubuh. Sawi ada dua jenis yaitu sawi hijau dan sawi putih.

9. Kembang Kol

Satu cangkir kembang kol mengandung vitamin B6 sebanyak 0,2 mcg. Kembang kol ini sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Karena kandungan vitaminnya yang banyak serta seratnya yang banyak dapat membantu tumbuh kembang janin menjadi optimal nanti lahirnya. Sehingga menghindarkan anak terserang cacat lahir.

10. Brokoli

Untuk satu cangkir brokoli mengandung vitamin B6 sebanyak 0,16 mcg. Brokoli mengandung banyak manfaat. Diantara manfaat itu antara lain dapat mencegah sembelit dimana sering terjadi pada anak. Karena brokoli memelihara organ usus pada perut. Selain itu juga brokoli dapat menurunkan kolesterol pada tubuh.

11. Paprika

Untuk kandungan vitamin B6 pada takaran satu cangkir mengandung 0,27 mcg. Paprika adalah sayuran yang berupa buah berbentuk lonceng. Memiliki rasa yang mirip cabe walau tidak sepedas cabe. Paprika banyak digunakan dalam resep makanan. Manfaat dari paprika adalah antioksidan dan meningkatkan imunitas tubuh, sebagai antibakteri, menormalkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi.

12. Asparagus

Untuk satu cangkir asparagus mengandung vitamin B6 sebanyak 0,12 mcg. Asparagus sekarang ini sangat banyak digunakan untuk resep masakan. Seperti dibuat sup asparagus, orak-arik asparagus, sup kepiting asparagus, tumis asparagus ayam, tumis udang asparagus, dan masih banyak lainnya. Asaparagus sendiri bermanfaat untuk antikanker, antioksidan, antipenuaan, serta sebagai diuretik alami.

13. Lobak

Kandungan vitamin B6 pada lobak adalah 0,08 mcg setiap sajian 1 cangkir. Berarti dalam konsumsi maksimal 2 mcg sehari lobak telah memenuhi setidaknya 4% vitamin B6 pada tubuh Anda. Vitamin B6 ini juga merupakan nutrisi untuk mengkonversi protein menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Sumber Vitamin B6 Lainnya


Selain bisa didapatkan dari buah dan sayuran, vitamin B6 juga terdapat pada ikan, daging dan gandum.

14. Ikan Tuna

Kandungan vitamin B6 pada ikan tuna adalah 1,18 mcg setiap empat ons ikan tuna. Ikan tuna banyak ditemukan di perairan Indonesia. Biasanya ikan tuna lebih banyak di ekspor ke luar negeri karena memang orang barat menyukai ikan ini. Ikan ini lebih populer di Eropa dibandingkan di Indonesia.

15. Ikan Cod

Kandungan vitamin B6 pada ikan cod adalah 0,52 mcg setiap empat ons ikan cod. Ikan ini bukan berasal dari Indonesia dan biasanya ditemui dalam bentuk instan berupa minyak ikan cod. Minyak ikan cod juga banyak mengandung omega-3 yang berfungsi dalam membantu proses tumbuh kembang otak.

16. Ikan Salmon

Kandungan vitamin B6 pada ikan salmon adalah 0,8 mcg setiap 3 ons ikan salmon. Dalam ikan salmon ternyata juga terdapat vitamin B lainnya seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12. Selain itu ikan salmon juga banyak mengandung vitamin A. Ikan ini hidup di air tawar dimana saat usia ikan ini masih berupa telur dan ikan muda. Saat dewasa ikan ini akan hidup di laut.

17. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang mengandung vitamin B6 juga ada. Seperti kacang kedelai, kacang polong, dan kacang hijau. Sedangkan ada juga kacang merah yaitu sumber makanan kacang-kacangan yang cukup baik bagi tubuh karena mengandung vitamin B6 yang cukup banyak. Pada kacang hijau dengan kadar satu cangkir mengandung vitamin B6 sebanyak 0,14 mcg. Dengan mengkonsumsi setidaknya satu cangkir atau mangkok kacang-kacangan ini Anda dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B6.

18. Biji Wijen

Biji-bijian yang termasuk mengandung vitamin B6 cukup baik adalah biji wijen. Kandungan vitamin B6 pada biji wijen dengan takaran 100 gram adalah 0,8 mcg. Biji bunga matahari sendiri sering disebut di Indonesia sebagai kuaci. Sedangkan pada biji wijen banyak digunakan untuk diambil minyaknya. Dapat juga bijinya digunakan dalam olahan makanan seperti onde-onde. Bahkan dapat menjadi bahan pembuatan pasta.

19. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari mengandung vitamin B6 sebanyak 0,47 mcg dalam takaran seperempat cangkir. Biji bunga matahari digunakan sebagai panganan kecil atau cemilan kecil yang disebut kuaci. Banyaknya jumlah biji bunga matahari yang kita makan sebagai cemilan menjadikan diri ini mudah dalam memenuhi kebutuhan vitamin B6.

20. Beras (Nasi)

Beras merupakan sumber makanan dari tanaman padi yang termasuk ke dalam padi-padian. Beras sendiri mengandung vitamin B6 sebanyak 4,07 mcg setiap sajian 100 gramnya atau 0,3 mcg per sendok makan. Beras biasa dikonsumsi setelah dimasak menjadi nasi. Namun patut diingat, bahwa beras bukan merupakan satu-satunya dari keluarga padi-padian.

21. Roti Gandum

Gandum merupakan salah satu tanaman jenis padi-padian seperti beras. Gandum yang biasa dijadikan roti atau sereal ternyata memiliki kandungan vitamin B6 cukup tinggi. Roti gandum mengandung vitamin B6 sebanyak 1,3 mcg setiap sajian 100 gramnya atau 0,05 mcg per satu sendok makan.

22. Daging dan Hati

Hati adalah bagian dari organ hewan-hewan seperti sapi, kambing, rusa, domba yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Olahan hati sendiri banyak untuk olahan makanan modern seperti sosis. Daging hati kalkun mengandung vitamin B6 sebanyak 1,04 mcg dalam takaran 100 gram. Daging hati sapi mengandung vitamin B6 sebanyak 1,03 mcg dalam takaran 100 gram.

Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan seseorang terkena insomnia, depresi dan cepat lelah. Bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung dan anemia, karena salah satu fungsi dari vitamin b6 ini adalah membantu terbentuknya hemoglobin.

Namun, jika melihat banyaknya sumber vitamin B6 yang mudah didapat rasanya sungguh terlalu jika kita sampai kekurangan vitamin yang satu ini.

Related Posts