Obat Diare atau Mencret Tradisional Manjur

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/09/obat-diare-atau-mencret-tradisional.html
Diare atau mencret adalah penyakit pada saluran pencernaan yang menyebabkan penderitanya mengalami sakit perut dan buang air besar yang sangat sering dengan komposisi feses lebih banyak berupa cairan. Biasanya disertai mulas dan kadang muntah-muntah. Kondisi ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) sehingga lemas atau bahkan pingsan.

Penyebab diare sendiri cukup beragam mulai dari peradangan usus (kholera, disentri, bakteri, dan virus), kurang gizi, keracunan makanan, hingga kepekaan terhadap makanan tertentu (misalnya makanan asam atau makanan pedas). Makanan yang dapat menyebabkan diare diantaranya jeruk, cabai, sawi dan bawang putih.

Obat Diare Tradisional

Sekarang ini banyak obat diare berbahan kimia yang dijual bebas di apotek dan warung-warung. Namun pada zaman dahulu, pengobatan untuk diare atau mencret dilakukan secara tradisional. Dan berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk mengobati diare warisan nenek moyang kita:

1.  Daun Kayu Putih

Bahan: 10 gram daun kayu putih kering, air sebanyak 2 gelas.
Cara pengobatan: Rebus daun kayu putih kering dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini setiap hari sampai diare sembuh.

2. Kunyit

Kunyit sejak dulu dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah diare.
Caranya: Sediakan 1/2 jari rimpang kunyit segar, satu sendok teh kapur sirih, dan satu gelas air. Rimpang kunyit diiris tipis, kemudian direbus dalam 1 gelas air hingga tersisa 1/3 gelas. Tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih, aduk hingga rata. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari.

3. Akar Jeruk Nipis

Biasanya yang dijadikan sebagai obat adalah buah jeruk nipis. Namun ternyata akar jeruk nipis juga memiliki khasiat sebagai obat. Termasuk mengobati diare atau mencret. Cuci bersih 4 potong akar jeruk nipis dalam 6 gelas air hingga tersisa 4 gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

4. Daun Sendok

Bahan: Sediakan 30 gram duan sendok segar dan 3 gelas air bersih.
Cara pengobatan: Rebus daun sendok dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas. Lakukan secara rutin pada pagi dan sore hari.

5.Akar Bayam Duri
Bayam duri ternyata bisa digunakan untuk mengobati diare
Bahan: Segenggam gram akar bayam duri segar dtambah 15 gram gula aren dan segelas air
Pembuatannya :Cuci akar bayam duri hingga bersih, lanjutkan dengan proses perebusan dengan1 gelas air bersama gula aren.Angkat ketika air di dalam panci tersisa 1/2 gelas.Biarkan dingin, barulah minum airnya sebelum makan rutin selama 3 hari masing-masng 1/2 gelas per hari.

6.Tanaman Anting-anting
Bahan: satu ikat gram tanaman anting-anting kering dan2 gelas air matang
Pembuatannya:Cuci bersih tanaman anting-anting, rebus bersama 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah mendidih, minum obat diare tradisional ini 2 kali sehari masing masing 1/2 gelas.

7.Buah dan daun jambu biji
buah jambu biji mentah Tanaman jambu biji sudah sangat terkenal manfaat dan khasiatnya untuk mengobati diare secara alami dan cepat.Caranya, Anda bisa memakan secara langsung buah jambu biji yang masih muda atau mengkonsumsi pucuk daun jambu biji bersama dengan garam dapur. Obat tradisional diare ini akan bekerja secara langsung untuk menghentikan rasa sakit di perut.

8.Ramuan Tradisional Obat Diare alami Daun Singkong
Selain untuk dimasak,sebagai lalapan yang enak,daun singkong initernyata bisa juga berguna untuk mengobati diare secara alami. Caranya: Siapkan satu ikat daun singkong muda lalu rebus dengan 4 gelas air. Setelah air tersisa 2 gelas, angkat dinginkan.daunya bisa dimakan sebagai lalap,dan air sisa rebusannya diminum sebagai ramuan alami obat diare. Minum 2 kali sehari pagi dan malam.

9. Garam Oralit

Berikan oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Perlu diperhatikan bagi orang tua mengenai cara pemberian oralit yang benar. Caranya adalah minum segelas oralit sedikit demi sedikit, dua sampai tiga teguk, kemudian berhenti selama tiga menit. Hal ini harus diulang terus menerus sampai satu gelas oralit habis. Minum oralit satu gelas sekaligus dapat memicu muntah dan buang air besar.

Oke, itu dia beberapa ramuan tradisional yang ampuh untuk mengobati diare atau mencret. Dimana penyakit diare ini sangat sering menyerang pada anak-anak. Semoga bermanfaat.

Related Posts