Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/10/manfaat-buah-tomat-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html
Tomat yang memiliki nama latin Lycopersicum esculentum Mill adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin. Buah tomat memiliki rasa yang sedikit asam dan sering digunakan untuk campuran masakan seperti sup, semur, dan sambal tomat agar rasanya lebih sedap. Kadang juga dimakan begitu saja sebagai lalap atau camilan.

Saya sendiri biasa mengkonsumsi tomat dengan cara dipotong-potong lalu ditaburi sedikit gula pasir. Rasanya sangat menyegarkan. Kami disini menyebutnya rujak tomat. Anda juga bisa membuat tomat sebagai jus dengan cara diblender.

Kandungan Gizi Buah Tomat

Salah satu senyawa yang paling banyak terkandung dalam buah tomat adalah betakaroten, terutama likopen, yang oleh tubuh likopen ini diubah menjadi vitamin A. Bersama vitamin C dan vitamin E yang terkandung, membuat tomat memiliki sifat antioksidan.

Penelitian menunjukkan likopen akan lebih optimal diserap oleh tubuh setelah diolah, entah menjadi sup atau saus tomat. Jadi, tambahkan tomat pada masakan Anda sehari-hari.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan


Selain bermanfaat sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi, ternyata tomat juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan.

Mencegah Kanker

Laporan dari Journal of National Cancer Institute mengatakan, kaum pria pengonsumsi 10 porsi makanan berbahan dasar tomat jarang terkena kanker prostat. Diperkirakan berkat kandungan likopen.

Bukan cuma kanker prostat, penelitian dari Universitas Illinois pun menunjukkan, tomat dapat menghindari gejala kanker rahim. Begitu juga kanker lambung, usus besar, rektum, dan pankreas.

Mecegah Penyakit Jantung

Penelitian terhadap para pria Eropa menunjukkan, mereka yang dalam tubuhnya memiliki kadar likopen tinggi, jarang terkena serangan jantung. Kandungan asam salisilat juga mampu mencegah pengentalan darah.

Melancarkan Pencernaan

Tomat yang kaya serat, air, dan mineral membantu proses pencernaan. Mineralnya merangsang pengeluaran air liur sehingga menambah nafsu makan. Kandungan asam malat dan asam sitratnya membantu mencgah terbentuknya batu empedu. Dengan sifatnya yang antiradang berkat zat tomatin, tomat dapat mencegah radang usus buntu dan saluran pernapasan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tomat dapat membantu, mencegah asam urat. Vitamin A dan C pada tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan


Selain untuk kesehatan, buah tomat juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Berikut ini manfaat buah tomat untuk kecantikan.

Menyehatkan Kulit

Vitamin B3 mampu menghaluskan kulit karena mampu melancarkan peredaran darah sehingga kulit mendapat kecukupan suplai makanan.

Menghilangkan Jerawat

Urusan jerawat juga bisa ditaklukkan dengan tomat karena zat tomatinnya yang bersifat antiradang dan antibakteri. Caranya, tomat yang sudah dibelah cukup dioleskan ke wajah, biarkan sampai kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

Menghilangkan Komedo

Buah tomat bisa mengatasi masalah komedo yang membandel. Dengan menggunakan masker tomat secara teratur, Anda akan mendapatkan hidung mulus tanpa bekas merah-merah bekas memencet komedo.

Memutihkan Wajah

Selain menghilangkan jerawat dan komedo, tomat juga dapat membantu memutihkan kulit wajah. Caranya dengan membuat masker tomat dicampur dengan air lemon dan oatmeal. Oleskan campuran jus tomat, lemon dan oatmeal pada wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Kandungan Nutrisi dalam 100 gram buah tomat


Catatan:
Selain kaya manfaat, tomat juga memiliki sisi negatif, terutama bagi mereka yang menderita radang seperti osteoartritis, dan radang sendi, juga mereka yang menderita asma. Dianjurkan tidak mengonsumsi buah tomat karena bisa memperparah penyakitnya.

Related Posts