Kandungan Nutrisi dan Manfaat Air Kelapa

shares |

ADVERTISEMENT

Pohon kelapa merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi manusia, mulai dari akar, batang, daun hingga buah kelapa semua bisa dimanfaatkan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas khusus mengenai manfaat air buah kelapa untuk kesehatan serta kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Sejak zaman dahulu kala, air kelapa memang dikenal sebagai minuman berkhasiat yang membantu mengganti cairan tubuh. Kandungan nutrisi buah kelapa bisa dilihat dalam tabel di bawah ini:

Kandungan Per 100 gramDaging Buah MudaDaging Buah MatangDaging Buah TuaAir Kelapa
Kalori (kal)36,04101,23202,4617
Air (g)44,1537,124,8695.5
Protein (g)0,532,121,800.2
Lemak (g)0,487,9518,390.1
Karbohidrat (g)7,425,37,423.8
Mineral (g)0,420,530,530.4
Kalsium (mg)3,714,2411,1315
Fosfor (mg)15,929,1551,948
Zat Besi (mg)0,530,691,060.2
Vit. C (mg)2,122,121,061
Sumber : Daftar Analisis Bahan Makanan FKUI

Manfaat Air Buah Kelapa untuk Kesehatan


Berikut ini beberapa manfaat dari air buah kelapa terutama kelapa hijau yang sejak dulu sudah terkenal khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Air Kelapa
Meningkatkan Energi
Pada tahun 2000, FAO (lembaga pangan dunia) bahkan menobatkan air kelapa sebagai minuman energi alami. Selain itu, air kelapa memang mengandung cairan isotonik, serupa dengan komposisi elektrolit dan cairan dalam tubuh yang bisa mengurangi efek dehidrasi karena berkurangnya cairan tubuh. Jadi, air kelapa tidak akan membuat badan Anda jadi lemas, apalagi karena air kelapa mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin, dan ion yang mampu memberi energi bagi tubuh Anda.

Menetralisir racun
Air kelapa memang mengandung antidotum tapi tidak untuk semua jenis racun. Air kelapa dapat membantu mengeluarkan racun jika masih terdapat dalam lambung dengan cara memuntahkan atau membilasnya. Bila racun tersebut sudah telanjur menyelusup ke dalam darah, pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkannya, sehingga bisa dikeluarkan melalui ginjal.

Memecahkan batu ginjal dan mengeluarkannya
Suatu penelitian pernah dilakukan pada pasien dengan batu ginjal. Ternyata air kelapa yang berfungsi sebagai diuretik ini dapat mengeluarkan batu ginjal pada pasien tersebut. “Tentunya batu tersebut berukuran sangat kecil,” terang dr. Peddy. Tapi jika batunya sudah lebih besar dari saluran kencing, air kelapa tidak bisa Anda andalkan.

Membantu Penderita DBD
“Sebagaimana penyakit lain yang disebabkan oleh virus, demam berdarah berkaitan dengan daya tahan tubuh,” tegas dr. Peddy. Bagi penderita demam dengue yang terpenting mencegah terjadinya syok dengan menjaga cairan tubuh, baik dengan minum atau dengan infus. Tergantung dari kondisi pasien. Air kelapa diperlukan karena mempunyai kandungan seperti cairan isotonis tubuh (tapi bukan untuk menaikkan trombosit). Trombosit akan naik sejalan dengan proses penyembuhan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sistem imun dibentuk antara lain dari protein. Dengan kandungan protein rendah, maka kemungkinan untuk dapat membentuk antibody juga rendah. Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan zat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Dalam jumlah kecil air kelapa juga mengandung glutamin dan arginin yang mampu membantu melawan virus. “Jadi air kelapa juga bisa Anda andalkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh,” tutur dr. Peddy.

Mengurangi efek alkohol
Minuman beralkohol yang masuk ke dalam lambung memang bisa dikeluarkan dengan cara minum air kelapa untuk membuat muntah (karena air kelapa bisa berfungsi sebagai antidotum atau penawar zat-zat tertentu). Air kelapa juga bisa mengencerkan kadar minuman keras, hingga efeknya menjadi lemah. Tapi bila minuman keras tersebut sudah merasuk ke dalam jaringan -apalagi bila sudah menimbulkan kerusakan jaringan yang sifatnya permanen- maka konsumsi air kelapa sama sekali tidak ada manfaatnya.

Mencegah dehidrasi
Kekurangan cairanakan menyebabkan terjadinya dehidrasi yang bisa berakibat fatal (terutama pada bayi). Pada keadaan demikian, pemberian air putih saja tidak cukup. Demikian juga pada keadaan kehilangan cairan karena olahraga (banyak keringat keluar). Diperlukan elektrolit. Air kelapa yang kaya kandungan elektrolit, bisa menolong Anda dari dehidrasi.

Menghilangkan jerawat

Air kelapa bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Adapun cara pembuatan ramuannya adalah sebagai berikut:
25 g pasta kunyit dicampur dengan segelas air kelapa dan dibiarkan sernalam, kemudian ditambah dengan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disisihkan (disimpan) lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Ramuan tersebut kemudian disaring dengan tiga lapis kain kasa, disimpan dalam botol, dan digunakan dengan cara dioleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat hilang.

Oke, itulah beberapa khasiat buah kelapa manfaat air kelapa yang berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Related Posts