Bahan Alami Untuk Bersihkan Rambut Dari Kutu

shares |

a href=Kutu atau yang memiliki nama ilmiah Pediculus humanus capitis adalah hama parasit kecil yang biasa bersarang di dalam rambut kita. Rambut adalah habitat paling hangat dan nyaman bagi kutu untuk mencari makan dengan cara menghisap darah lewat kulit kepala dan berkembang biak dengan cara bertelur. Efek dari adanya kutu di rambut adalah rasa gatal yang berlebihan secara berkala akan Anda alami. Biasanya ketika rasa gatal tersebut muncul tangan Anda akan refleks menggaruk kulit kepala kencang-kencang sehingga tidak sadar bahwa menggaruk dengan cara seperti itu akan menyebabkan luka dan bahkan bisa kudisan.

Timbulnya kutu pada rambut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kontak kepala ke kepala (orang lain), sisir, bantal, tempat tidur, dan pakaian. Jika Anda memiliki masalah dengan kutu rambut sebelumnya saya sudah memposting cara cepat menghilangkan kutu rambut. Pada kali ini saya juga ingin membahas masalah ini lebih tradisional yaitu menggunakan bahan alami atau herbal yang terbilang lebih mudah untuk dilakukan. Langsung saja Anda lihat apa saja bahan alami untuk menghilangkan kutu rambut berikut ini.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mampu untuk melembabkan kulit dari kekeringan, selain itu minyak zaitun juga berkhasiat untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya cukup oleskan minyak zaitun pada kulit kepala Anda dan tutup menggunakan topi mandi (shower cap). Santai sejenak (sekitar beberapa jam) setelah itu keramas pakai shampo sampai bersih.

Mayones

Caranya sama seperti minyak zaitun, oleskan saja mayones pada kulit kepala secara menyeluruh setelah itu tutup pakai shower cap. Diamkan beberapa jam dan keramas sampai bersih pakais shampo.

Minyak Atsiri

Gatal di rambut juga bisa diatasi dengan minyak atsiri. Cara pakainya adalah dengan mencampurkan 20 tetes minyak pohon teh, 10 tetes minyak rosemary, 15 tetes lemon, minyak lavender secukupnya, dan 4 sdm minyak sayur.

Meskipun Anda sudah berhasil menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami diatas, Anda tetap harus waspada karena suatu saat kutu bisa menyerang Anda lagi jika Anda tidak memperhatikan penyebab terundangnya kutu ke rambut Anda (hutan bagi mereka).

Related Posts