5 Cara Cepat Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/03/cara-mengatasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah.html
Sangat tidak asyik memang jika memiliki bibir pecah-pecah. Penampilan terganggu dan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Berbagai macam faktor penyebab bibir pecah-pecah adalah sesuatu yang harus Anda ketahui, misalnya seperti kurang minum dan terlalu lama beraktifitas di ruangan ber-AC. Jika Anda sering mengalami masalah bibir pecah-pecah, berikut ini bisa Anda coba tips untuk mengatasi bibir pecah-pecah secara alami.

Kenali gejalanya: Sebelum mengobati bibir pecah-pecah, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah gejalanya. Sebenarnya gejala dari bibir kering dan pecah-pecah sangat mudah dirasakan, biasanya cukup dengan menjilat atau membasahi bibir dan bibir terasa sakit saat tersenyum. Jika sudah parah, ada juga yang yang bibirnya sampai terkelupas dan berdarah.

Ketahui penyebabnya: Selain Anda mengetahui gejala bibir pecah-pecah, ketahui juga penyebabnya. Ada banyak penyebab dari bibir kering dan pecah-pecah yang harus Anda kenali terlebih dahulu, beberapa diantaranya adalah perubahan suhu (cuaca), paparan sinar UV matahari tidak sehat, dehidrasi, kekurangan nutrisi dan vitamin, alergi, gangguan kulit, dan terlalu seirng makan makanan pedas.

Perbanyak minum air putih: Kebanyakan orang terlalu mengabaikan kesehatan mulutnya jika sudah fokus bekerja dalam ruangan ber-AC. Jika Anda salah satu dari mereka dan Anda memang belum mengetahui kalau terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, atasi itu semua dengan tips mudah, yaitu perbanyak minum air putih. Setiap orang setidaknya butuh minum sekitar 8 - 10 gelas air putih perhari agar tidak mengalami dehidrasi, untuk itu cobalah untuk menyediakan air minum yang cukup saat Anda bekerja di dalam ruangan yang ber-AC.

Atur pola makan: Agar bibir tetap lembab dan tidak pecah-pecah, Anda harus pintar-pintar mengatur jam makan Anda agar kondisi mulut khususnya bibir Anda tetap sehat. Sebagai penunjang, Anda bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan setiap harinya.

Pilih pasta gigi yang benar: Sebagian orang sangat sensitif jika menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Efeknya adalah bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Itulah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Related Posts