Ketahui Penyebab Gigi Menjadi Kuning

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/03/ketahui-penyebab-gigi-menjadi-kuning.html
Sebagian orang pasti memiliki masalah dengan yang namanya gigi kuning. Gigi kuning bukan berarti warna gigi menjadi kuning, tetapi terdapatnya plak yang agak tebal dan menempel pada gigi bagian luar sehingga mnyebabkan gigi berwarna kekuningan. Biasanya orang yang memiliki gigi kuning mensiasatinya dengan gosok gigi setiap hari, bahkan ada yang perharinya lebih dari batas normal namun tetap saja gigi masih berwarna kekuningan.

Selain jijik pastinya Anda juga tidak pecaya diri saat ngobrol-ngobrol dengan teman di restoran ataupun tempat biasa Anda berkumpul/nongkrong. Pada dasarnya gigi kuning Anda dapat disebabkan oleh beberapa faktor, tapi ada juga faktor utama yang membuat gigi tetap kuning walaupun sudah diatasi dengan cara apapun, ini menandakan bahwa Anda menerima warisan dari orang tua Anda yang juga dari keturunan sebelum-sebelumnya memiliki gangguan dengan kesehatan gigi.

Tapi, jika riwayat keluarga Anda tidak ada masalah dengan gigi, mungkin ada beberapa faktor lain yang menyebabkan gigi Anda menjadi kuning. Anda bingung? Jangan khawatir, ketahui dulu penyebab gigi menjadi kuning. Berikut ini ulasannya, silahkan disimak baik-baik.

#Jarang Menggosok Gigi

Minimal dalam sehari setiap orang harus menggosok gigi sebanyak 3 kali, yaitu ketika bangun tidur, mandi di sore hari, dan ingin menjelang tidur.


#Menyikat gigi setelah makan yang manis

Terlalu overprotektif pada kesehatan gigi juga tidak baik, misalnya setelah Anda makan sesuatu yang manis langsung menggosok gigi. Hal ini justru sangat buruk jika sering dilakukan, sebab enamel gigi akan langsung hancur. Seharusnya setelah Anda konsumsi makanan yang manis-manis, gigi akan menetralisir keadaan mulut dengan cara mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi. Jika tidak menunggu jeda kurang lebih 30 menit, enamel tersebut tidak mampu melindungi gigi, dan bisa jadi lama kelamaan gigi Anda akan keropos.

#Obat pemutih gigi

Loh, masa obat pemutih gigi malah menjadi penyebab gigi Anda menjadi kuning? Perlu Anda ketahui, bahwa cara kerja obat pemutih gigi ini tidak sesederhana yang Anda bayangkan karena kebanyakan obat pemutih gigi bekerja dengan mengerosi gigi. Jadi, bukan putih malah membuat gigi Anda menjadi kuning dan kotor.

#Merokok

Para perokok aktif biasanya bergigi kuning, sebab kandungan nikotin dalam rokok menyebabkan ruang mulut menjadi asam. Zat nikotin pada rokok ini akan menempel dan bersarang pada dinding-dinding gigi, jadi sudah tidak heran jika para perokok memiliki gigi kuning.

Demikian beberapa informasi yang wajib Anda ketahui, yaitu mengenai penyebab gigi menjadi kuning. Dengan adanya artikel ini semoga Anda lebih bisa menjaga kesehatan gigi Anda dan menjauhi segala kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi.

Baca juga artikel mengenai cara memutihkan gigi secara alami yang sebelumnya telah kami tuliskan. 

Related Posts