Tips Mengatasi Mabuk Saat Perjalanan atau Berpergian

shares |

Mabuk Saat PerjalananMemang tidak enak jika kita memiliki masalah dengan mabuk perjalanan, apalagi disaat acara perpisahan dari sekolah ataupun kantor, pasti gengsi betul jika masih mabuk dengan AC bus dan kondisi dalam mobil. Bisa-bisa kita dijuluki katrok oleh teman-teman kita karena hari gini masih saja mabuk saat berpergian. Jika Anda memiliki masalah yang sama, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi mabuk saat perjalanan atau berpergian.


1. Posisi Duduk

Agar tidak mabuk saat berada dalam kendaraan, Anda bisa mengatasinya dengan memperhatikan posisi duduk Anda. Jika Anda menaiki kapal laut, carilah tempat duduk yang berada di tengah kabin agar ketika kapal sedikit oleng Anda tetap merasa nyaman. Jika Anda berada dalam kereta api, cari tempat duduk yang berada di dekat jendela agar Anda tetap bisa menghidup udara segar yang berhembus dari luar. Dan bagi Anda yang sering berpergian dengan mobil, maka usahakan untuk duduk di kursi dekat supir agar terhindar dari goncangan yang berlebihan saat perjalanan.

2. Posisi Tubuh

Selain menentukan posisi duduk yang tepat, Anda juga wajib memperhatikan posisi tubuh. Jika Anda sudah tahu memiliki gangguan dengan mabuk perjalanan, maka upayakan ketika Anda duduk tubuh harus dalam keadaan rileks agar rasa mual yang muncul akibat goncangan keras dapat dihindari.

3. Makan atau minum sebelum pergi

Sebelum pergi, isi dulu perut Anda dengan makanan atau minuman yang menyehatkan, misalnya seperti teh hangat atau air jahe yang mampu untuk meminimalisir rasa mual yang mungkin terjadi.

4. Jangan Membaca

Saat berpergian, jangan pernah melakukan aktifitas yang membuat kepala tertunduk kebawah, misalnya seperti membaca. Membaca saat berada dalam kendaraan akan membuat Anda semakin mual, jadi lebih baik Anda mendengarkan musik saja.

Beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan yang mungkin menimpa Anda dapat dicoba baik sebelum dan ketika berada dalam kendaraan. Yang penting adalah membuat posisi tubuh menjadi rileks agar rasa mual yang suatu saat akan muncul bisa tersamarkan.

Related Posts