Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/06/manfaat-buah-semangka-untuk-kesehatan.html
Jerawat merupakan gangguan kulit yang sering menjadi masalah bagi penderitanya. Jerawat seringkali melanda setiap orang, namun pada umumnya jerawat sering hinggap pada wajah seseorang yang dikatakan masih berusia remaja atau dalam masa pubertas.

Berdasarkan pengetahuan medis, jerawat disebabkan karena peningkatan kadar gula dalam darah yang mampu mempengaruhi keadaan hormonal dalam tubuh yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi kerja dari kelenjar minyak yang ada pada permukaan kulit. Jerawat juga sering timbul pada wanita yang sedang mengalami menstruasi, faktor psikologis dan makanan penyebab jerawat. Jika wajah anda berjerawat, silahkan baca artikel mengenai obat jerawat alami.

Penyebab Jerawat


Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat yang sering terjadi:
  • Karena penyumbatan akibat penyempitan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terkena infeksi
  • Produksi minyak yang berlebih oleh kelenjar minyak
  • Faktor genetik atau faktor keturunan yang dipengaruhi oleh anggota keluarga
  • Faktor hormonal, seperti yang terjadi pada remaja usia pubertas dan wanita yang menstruasi
  • Iritasi pada kulit
  • Faktor psikologis, seperti stress karena dapat mempengaruhi perubahan hormon sehingga menimbulkan jerawat
  • Efek samping penggunaan alat kontrasepsi

Jerawat terjadi bukan hanya pada wajah saja, tetapi jerawat juga dapat tumbuh di dada, lengan tangan, kaki, punggung dan bokong. Jerawat sering tumbuh di wajah karena pada dasarnya wajah memiliki kulit yang sensitif dan mudah kotor sehingga pori-pori yang ada mudah tersumbat.
Selain faktor penyebab jerawat di atas, jerawat juga bisa disebabkan oleh makanan penyebab jerawat seperti berikut:

1. Mie instant

Mie instant adalah makanan praktis yang mudah diolah. Selain itu juga cukup enak rasanya sehingga banyak digemari. Namun mie instan bukanlah makanan yang sepenuhnya sehat. Selain itu mie instant juga bisa menjadi makanan penyebab jerawat.Hal ini karena mie instant mengandung banyak protein dan minyak. Jika menginginkan untuk makan mie instant, sebaiknya buang mnyak yang ada pada kemasan sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

2. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan diketahui memiliki kandungan minyak yang banyak. Namun untuk jenis kacang tanah merupakan makanan yang paling dapat menimbulkan jerawat. Sebaiknya jika kulit Anda merupakan kulit sensitif yang mudah tumbuh jerawat, pilihlah camilan lain daripada kacang-kacangan.

3. Gorengan

Bakwan, tahu goreng, risoles, combro atau jenis gorengan lain merupakan makanan enak yang umum dijumpai. Gorengan mengandung banyak minyak sehingga bisa menjadi makanan penyebab jerawat. Terlebih jika proses penggorengannya menggunakan minyak yang telah digunakan berkali-kali. Minyak seperti ini banyak mengandung kolesterol jahat sehingga harus dihindari jika ingin terbebas dari jerawat.

4. Kelapa

Yang dimaksud kelapa di sini adalah semua makanan yang terbuat dari kelapa seperti makanan bersantan, makanan yang terdapat kelapa parut dan termasuk daging kelapa itu sendiri. Kelapa memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga sering dibuat minyak kelapa. Jika Anda tidak ingin makanan jenis ini menjadi penyebab jerawat, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang berbahan kelapa.

5. Kuning telur

Meskipun kuning telur baik untuk kesehatan, ternyata makanan ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada kuning telur yang teramat tinggi. Jadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi telur, tubuh justru tidak dapat menyerap kelebihan lemak yang terkandung. Ahli gizi menyarankan, untuk tidak mengonsumsi kuning telur lebih dari dua butir dalam sehari.

6. Kafein

Penggemar kopi dan soda patut waspada akan kandungan kafein yang ada padanya. Sebab kafein memiliki efek samping dapat merangsang kelenjar adrenalin yang memicu rasa stress dan merupakan salah satu faktor pemicu jerawat.

Sebenarnya masih banyak makanan penyebab jerawat yang lainnya tergantung pola makan kita. Makanan yang telah disebutkan di atas juga tidak mutlak bisa menyebabkan jerawat. Asal dikonsumsi dalam porsi yang wajar, makanan tersebut juga aman untuk dikonsumsi. Namun jika kulit Anda mudah berjerawat, sebaiknya lebih bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Baca juga artikel mengenai cara menghilangkan jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat di wajah secara alami.

Related Posts