Obat Sakit Maag Tradisional dan Nyeri Lambung

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/09/obat-sakit-maag-tradisional.html
Sakit maag dan nyeri lambung merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang sering terjadi. Terutama pada mereka dengan gaya hidup modern yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga mengabaikan pola makan yang benar.

Sakit maag atau gastritis adalah peradangan yang terjadi pada selaput lendir lambung yang dapat bersifat akut atau kronis. Gejala yang timbul biasanya berupa nyeri ulu hati, rasa perih di lambung atas, mual ataupun muntah-muntah.

Bagi penderita maag kronis, rasa sakit akan kumat bila asam lambung meningkat. Peningkatan asam lambung bisa dipicu karena makan makanan pedas, makanan terlalu asam, makan terlalu banyak dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati sakit maag dan nyeri lambung.

Obat Sakit Maag Tradisional

Daun Alpukat

Bahan: Daun alpukat kering secukupnya dan air panas satu gelas.
Cara pengobatan: Daun alpukat kering dirajang kecil-kecil, diambil 1 sendok teh dan seduh dengan 1 gelas air panas. Tambahkan gula secukupnya dan aduk hingga rata. Minum ramuan ini selagi hangat.

Akar bunga matahari

Bahan: 30 gram akar bunga matahari, 10 gram adas pulosari, 10 gram biji ketumbar, 5 gram kapulaga dan air 500 cc.
Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 500 cc air hingga tersisa 250cc. Kemudian airnya diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini secara rutin sekali sehari.

Obat Tradisional Nyeri Lambung


Akar Daruju

Bahan: 30 sampai 60 gram akar daruju kering, air sebanyak 3 gelas.
Cara pengobatan: Rebus akar daruju kering dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya diminum sekaligus.

Temu putih

Bahan: Bubuk temu putih satu setengah sendok teh dan air panas satu gelas.
Cara pengobatan: Seduhlah 1,5 sendok teh bubuk temu putih dengan segelas air panas. Setelah dingin airnya diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini secara rutin 3 kali sehari setiap habis makan.

Obat Tradisional Nyeri Ulu Hati


Tanaman Kasingsat

Bahan: Sediakan 10 sampai 15 gram tanaman kasingsat kering dan 4 gelas air untuk merebus.
Cara pengobatan: Rebus tanaman kasingsat kering dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas.  Setelah dingin, airnya diminum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Akar Karet Kebo

Bahan: Sediakan 30 sampai 50 gram akar karet kebo dan 3 gelas air untuk merebus. Rebus akar karet kebo dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, airnya diminum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Obat Maag Kronis


Bahan: Sediakan 15 gram tanaman jombang segar, satu sendok arak beras, dan 3 gelas air untuk merebus.
Cara pengobatan: Tanaman jombang dicuci bersih, kemudian direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Tambahkan 1 sendok makan arak beras, kemudian ramuan dibagi tiga dan diminum 3 kali sehari.

Oke, selesai sudah kita membahas mengenai cara mengobati sakit maag dan nyeri lambung. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel tentang cara mengobati sakit perut dengan ramuan tradisional.

Related Posts