Manfaat Daun Salam dan Buah Salam untuk Kesehatan

Manfaat buah salam dan daun salam untuk kesehatan, pengobatan tradisional, kesuburan rambut serta membantu menurunkan berat badan.

Daun salam seringkali digunakan sebagai penyedap masakan karena memiliki aroma yang khas. Daun salam biasa ditemukan pada masakan berkuah seperti rendang atau gulai. Banyak orang membuang daun salam dalam masakan karena tidak tahu bahwa dibalik aromanya yang khas ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan. Salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain.

Sementara itu, buahnya yang berbentuk bulat kecil berwarna merah bisa digunakan untuk mengobati mabuk akibat alkohol. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin,dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Buah Salam
Gambar Buah Salam
1. Mengobati Diare

Jika Anda atau anggota keluarga mengalami diare, ambil 15 lembar daun salam segar direbus dengan dua gelas air sampai mendidih selama 5-10 menit. Setelah dingin tambahkan sedikit garam kemudian diminum.

2. Mengobati Radang Lambung

Untuk mengatasi radang lambung, ambil 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.

Daun Salam
Gambar Daun Salam
3. Mengatasi Asam Urat Tinggi

Air rebusan daun salam juga dapat mengatasi asam urat yang tinggi, 9 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 600 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Lalu untuk mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.

4. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

5. Mengobati Diabetes

Cucilah kurang lebih sepuluh lembar daun salam segar dan rebus dengan kurang lebih empat gelas air yang hanya akan bersisa menjadi sekitar dua gelas saja lalu dinginkan. Setelah rebusan salam hangat rata-rata saringlah rebusan salam tersebut dan minum selagi hangat.

6. Daun Salam untuk Kesehatan Pencernaan

Daun salam dapat menyeimbangkan produksi asam lambung yang berlebihan yang sering menjadi alasan utama dari maag. Cara penyajiannya sama dengan penyajian untuk obat asam urat dan diabetes. Hanya banyaknya daun salam yang digunakan lebih banyak. Bila untuk asam urat dan diabetes membutuhkan sekitar sepuluh lembar, maka untuk kesehatan pencernaan anda membutuhkan sekitar 15 sampai 20 lembar.

7. Mengobati Sakit Maag

Sediakan 15 – 20 lembar daun salam dan cuci hingga bersih, seperti biasa, rebus lah daun itu dengan setengah liter air, dan tunggu sampai 15 menit mendidih. Tambahkan gula dan enau secukupnya ketika mendidih.Setelah itu tunggu hingga agak dingin, dan minum air hasil rebusan tersebut. Minumlah ramuan ini setiap hari hingga maag anda sembuh.

8. Untuk Kesehatan Rambut

Daun salam koja juga diketahui dapat mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Untuk menjaga kesehatan rambut, daun salam koja juga bisa digunakan. Caranya, campurkan daun salam koja dengan minyak rambut dan rebus selama beberapa menit. Gunakan campuran tersebut sebagai hair tonic pada rambut setiap hari.

9. Membantu Melangsingkan Tubuh

Mengunyah beberapa lembar daun salam koja setiap hari juga bisa menurunkan berat badan, lho! Tambahkan juga daun salam koja pada menu diet untuk membantu Anda mengurangi berat badan.

10. Menjaga Kesehatan Mata.

Daun salam koja juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata. Jika tak suka memakannya dalam keadaan mentah, maka makanlah bersama masakan kari.

Ternyata memang banyak manfaat serta khasiat dari daun dan buah salam ini. Jadi tidak perlu sungkan untuk menambahkan daun salam ke dalam masakan anda. Karena selain aromanya menggugah selera juga berkhasiat bagi kesehatan.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru seputar kesehatan dan kecantikan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun langsung via email, silahkan isikan alamat email Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini:

Kolom artikel berlangganan ini diberdayakan oleh FeedBurner

Posted by pada 1.12.13

8 komentar untuk "Manfaat Daun Salam dan Buah Salam untuk Kesehatan"

Post a Comment