18 Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi
Susu merupakan sumber kalsium tertinggi yang kita kenal. Namun, masih banyak makanan lain yang mengandung kalsium tinggi selain susu seperti brokoli, ikan sarden ataupun kacang almond. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh mengenai makanan sumber kalsium tinggi, ada baiknya kita mengenal dulu mengenai apa itu kalsium dan fungsinya bagi tubuh kita.

Kalsium (Ca) merupakan salah satu Makro Mineral, yaitu mineral sangat dibutuhkan tubuh lebih dari 100mg per hari. Fungsi kalsium yang utama adalah berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu dan juga mengalami osteoporosis.

Oke, cukup penjelasannya. Sekarang kita simak 18 jenis sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi berikut ini:

1. Sarden

Olahan ikan laut ini dapat memenuhi kebutuhan kalsium tubuh hingga 33 persen. Konsumsi sarden setidaknya sepekan sekali.

2. Keju

Keju yang terbuat dari bahan dasar susu sangat baik dikonsumsi tubuh. Pilih keju parmesan yang memiliki kadar kalsium tertinggi di antara jenis keju lainnya.

3. Sayuran hijau

Selain susu, sumber kalsium terbaik lain adalah sayuran hijau. Untuk mendapatkan kalsium maksimal, bayam dan brokoli merupakan pilihan yang tepat.

4. Kacang almond

Almond tidak saja terkenal dengan vitamin E, kacang ini juga menyumbangkan sekitar 70-80 mg kalsium.

5. Tofu

Bahan utama tofu yang terbuat dari kacang kedelai membuat tofu direkomendasikan sebagai sumber kalsium pengganti susu.

6. Oatmeal

Selain memiliki karbohidrat tinggi, semangkuk oatmeal juga mengandung 105 mg kalsium. Makanan penyehat jantung ini pun kaya serat dan cukup bersahabat dengan pencernaan.

7. Kale

Sayuran dari keluarga Brassica ini bersepupu dengan brokoli. Secangkir kale memiliki 90 mg kalsium, yang artinya 3,5 cangkir kale akan lebih bermanfaat ketimbang satu gelas susu.

8. Jeruk

Buah ini tak hanya memiliki vitamin C tetapi juga menyediakan 60 mg klasium.

9. Susu Kedelai

Jenis susu ini memiliki sekitar 300 mg kalsium jika dihidangkan tanpa apapun.

10. Biji Wijen

Satu ons biji wijen diperkaya dengan 280 mg kalsium, jumlah yang hampir setara dengan satu gelas susu.

11. Kacang Kedelai

Satu cangkir kacang kedelai yang direbus tanpa garam menghasilkan 261 mg kalsium.

12. Salmon

Ikan bergizi ini sarat dengan lemak sehat dan protein. Dan ternyata, tiga ons salmon kalengan dengan tulang memiliki kandungan kalsium sebanyak 181 mg.

13. Yogurt

Porsi delapan ons yogurt rendah lemak memiliki 415 mg kalsium, serta menyerap lebih banyak kalsium ke tubuh dibandingkan susu dengan jumlah yang sama.

14. Lobak

Satu cangkir lobak rebus sarat dengan sekitar 200 mg kalsium.

15. Brokoli

Manfaat kesehatan dari brokoli tidak ada tandingannya. Raja dari dunia sayur ini kaya akan 180 mg kalsium untuk satu cangkir penyajian saja.

16. Quinoa

Satu cangkir quinoa yang telah dimasak menawarkan sekitar 60 hingga 100 mg kalsium. Juga, makanan ini mengandung jumlah kalium yang tinggi, seng, dan protein.

17. Kacang Putih

Kacang memiliki kalsium dengan tingkat yang cukup tinggi. Terdapat 442 mg kacang untuk setiap 100 gram kacang. Kacang putih merupakan jenis kacang dengan tingkat kalsium yang begitu tinggi. Kebanyakan kacang putih memiliki sekitar 175 mg kalsium untuk setiap porsi.

18. Buah-buahan kering

Buah-buahan kering mampu menawarkan hingga 135 mg untuk kategori 5 buah kering. Selain buah kering, kacang almond yang biasa digunakan sebagai camilan ternyata juga mengandung kalsium yang sangat tinggi. Karena di dalam 100 gram almond, Anda akan mendapatkan 266mg kalsium.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai sumber kalsium. Dan jangan pernah bingung jika anda tidak menemukan susu sebagai sumber kalsium, karena masih banyak makanan lain yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru seputar kesehatan dan kecantikan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun langsung via email, silahkan isikan alamat email Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini:

Kolom artikel berlangganan ini diberdayakan oleh FeedBurner

Posted by pada 21.6.13

13 komentar untuk "18 Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi"

Post a Comment