Makanan untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

shares |

Makanan untuk Kesehatan Tulang
Info Kesehatan - Menjaga kesehatan tulang sejak dini adalah sebuah keharusan agar kita tidak menyesal di masa tua nanti. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang semakin menurun. Akibatnya muncul berbagai keluhan dari mulai osteoporosis (tulang rapuh) dan osteoarthitis atau dikenal dengan flu tulang.

Bagaimana cara menjaga kesehatan tulang ?

Kesehatan tulang bisa tetap terjaga asalkan kita memberinya asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang yaitu kalsium dan vitamin D. Dan berikut ini merupakan lima jenis makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D yang merupakan komponen utama dalam pembentukan tulang.

Susu

Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang merupakan elemen penting untuk tulang. Penelitian menunjukkan produk susu seperti keju dan es krim bisa menjadi pilihan lain. Namun, biasanya produk yang dihasilkan masih kekurangan vitamin D.

Kacang-kacangan

Seperti halnya biji-bijian, kacang-kacangan mengandung nutrisi penting untuk kekuatan tulang. Kacang almond, pistachios, dan biji bunga matahari mengandung kalsium yang bisa dijadikan pilihan. Kalium pada almond bagus untuk melindungi tubuh dari kekurangan kalsium.

Ceker ayam

Nutrisi terbaik untuk tulang sebenarnya ya berasal dari tulang juga. Ceker ayam mengandung hidroksiapatit, kalsium dan kolagen, yang secara alami menambah kekuatan tulang.

Kenari

Mengadung omega 3 yang berguna untuk tubuh. Kenari juga mengandung asam alfa linoleat yang berguna bagi kekuatan tubuh.

Wortel

Sayuran ini beta karoten alfa kriptosantin dan beta karoten yang bagus untuk kesehatan tulang. Anda dapat memakannya mentah atau dijadikan salad.

Untuk sumber-sumber kalsium lainnya anda bisa melihat lebih banyak dalam artikel Makanan yang mengandung kalsium tinggi. Sementara untuk sumber vitamin D segera menyusul.

Related Posts