Makanan untuk Kesehatan Usus dan Pencernaan

Yogurt
Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang sangat penting. Sama seperti jantung, hati dan paru-paru, kesehatan usus juga harus diperhatikan agar tidak terjadi gangguan.

Makanan yang kita makan dapat berpengaruh pada kinerja usus. Bila hal ini terjadi dalam jangka panjang, maka banyak penyakit yang bersarang di tubuh, salah satunya kanker usus besar. Membersihkan usus besar dengan mengkonsumsi makanan yang tepat adalah salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan usus besar.

Berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan seperti dilansir oleh Info Kesehatan.

Makanan yang kaya serat

Menurut Mayo Clinic, setiap hari setidaknya makanlah 20-35 gram serat. Dianjurkan pula sarapan dengan buah yang kaya serat seperti apel, kurma, mangga, dan buah prune. Bisa hanya buah-buahan saja atau dicampur dengan havermout dan sereal.

Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa dikonsumsi sebagai camilan sepanjang hari. Mengandung lemak sehat dan membantu meningkatkan serat dalam diet Anda. Segenggam biji rami dicampur dengan jus buah atau beberapa buah kenari dicampurkan dalam salad sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan serat dalam camilan Anda.

James F. Balch, M.D, penulis Prescription for Natural Cures menyarankan makan setidaknya 1 – 2 sendok makan biji rami (flaxseed) setiap hari dapat membuat usus besar Anda tetap sehat. Flaxseed adalah biji tanaman rami, yang dipercaya berasal dari Mesir. Tanaman ini tumbuh di seluruh Kanada dan barat laut Amerika Serikat.

Kacang-Kacangan

Tambahkan kacang-kacangan dalam menu sehari-hari. Contohnya, selai kacang untuk sarapan atau kacang hijau untuk makan malam. Kacang akan membersihkan usus. Bisa juga menambahkan kacang pada salad segar dan sayuran mentah yang akan menambah kelezatannya.

Yogurt

Makanan yang difermentasi baik untuk menjaga kesehatan usus besar. Balch menyarankan menambahkan yoghurt pada menu Anda. Makanan ini membantu menyeimbangkan flora usus dan menjaga keteraturan gerakan usus.

Minum Banyak Air

Minumlah banyak air untuk menjaga kesehatan usus besar. Mayo Clinic menyarankan minumlah air dalam jumlah yang cukup sehingga tubuh terhidrasi. Kebutuhan air juga tergantung pada banyak faktor, termasuk usia, tingkat aktivitas, kesehatan secara keseluruhan dan kriteria lainnya. Yang penting, pastikan untuk menyiapkan segelas air di meja dan bawalah selalu air dalam botol selama perjalanan. Jangan sampai tubuh terlalu haus.

Ingin mendapatkan update artikel kesehatan terbaru? Follow my blog with Bloglovin.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru seputar kesehatan dan kecantikan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun langsung via email, silahkan isikan alamat pada kolom yang tersedia email Anda di bawah ini:

Kolom artikel berlangganan ini diberdayakan oleh FeedBurner

Posted by pada 21.7.13

3 komentar untuk "Makanan untuk Kesehatan Usus dan Pencernaan"

Post a Comment