Obat Sakit Perut Alami, Mulas, Melilit dan Mual

Perut Mulas
Sakit perut memiliki beberapa jenis dengan penyebab dan cara penanganan yang berbeda-beda. Namun biasanya ditandai dengan gejala-gejala umum seperti perut mual, mulas, terasa sakit, melilit dan sering buang air besar.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut adalah sembelit, perut kembung, diare dan nyeri perut akibat haid.

Obat-obatan untuk sakit perut sudah banyak dijual di apotek dan toko-toko obat. Namun tentu saja obat tradisional yang berasal dari ramuan herbal alami lebih baik karena hampir tanpa efek samping.

Dan berikut ini cara mengobati sakit perut dengan bahan alami yang bisa Anda buat sendiri serta tentunya terbukti ampuh:

Obat Sakit Perut Alami


Akar bunga matahari

Bahan: Akar bunga matahari kering secukupnya. Air panas sebanyak setengah gelas.
Cara pengobatan: Akar bunga matahari kering ditumbuk hingga halus, kemudian diseduh dengan setengah gelas air panas. Minum air seduhan akar bunga matahari tersebut seperti minum kopi sebanyak 2-3 kali sehari.

Biji jati belanda

Bahan: Sediakan 13 butir biji jati belanda dan setengah gelas air panas.
Cara pengobatan: Pertama-tama biji jati belanda disangrai kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh hasil tumbukan tadi dengan setengah gelas air panas. Minum ramuan ini selagi masih hangat.

Obat Perut Mual dan Melilit


Perut mual biasanya disebabkan karena masuk angin atau penyakit perut lainnya. Bisa juga disebabkan karena sakit maag. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ramuan tradisional berikut ini bisa mengatasinya.

Daun Cermai

Sediakan 3 gram daun cermai dan setengah gelas air panas. Cuci bersih daun ceremai lalu dikeringkan dan ditumbuk hingga halus. Kemudian hasil tumbukan tersebut diseduh dengan setengah gelas air panas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus bersama ampasnya.

Buah Kapulaga

Siapkan 5 butir buah kapulaga dan 3 gelas air untuk merebus. Rebuslah kapulaga tersebut dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, buahnya dimakan.

Obat Perut Mules Tradisional


Mules atau mulas adalah nyeri di bagian tengah perut yang kadang-kadang diikuti dengan demam dan mencret. Berikut adalah cara mengobati rasa mulas perut dengan ramuan tradisional.

Daun Iler

Bahan: 6 lembar daun iler segar, garam dann air hangat secukupnya.
Cara pengobatan: Daun iler dicuci bersih dengan air matang hingga bersih. Tambahkan garam secukupnya kemudian dikunyah hingga halus dan ditelan. Setelah itu minumlah air hangat seperlunya. Lakukan pengobatan ini dua sampai tiga kali sehari.

Ramuan Curcuma

Bahan: rimpang jahe, rimpang bangle, kencur dan lempuyang wangi masing-masing setengah jari tangan. Air satu gelas.
Cara pengobatan: Semua bahan dicuci bersih dan diiris tipis-tipis. Kemudian direbus dengan segelas air hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum.

Oke, itu dia berbagai ramuan tradisional untuk mengobati sakit perut. Silahkan dipilih mana yang menurut Anda paling mudah dalam pembuatan dan bahannya. Semoga sakit perutnya lekas sembuh.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru seputar kesehatan dan kecantikan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun langsung via email, silahkan isikan alamat pada kolom yang tersedia email Anda di bawah ini:

Kolom artikel berlangganan ini diberdayakan oleh FeedBurner

Posted by pada 30.3.14

39 komentar untuk "Obat Sakit Perut Alami, Mulas, Melilit dan Mual"

Post a Comment