Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

shares |

ADVERTISEMENT

Paprika merah
Kesehatan ginjal merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan, mengingat fungsi ginjal yang sangat vital bagi tubuh. Fungsi ginjal bukan hanya sebagai penyaring darah dalam tubuh. Namun juga berfungsi menjaga keseimbangan dari tingkat-tingkat elektolit-elektrolit didalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi dari sel-sel darah merah.

Agar ginjal tetap berfungsi dengan baik, maka kesehatan ginjal perlu dijaga. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk ginjal. Apa saja makanan yang baik untuk ginjal? Berikut ini beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan ginjal seperti dikutip dari Time of India.

Paprika merah

Selain sebagai penambah rasa dan aroma, paprika merah juga berfungsi untuk membersihkan darah yang akan sangat membantu bagi orang-orang dengan gagal ginjal.

Putih telur

Jika Anda memiliki masalah ginjal, Anda membutuhkan protein dengan kandungan fosfor rendah. Putih telur adalah pilihan yang baik karena merupakan jenis protein yang sehat dengan kandungan fosfor jauh lebih rendah daripada protein jenis lain. Kuning telur harus dihindari, terutama mereka yang memiliki masalah ginjal.

Kembang kol

Sayuran ini adalah musuh dari senyawa beracun dalam tubuh. Mengandung indoles, glucosinolates dan tiosianat, yang secara efektif menghilangkan racun yang mengganggu kinerja ginjal. Cara termudah adalah dengan merebus kembang kol dengan sedikit merica dan garam.

Kubis

Sayuran ini adalah sumber terbaik dari fitokimia yang efektif menyingkirkan radikal bebas yang merusak tubuh dan kulit. Makan kubis mentah sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah ginjal dan harus menjalan cuci darah.

Ikan

Mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan sumber protein yang baik untuk pasien dengan gangguan ginjal. Protein yang terkandung dalam ikan cenderung lebih aman dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

Jus buah

Memiliki kandungan fitokimia yang efektif untuk memecahkan limbah atau racun. Pilihlah jenis buah dengan kandungan antioksidan tinggi seperti berry untuk membantu proses kerja dan fungsi ginjal. Itulah mengapa mereka yang harus menjalani cuci darah dianjurkan untuk banyak minum jus buah.

Itulah dia beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga serta menghindari rokok dan alkohol.  

Related Posts

7 comments:

  1. Blog ini sudah dibajak oleh: http://riniblog91.blogspot.com, periksa juga listnya di sini: http://www.blogger.com/profile/06723263223340379474

    ReplyDelete
  2. produk tiens adalah makanan kesehatan yang mengandung nutrisi tinggi, bagus untuk dikonsumsi sebagai semua umur untuk menjaga kesehatan tubuh, sebagai pengganti buah-buahan dan sayuran dengan cara konsumsi yang lebih praktis
    produk tiens

    ReplyDelete
  3. obat asam urat alami
    obat maag alami
    obat asam urat alami
    obat sakit typus alami
    obat alami untuk asam urat
    Kalau untuk terapi ginjal gan ada ngga makanan apa kira kira..? Untuk yg menderita batu ginjal misalnya atau yg nilai kreatinin nya tinggi di hasil chk lab nya... makasih

    ReplyDelete
  4. sepengetahuan saya pasien HD tidak dianjurkan minum juice buah karena juice buah mengandung banyak air yang dapat menyebabkan gangguan pernafasan bagi mereka yang menjalani cuci darah. kebetulan ayah saya pasien haemodialysis dan dokter ayah saya melarang mengkonsumsi buah yang mengandung kalium yang tinggi juga buah yang banyak mengandung air. ayah saya pernah mencoba minum juice buah akhirnya saya harus melarikan ayah sy ke rumah sakit terdekat karena kadar air dari juice buah tersebut sampai ke paru-paru dan ayah saya masuk ICU. bahkan minum air putih saja harus ditakar sesedikit mungkin.

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya gan... moga artikelnya manfaat buat yang membaca...

    ReplyDelete