Cara Alami Membuat Mata Terlihat Indah

shares |

Cara Alami Membuat Mata Terlihat IndahMata merupakan salah satu panca indra sebagai jendela jiwa dalam melihat keindahan dunia dan berbagai hal yang kita inginkan. Namun seiring berjalannya waktu, akan banyak keluhan yang datang mengganggu pengelihatan anda. Selain faktor usia ada banyak faktor juga yang menyebabkan mata tidak bekerja secara optimal atau berkurang keindahannya. Berikut adalah beberapa keluhan yang sering dialami setiap orang dan cara alami membuat mata indah yang dapat anda coba di rumah dengan bahan alami yang mudah anda dapatkan.

Cara Membuat Mata Terlihat Indah Secara Alami


1. Pencuci Mata

Untuk membersihkan mata yang keruh, ambil segenggam bunga melati, lalu dibersihkan. Rendam bunga melati dengan segelas penuh air matang yang sudah dingin dan biarkan semalam. Esoknya air tersebut disaring, lalu digunakan untuk merambang atau merendam biji mata.

2. Mata Merah

Mata yang memerah dan lelah bisa diatasi dengan merambang dengan air rebusan daun sirih.

Caranya: Segenggam daun sirih beserta batangnya yang muda dan tangkai daunnya direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusannya untuk merambang bola mata. Boleh juga dengan cara meneteskan air tersebut pada mata. Untuk mengatasi mata merah akibat kurang tidur, lakukan kompres mata dengan air teh hitam yang sudah diendapkan satu malam. 

3. Membuat Bola Mata Bening

1 sendok teh diseduh dengan segelas air. Biarkan semalam dan esok paginya baru disaring. Gunakan air ini untuk mencuci mata dengan merambang mata selama 3-5 menit. Semula akan terasa perih, namun perlahan akan terasa dingin dan mata pun terasa nyaman.

4. Mata Lelah

Gunakan alpukat untuk mendinginkan dan menyegarkan mata yang lelah atau sembab. Alpukat bermanfaat karena banyak mengandung vitamin A, C, E, zat besi, potasium, niasin, asam pantatenik, dan protein.

Caranya: Kupas sebuah alpukat lalu dipotong tipis-tipis menyerupai lempengan. Tempelkan pada mata yang lelah atau sembab, lalu diamkan selama 20 menit. Bersihkan sisa alpukat dengan air dingin.

5. Lingkaran Hitam

Masalah lingkaran hitam yang sering muncul di bawah mata, bisa ditangani dengan mentimun yang murah dan mudah didapat. Dalam sayuran ini terkandung banyak mineral dan air.

Caranya: Ambil mentimun dan diiris tipis. Gunakan irisan mentimun untuk mengompres mata selama 15 menit.

6. Kompres dingin

Bila mata Anda terasa gatal dan merah, cobalah resep sederhana berikut ini: celupkan handuk kecil ke dalam air dingin dan kompres mata hingga handuknya terasa hangat. Ulangi hingga gatalnya mereda.

7. Kantong teh

Didihkan air dalam wadah kecil dan taruhlah dua kantong teh celup. Setelah mendidih sekitar 5 menit, dinginkan. Setelah itu letakkan kantong teh di kelopak mata selama beberapa menit hingga mata terasa rileks. Cara ini juga efektif untuk mengurangi lingkaran hitam, bengkak, serta mengurangi kelelahan pada mata.

Itulah tujuh cara membuat mata terlihat indah yang dapat Anda mencobanya dirumah.

Related Posts