Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

shares |

Keputihan adalah suatu cairan yang keluar dari lubang vagina secara berlebihan. Dalam kondisi normal, cairan ini seharusnya tidak mencapai luar bibir vagina. Untuk itu perlu Anda ketahui juga kalau semua jenis cairan yang keluar dari vagina merupakan suatu penyakit, perlu diriset terlebih dahulu.

Masalah keputihan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu pemicu utama terjadinya keputihan disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri atau juga parasit. Jika sekarang Anda sedang mengalami keputihan, berikut ini telah dirangkum beberapa cara untuk mengatasi keputihan secara alami dan terbukti ampuh mengobati keputihan.

Cara Mengatasi Keputihan

  1. Jaga kebersihan dan kesehatan organ intim Anda dengan cara rutin mengganti pakai dalam, setidaknya dua kali dalam sehari.
  2. Jangan pernah menggunakan celana dalam yang lembab atau basah sebab celana dalam yang basah biasa dijadikan sarang untuk perkembangbiakan beberapa mikroba seperti bakteri, jamur, dan virus yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan vagina.
  3. Rajin mencuci vagina menggunakan pembersih khusus. Cara ini terbilang cukup efektif, terutama untuk jenis keputihan yang dirasa belum cukup parah. Gunakan pembersih yang mengandung anti septik karena dapat menghambat masuknya bakteri atau kuman ke dalam lubang vagina.
  4. Jika sedang haid, usahakan untuk selalu mengganti pembalut yang lama dengan pembalut yang baru agar tidak menjadi sarang munculnya bakteri jahat yang bisa menginfeksi vagina.
  5. Konsumsi ramuan tradisional secara rutin, Anda bisa mencoba membuat ramuan untuk mengobati keputihan dari bahan alami seperti bawang putih, daun sirih, jeruk nipis, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati keputihan. Sebenarnya masih banyak sekali cara mengobati keputihan secara alami yang bisa Anda lakukan, namun kelima tips diatas sudah bisa mewakili semuanya.

Related Posts