Cara Mudah Menjaga Serta Merawat Kesehatan Mata

shares |

cara menjaga kesehatan mataMata adalah salah satu organ tubuh yang penting untuk kita jaga, jika mata sudah rusak tentu akan membuat kita tidak bisa melihat pemandangan yang indah seperti biasanya dan juga tidak bisa melihat wajah orang-orang yang berada disekitar kita. Memang, terkadang kita sering lupa untuk menjaga dan merawat kesehatan mata walaupun sebenarnya kita sudah tahu kalau mata termasuk lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Untuk memastikan mata Anda tetap sehat seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, berikut cara menjaga serta merawat kesehatan mata seperti dikutip dari Ehow.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Disertai Perawatannya


1. Konsumsi buah dan sayur-sayuran dalam jumlah banyak

Wortel adalah salah satu sayuran yang paling cocok untuk menjaga kesehatan mata karena di dalamnya terkandung beta karoten yang merupakan antioksidan yang berperan untuk mengurangi risiko degenrasi makula.

2. Hindari pemakaian lensa kontak (softlens) selama lebih dari 19 jam

Pemicu kerusakan mata dapat disebabkan oleh lensa kontak, memang terlihat sepele namun kenyataan begitu. Banyak orang yang matanya rusak permanen akibat terlalu sering memakai lensa kontak selama seharian full. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

3. Kurangi penggunaan obat tetes mata

Untuk mengatasi mata merah dengan obat tetes mata boleh saja, namun hanya sesekali. Jangan sampai berlebihan karena kebiasaan tersebut malam akan membuat mata Anda menjadi rusak.

4. Pakai masker mentimun

Saat santai, cobalah untuk mengompres kelopak mata menggunakan mentimun segar. Letakkan irisan mentimun dingin dan lembut di atas kedua kelopak mata selama 10 menit. Untuk lebih enaknya, lakukan perawatan ini sebelum tidur agar terhindar dari mata bengkak.

5. Pakai kacamata hitam pelindung sinar UV

Jangan hanya sekedar memakai lensa yang gelap dan hitam, tetapi gunakan yang terpolarisasi. Kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV di perlukan untuk melawan panasnya terpaan sinar matahari saat Anda beraktifitas.

6. Jangan membaca dalam keadaan ruangan yang gelap atau redup

Agar mata tetap sehat, hindari kebiasaan buruk membaca dalam cahaya lampu yang redup yang dapat menyebabkan saraf mata menjadi tegang. Jika mata sudah tegang dan dipaksakan untuk terus bekerja, efeknya akan lelah dan hasilnya adalah membuat mata menjadi minus alias rusak.

Itulah 6 cara untuk menjaga kesehatan mata. Sesuai kata orang, lebih baik mencegah daripada mengobati. Ya itu benar, untuk itu rawatlah mata Anda karena tanpa mata Anda tidak akan bisa melihat indahnya dunia.

Related Posts