Tips Mengobati Luka Agar Tak Berbekas

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/03/tips-mengobati-luka-agar-tak-berbekas.htmlInfo Kesehatan - Punya bekas luka di salah satu bagian tubuh memang sangat menjengkelkan, apalagi jika luka tersebut menempel pada posisi yang terlihat langsung oleh mata, misalnya di siku dan lutut dimana kedua bagian ini memang paling sering terluka. Untuk itu, ketahuilah tips mengobati luka agar tidak meninggalkan bekas sesuai yang dilansir oleh WebMD berikut ini.

Cegah luka agar tak berbekas dengan proses penyembuhan

Rasa khawatir yang muncul saat seseorang sedang terluka adalah takut jika bekas luka tersebut akan membekaskan jaringan perut, goresan, dan jahitan pada kulit. Langkah yang harus Anda ambil untuk mencegah timbulnya bekas luka adalah dengan proses penyembuhan luka yang baik.

Mudah kok, ikuti saja tiga langkah berikut ini:

1. Bersihkan luka

Agar tidak infeksi dan menimbulkan bekas, Anda perlu membersihkan kulit yang terluka menggunakan air dingin. Setelah itu tuang alkohol secukupnya pada sebuah kapas, kalau sudah langsung saja tempelkan pada luka tersebut, memang terasa agak perih tapi jenis pengobatan ini lebih efektif dan cepat untuk menyembuhkan luka. Terakhir adalah membersihkan kulit sekitar luka menggunakan kain lap dan sabun yang tidak bersifat keras dan beralkohol, sampai bersih juga. Tujuan proses penyembuhan ini adalah mencegah bakteri yang masuk ke kulit melalui luka tersebut menjadi lebih sedikit, bahkan tidak ada sama sekali.

2. Tutup luka

Setelah Anda membersihkan luka, langkah selanjutnya adalah menutup luka rapat-rapat menggunakan perban atau kasa agar luka pada kulit Anda tidak mudah terinfeksi oleh bakteri, kotoran, dan iritasi lainnya. Selain itu, tujuan dari menutup luka ini adalah untuk menjaga kelembaban luka pada beberapa hari pertama agar proses penyembuhan lebih cepat dan tidak meninggalkan bekas.

3. Jaga kelembaban luka

Setelah luka Anda dibersihkan dan ditutup, yang terakhir adalah Anda harus sesegera mungkin menjaga kelembaban luka tersebut. Caranya dengan menggunakan krim atau salep antibiotik yang berfungsi untuk membuat luka tetap bersih dan lembab sehingga mengurangi timbulnya bekas luka pada kulit Anda.

Setelah Anda melakukan tiga proses penyembuhan diatas, selanjutnya akan muncul bulatan yang menutupi luka Anda yang dikenal dengan istilah koreng. Jika tidak ingin meninggalkan bekas luka pada kulit, maka jangan pernah Anda garuk atau mengorek koreng tersebut karena hal ini dapat membuat bakteri lebih mudah masuk, efeknya luka Anda semakin lama sembuh dan ujung-ujungnya meninggalkan bekas luka.

Related Posts