Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Anda

shares |

Bahaya Kurang Tidur Bagi KesehatanInfo Kesehatan - Tidur adalah kegiatan rutin yang mesti semua orang lakukan, khususnya di malam hari. Sebab tubuh juga perlu istirahat jika sudah di paksa seharian untuk kerja fisik, dan pikiran juga harus di istirahatkan agar tidak mudah stres. Namun sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan waktu tidurnya dengan alasan menyelesaikan pekerjaan kantor hingga larut malam alias bergadang. Bergadang sangatlah tidak baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani, misalnya dapat membuat stres, merusak kulit, dan masih banyak lagi.

Dokter sangat tidak menganjurkan seseorang untuk bergadang sebab hal tersebut memang faktanya benar-benar dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh tanpa disadari. Bagi Anda yang sering bergadang segera hindari kebiasaan tersebut sebab banyak sekali efek negatif akibat terlalu sering bergadang, berikut ini akan dijelaskan beberapa bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan.

Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Anda

1. Mengalami obesitas

Seseorang yang melek hingga larut malam biasanya lebih mudah terserang obesitas, sebab pada saat malam hari biasanya perut menjadi lapar sehingga ingin ngemil atau makan sesuatu terus menerus. Setelah itu biasanya tubuh akan merasakan kantuk yang luar biasa akibat perut yang kekenyangan, dan efeknya adalah membuat Anda kegendutan alias obesitas akibat makanan yang baru masuk tidak bisa dicerna baik oleh tubuh dalam keadaan tidur.

2. Mudah pikun

Seseorang yang kurang tidur tentu akan merasakan lelah, sehingga menyebabkan otak menjadi mudah lupa. Jadi apakah Anda mau pikun di usia muda hanya gara-gara kurang tidur? Think smart dude!

3. Berisiko terserang kanker

Kurang tidur juga bisa membuat seseorang berisiko mengidap kanker, salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Untuk itu, segera hindari kebiasaan sepele ini agar Anda bisa merasakan indahnya berkeluarga dan mempunyai cucu.

4. Sistem imun

Tidur diatas jam 12 malam dapat menurunkan sistem imun, sehingga persiapkan diri Anda dari serangan berbagai macam penyakit yang ringan sampai yang mematikan.

5. Jerawat

Kurang tidur juga memiliki dampak negatif bagi kecantikan, yaitu lebih rentan jerawatan. Untuk itu, penuhi kebutuhan tidur Anda jika ingin tetap tampil pede di hadapan semua orang.

Itulah bebrapa bahaya kurang tidur bagi kesehatan tubuh Anda. Jadi sekarang masihkah Anda mau membiarkan jam tidur Anda terlewat begitu saja?
Baca juga Bahaya Menahan Bersin

Related Posts