Manfaat Anting Anting untuk Obat Tradisional

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2016/02/manfaat-anting-anting-untuk-obat.html
Info Kesehatan - Anting anting?Kalo kita mendengar kata ini hal yang pertama terfikirkan oleh anda pasti perhiasan yang dipakai ditelinga.Namun yang saya maksud anting anting dalam kesempatan ini adalah nama sebuah tanaman.Tahukah anda seperti apa tanaman anting anting itu ataupun manfaatnya untuk pengobatan tradisional?berikut penjelasannnya!!!

Anting anting atau Tie xian (China)merupakan Tanaman Obat asli indonesia. Secara sekilas kita melihat tanaman ini tidak seperti tanaman obat karena terlihat seperti rumput biasa .Tanaman ini banyak tumbuh dipingir jalan seperti rumput rumput biasa,dilereng lereng gunung. Namun bagi mereka yang tahu akan manfaatnya tanaman ini biasa digunakan untuk mengobati disenti Diare atau mencret.

Ciri Ciri Tanaman Anting Anting


Bagi anda yang belum mengetahui seperti apa tanaman anting anting berikut ciri cinya:
Anting anting merupakan herba semusim,batang tegak. berambut. Batang tinggi 30 - 50 cm. bercabang, dengan garis memanjang kasar. Tumbuh di pinggir jalan, lapangan rumput, dipekarangan dan lereng lereng gunung. Daun letak berseling bentuk bulat lonjong sampai lanset, bagian ujung dan pangkal daun lancip, tepi bergerigi, panjang 2,5 - 8 cm, lebar 1,5 - 3,5 cm. Bunga berkelamin tunggal dan berumah satu, keluar dari ketiak daun, bunganya kecil-kecil dalam rangkaian berupa malai. Buahnya kecil. Akar dari tanaman ini sangat disukai anjing dan kucing.

Ciri- ciri lain berdasarkan sifat kimiawi dan efek farmakologisnya: Rasanya pahit, astringen, sejuk. Anti-radang, antibiotik, peluruh air seni, astringen menghentikan perdarahan (hemostatik).

Berdasarkan sifat kimiawi dan efek farmakologis tersebut tanaman anting anting ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti:
Disentri basiler dan disentri amuba, Diare, Malnutrition, mimisan; Muntah darah, Berak darah, Kencing darah, Malaria

Manfaat Anting Anting untuk Obat Tradisional Dan cara pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman ini bisa digunakan,segar atau dikeringkan terlebih dahulu.Untuk pemakaian dalam anting anting segar ataupun kering direbus dan airnya diminum.Untuk pemakaian luar herba segar dilumatkan,kemudian tempel atau direbus dan airnya digunakan untuk cuci.Dipakai untuk bisul, koreng, luka berdarah, eczema, dermatitis,
gigitan ular.

Berikut Ini Manfaat dan Cara Pemanfaatan Anting Anting

  • Untuk Mengobati Dermatitis, eczema, koreng: Caranya herba segar secukupnya direbus, airnya untuk cuci ditempat yang sakit.
  • Untuk Perdarahan, luka luar: Cara Pengobatannya Herba segar ditambah gula pasir secukupnya, dilumatkan dan ditempel ke tempat yang sakit.
  • Mengobati Disentri amoeba: Sediakan 30 - 60 gram tanaman kering (seluruh batang) direbus, air rebusannya dibagi 2,untuk 2 kali minum, selama 5 - 10 hari.
  • Untuk Mengatasi Diare, disentri basiler, muntah darah,berak darah (melena), batuk:Caranya Herba kering 30 - 60 gram direbus, minum secara teratur pagi dan sore sampai sembuh
  • Atau Acalypha australis (anting-anting) 30 - 60 gram kering, dicampur Portulaca oleracea (Gelang) dan gula aren masing-masing 30 gram rebus, minum setelah dingin.

Semoga Bermanfaat!!!

Related Posts