Manfaat Dan Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2016/03/manfaat-dan-khasiat-beluntas-untuk-kesehatan.htmlInfo Kesehatan - Masih Berbagi info seputar Tanaman Obat Indonesia,Kali ini Info Kesehatan akan membahas tentang Manfaat Dan Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional.Bagi yang belum tahu seperti apa itu beluntas,khasiat juga manfaatnya disimak yah penjelasannya.;).Dan bagi yang sudah tahu mudah mudahan semakin faham,ok!

Mengenal Tanaman Beluntas

Beluntas (Pluchea indica (L.) Less.)merupaan tanaman semak atau setengah semak. Beluntas tumbuh dengan pohon tegak tinggi 2 sampai m,bahkan kadang-kadang lebih. Percabangan banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Tumbuh liar di tanah tandus dan jelek, atau biasa ditanam sebagai pagar dipekarangan rumah.Beluntas dapat tumbuh di daerah kering pada tanah yang keras dan berbatu, pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, memerlukan cukup cahaya matahari atau sedikit naungan, dan perbanyakannya dapat dilakukan dengan setek batang pada batang yang cukup tua. Daun bertangkai pendek, letak berseling, bentuk bundar telur sungsang, ujung bundar melancip, bergerigi warna hijau terang. Bunga keluar di ujung cabang dan di ketiak daun berbentuk bunga bonggol bergagang atau duduk, warna ungu. Buah longkah agak berbentuk gasing, warna coklat dengan sudut putih, lokos.

Beluntas sendiri memiliki nama yang berbeda namun hampir sama ditiap daerah sebagai contoh :Luntas (Jawa), Baluntas (Madura); Baluntas, Baruntas (Sunda), Lamutasa (Makasar); Beluntas (Sumatra), Lenaboui (Timor); Luan Yi (China).dan mungkin masih banyak nama nama lainya ditip tiap daerah.

Kandungan Kimia serta Efek Farmakologis Beluntas


Daun beluntas berbau khas aromatis(sengir) dan rasanya getir dan menyegarkan, berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, menghilangkan bau badan dan bau mulut, meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan; sedangkan akar beluntas berkhasiat sebagai peluruh keringat dan penyejuk juga menghilangkan bau badan. Daun beluntas juga dapat dikonsumsi sebagai lalapan atau dikukus
KANDUNGAN KIMIA: Daun beluntas mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flafonoida dan tannin

Manfaat Dan Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

Secara sekilas khasiat dan manfaat beluntas sudah disebutkan pada bahasan kandungan kimia serta efek farmakologis beluntas.Dan untuk lebih jelasnya lagi mengenai manfaat serta khasiat beluntas,dan bagai mana cara penggunaannya simak saja penjelasanya dibawah ini!

Beluntas untuk mengatasi keputihan
Beluntas bisa digunakan untuk mengobati keputihan yang biasa dialami oleh para wanita.Untuk mendapatkan manfaat beluntas untuk mengatasi keputihan bisa dengan menjadikan daun beluntas sebagai lalapan ataupun dengan merebus daun beluntas,kemudian minum airnya.lakukan secara teratur maka keputihan yang anda miliki akan hilang

Manfaat Daun Beluntas untuk menghilangkan bau mulut
Bau mulut bisa terjadi karena kebersihan mulut yang tidak terjaga atau karena faktor lain.Untuk mengatasi bau mulut yang anda alami hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan mulut anda dengan cara membersihkannya secara teratur.cara lainya anda bisa memanfaatkan dengan minum air rebusan daun beluntas atau menjadikanya sebagai obat kumur.

Khasiat Beluntas Untuk Mengobati Sakit Pinggang,Pegal Linu Dan Reumatik/Rematik
Sakit pinggang,pegal linu dan rematik biasanya terjadi pada orang tua,namun anak muda pun tidak menutup kemungkinan juga mengalami penyakit ini.Untuk mengatasi pegal linu,sakit pinggang dan rematik yang menimpa anda,anda bisa memanfaat kan ramuan air rebusan daun dan akar beluntas dengan cara meminumnya secara teratur pagi dan sore.Atau bisa juga dengan menjadikan daunya sebagi lalapan.

Menghilangkan Bau badan dengan Khasiat Beluntas
Bau badan bisa terjadi pada siapa saja,pria maupun wanita.Untuk memanfaatkan beluntas untuk mengatasi masalah bau badan anda, anda bisa melakukannya dengan menjadikan daun beluntas sebagai lalapan.atau bisa juga dengan meminum air rebusan dau beluntas secara tertur.

Manfaat beluntas lainya adalah untuk mengobati TBC dan kelenjar leher. caranya siapkan daun beluntas muda,gelatin dari kulit sapi,Laminaria japonica (rumput laut).Kesemua bahan-bahan ini ditim sampai lunak, Ialu dimakan.lakukan secara teratur.

Nah itulah beberapa Manfaat Dan Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional yang bisa saya berikan kali ini.semoga tulisan ini bermanfaat,dan selamat mencoba!!!!

Related Posts

0 comments:

Post a Comment