Kandungan Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2016/04/kandungan-manfaat-biji-mahoni.html
Info kesehatan - Berbicara soal biji mahoni ini yang saya ingat adalah di daerah tempat tinggal saya biji mahoni biasanya digunakan untuk menyapih anak agar tidak menyusu lagi pada ibunya.Biasanya dengan cara mengoleskannya pada payudara ibu agar keika si anak menyusu merasakan pahit yang sangat dan tidak mau lagi menyusu.Yah Buah mahoni rasanya memang sangat pahit.saya tahu hal ini karena dulu ketika masih kecil ketika musim mahoni menggugurkan buahnya,biji mahoni ini sering digunakan untuk menjahili teman dengan cara sembunyi sembunyi mengoleskan ke mulutnya.Alhasil orang yang kita olesi mulutnya dengan biji mahoni ini akan marah- marah dan meludah terus karena pahitnya biji mahoni ini.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi,akhirnya bisa diketahui bermacam manfaat yang tersembunyi yang sangat baik untuk kesehatan. Dibalik rasa pahitnya biji mahoni ini ternyata biji mahoni bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit,dari penyakit ringan sampai penyakit yang cukup berat.

Kandungan Kimia Biji Mahoni
Biji mahoni bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit karena kandungan kimia yang terkandung di dalamnya.Didalam biji mahoni mengandung saponin dan flavonoid. Saponin Merupakan senyawa glikosida kompleks yaitu senyawa hasil kondensasi suatu gula dengan suatu senyawa hidroksil organik yang apabila dihidrolisis akan menghasilkan gula (glikon) dan non-gula (aglikon). Sedangkan Flavonoid Adalah suatu kelompok senyawa fenol yang terbanyak terdapat di alam. Senyawa-senyawa ini bertanggung jawab terhadap zat warna merah, ungu, biru, dan sebagian zat warna kuning dalam tumbuhan. flavonoid dapat digunakan sebagai obat karena mempunyai bermacam macam bioakitfitas seperti antiinflamasi, anti kanker, antifertilitas, antiviral, antidiabetes, antidepresant, diuretic, dll.

Manfaat Biji Mahoni untuk kesehatan
Bji mahoni bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.Penyakit yang bisa diobati dengan memanfaatkan biji mahoni diantaranya Tekanan darah tinggi (Hipertensi), Kurang napsu makan, Demam; Kencing manis (Diabetes mellitus), Masuk angin, Ekzema/eksim, Rematik;


Cara Pemanfaatanya
BAGIAN YANG DIPAKAI:
Biji, dikeringkan lalu digiling halus menjadi serbuk.

Kegunaan untuk mengobati:
- Tekanan darah tinggi (Hipertensi).
- Kencing manis (Diabetes mellitus).
- Kurang napsu makan,
- Rematik.
- Demam.
- Masuk angin.
- Ekzema/eksim.

PEMAKAIAN:
Untuk minum: 1/2 sendok teh biji yang telah digiling halus menjadi serbuk.

MANFAAT BIJI MAHONI DAN CARA PEMAKAIAN:

Biji Mahoni untuk mengatasi Hipertensi:
Cara Pertama
Siapkan sebanya 10 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore hari.

Cara Kedua
Siapkan setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan setengah cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan tersebut selagi hangat, lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.

Mengobati Kencing manis(diabetes mellitus)dengan serbuk biji mahoni
Siapkan 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni kemudian diseduh dengan 1/3 cangkir air panas. Diminum selagi hangat, 30 menit sebelum makan. Lakuka 2-3 kali sehari secara teratur.

Mengatasi Kurang napsu makan(penambah nafsu makan)
Ambilah 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum selagi hangat,
lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.

Biji Mahoni Untuk Demam dan masuk angin:
Cara membuatnya 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni.diseduh dengan 1/4 cangkir air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

Manfaat lainya dari biji mahoni

Dari sumber yang lain disebutkan manfaat manfaat lainya dari biji mahoni ,diantaranya:
1.Biji mahoni untuk membantu mengatasi sembelit/melancarkan buang air besar
2.Biji mahoni sebagai suplemen untuk kesuburan pria dan wanita.
3.Buahatau biji mahoni untuk mengatasi rasa nyeri saat haid
4.Biji Mahoni Untuk Membantu meringankan penyakit Alzheimer

Efek Samping Konsumsi biji mahoni
Mengkonsumsi biji mahoni secara berlebihan dapat memicu terbentuknya kolesterol di cairan empedu yang dapat menyebabkan batu empedu. Hal ini terkait adanya saponin dan flavonoid dalam mahoni. Jadi, dosis paling banyak adalah 200 mg atau sama dengan satu butir biji mahoni per hari.

Itulah manfaat mahoni untuk kesehatan,cara penggunaan dan efek sampingnya. Semoga bermanfaat!!

Related Posts