Khasiat dan Manfaat Senggani untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2016/04/khasiat-dan-manfaat-senggani.html
Info Kesehatan - Ada sebagian orang yang menyebutkan tanaman senggani merupakan tanaman hias.Hal ini mungkin karena bentuk dan warna dari bunga senggani ini cukup bagus dan menarik.Berbeda halnya di daerah tempat tinggal saya yang terbilang di perdesaan,Senggani hanya dianggap tanaman liar atau bahkan gulma pengganggu di kebun.Biasanya masyarakat membersihkan kebunya dari tanaman ini dengan cara membabat dan membakarnya.Kalaupun dimanfaatkan,biasanya hanya bagian pohon atau batangnya untuk kayu bakar.

Sebenarnya tidak masalah tentang anggapan senggani sebagai tanaman hias atau hanya tanaman liar.Karena yang akan kita bahas dan kita pelajari bukan hal itu melainkan Khasiat dan Manfaat Senggani untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional. Mungkin banyak dari kita tidak mengetahui akan manfaat dan kegunaan senggani terutama untuk kesehatan dan pengobatan tradisional.Kerena ketidaktahuan inilah kita memandang sepele dan hanya menganggap tanaman ini tanaman liat atau gulma yang harus dimusnahkan.

Mengenal Tanaman Senggani

Sebelum lebih jauh kita membaha khasiat dan manfaat tanaman senggani ini,alangkah lebih baiknya kita kenali terlebih dahulu tanaman ini. Senggani atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Melastoma candidum merupakan tanaman perdu dari famili Melastomataccae.Tanaman ini merupakan perdu tegak setinggi 0,5m - 4m yang bercabang banyak dan dapat tumbuh pada tempat-tempat yang mendapat cukup sinar matahari seperti di lereng gunung, semak belukar,kebun yang tidak terurus, lapangan yang tidak terlalu gersang, atau dibeberapa tempat ditanam di daerah objek wisata sebagai tanaman hias pada ketinggian sampai 1.650 di atas permukaan laut.
Daunnya tunggal, bertangkai, letaknya berhadapan bersilang dan berbentuk bulat telur dengan ujung lancip, permukaannya berambut pendek yang jarang dan kaku sehingga teraba kasar, serta memiliki tiga tulang daun yang melengkung.Daunya bias direbus bersama daun pepaya untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya. Bunganya keluar di ujung cabang, berupa malai rata dengan jumlah bunga tiap malai 4-18 yang berwarna ungu kemerahan.Buah muda berwarna merah muda agak pucat,Buah masak akan merekah dan berbagi dalam beberapa bagian, warnanya ungu tua kemerahan. Biji kecil-kecil, warnanya cokelat cenderung hitam. Buahnya dapat dimakan,biasanya disukai beberapa jenis burung.Perkembangbiakan dengan biji baik yang jatuh ataupu dari kotoran burung pemakan biji senggani.

Apabila masih kurang tahu dengan penyebutan nama senggani ini, berikut beberapa nama lain dari senggani diantaranya Harendong (Sunda), kluruk, senggani (Jawa), Senduduk (Sumatera), kemanden (Madura), Yeh mu tan (China). singapore rhododendron (Inggris),
Kandungan dan Sifat Kimia Senggani
Pertanyaanya kenapa senggani bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan tradisional?.Manfaat dan khasiat ini karena kandungan dan sifat kimia yang terdapat dilalam tanaman ini.Daun Senggani rasanya pahit dan didalamnya mengandung senyawa saponin, flavonoida, dan tanin.Senggani bersifat analgetik karenanya bisa digunakan sebagai penghilang rasa sakit, peluruh kemih, mengatasi pembengkakan serta menghentikan pendarahan.

Khasiat dan Manfaat Senggani untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional 

Lalu apa Saja khasiat dan manfaat dari tanaman senggani?.Tanaman senggani bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti:Gangguan pencernaan (dispepsi), disentri basiler, diare, hepatitis, Keputihan (leukorea), sariawan, haid berlebihan, wasir darah,Pendarahan rahim, berak darah (melena), keracunan singkong, Radang dinding pembuluh darah; pembekuan (tromboangitis).Penjelasan cara pemanfaatnya bisa disimak dibawah ini.

Daun Senggani Untuk Mengobati Diare
Ternyata bukan hanya daun jambu biji saja yang bisa digunakan untuk mengobati diare.Daun senggani pun cukup ampuh untuk mengatasi hal ini.cara memanfatkan dau senggani untuk mengobati diare yaitu cukup sediakan daun senggani muda sebanyak 1 genggam, 5 gr kulit buah manggis, dan 3 lembar daun sembung, selanjutnya semua bahan segar direbus dengan 1 1/2 gelas air bersih sampai tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum, yaitu pagi, siang, dan sore.

Manfaat racun senggani untuk menetralkan racun singkong
Banyak jenis singkong yang bisa dikonsumsi, namun ada beberapa jenis singkong atau ubi kayu yang bisa menyebabkan keracunan.Untuk mengatasinya anda bisa membuat ramuan ini,yaitu akar atau daun senggani sebanyak 60 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu minum sekaligus.

Ramuan Biji Senggani untuk mengobati Perdarahan rahim
Bahan: Biji senggani sebanyak 15 g
Cara Membuat: Biji senggani digongsengatau disangrai (goreng tanpa minyak) sampai hitam lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.
Pemakaian: Setelah dingin disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Manfaat Daun Senggani Untuk Mengobati Bisul
Untuk mengobati bisul dengan menggunakan daun senggani cukup sediakan saatu genggam daun senggani,cuci bersih kemudian rebus dengan segelas air.Minum air rebusannya setelah dingin dan ampasnya dibubuhkan pada bisul.

Manfaat Senggani Untuk Mengobati Sariawan
mengobati sariawan dengan daun senggani sangatlah mudah. Cukup ambil 3lembar dau senggani muda cuci bersih.kemudian bilas dengan air hangat matang.Tambahkan sedikit garam dan kunyahlah.

Manfaat dari senggani lainya adalah untuk mengobati keputihan.Penyakit yang umum diderita para wanita ni bisa diatasi dengan menggunakan ramuan daun senggani berikut ini.
Daun senggani segar sebanyak 2 genggam, jahe, dan bengle masing- masing seukuran ibu jari dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Masukkan 3 gelas air dan 1 sendok makan cuka, lalu direbus sampai airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Itulah Khasiat dan Manfaat Senggani untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional yang bisa saya bagikan kali ini.Semoga bisa menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat tentunya.

Related Posts