Manfaat Air Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/08/manfaat-air-beras-untuk-kesehatan-dan.html
Beras adalah bahan pokok pembuatan nasi yang merupakan kebutuhan primer dalam segi pangan tiap manusia, khususnya yang tinggal di negara kaya akan lahan seperti Indonesia. Para petani dengan hati-hati memelihara padi yang bakal tumbuh sehingga waktu panen tidak mengalami kegagalan.

Sebelum menanak nasi, tentu beras harus dibersihkan dulu menggunakan air, bagi yang teliti dan sabar kerap membersihkan beras dari gabah. Air yang telah digunakan untuk mencuci beras biasanya berwarna putih menyerupai susu. Air hasil cucian beras ini (sering disebut air tajin) banyak digunakan kaum hawa untuk merawat kulitnya, tidak jarang juga kaum adam yang rutin merawat kulit dengan air cucian beras.

Apabila Anda ingin mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang bersih, cerah, berkilau, sehat, kencang, kenyal, intinya terhindar dari gangguan kesehatan pasti sering menjatuhkan pilihan perawatan pada produk kecantikan yang dijual pasaran dengan harga miring.

Tahukah Anda kalau tidak semua produk cocok dan baik untuk jenis dan ketahanan kulit? Jika Anda adalah tipe wanita yang berkulit sensitif pasti sering mengeluh atas gagalnya perawatan, meski tubuh telah menjalani banyak ritual kecantikan hasilnya tidak terlihat.

Jika benar demikian, kenapa Anda tidak mengganti pilihan pada air beras? Selain mudah pembuatannya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Setiap kali mencuci beras cukup tampung airnya dalam botol jika suatu saat ingin digunakan untuk merawat kulit.

Manfaat Air Beras


Yang mungkin menjadi hambatan terbesar atas keraguan Anda mencoba perawatan kecantikan dengan air beras, adalah sebuah pertanyaan umum seperti:

“Apa dijamin kulit saya lebih sehat dan bersih jika melakukan perawatan dengan metode alami seperti mengusapkan air cucian beras pada kulit?” Jawabannya: “Jelas ada, dong!”.

Jika Anda masih belum percaya, mungkin paparan mengenai manfaat air beras berikut dapat membuat Anda kagum dari air sederhana ini.

Menghilangkan Noda dan Kotoran Pada Wajah

Wajah adalah aset berharga yang harus Anda utamakan kebersihannya. Wajah yang cantik bersinar alami akan membawa Anda ke jenjang kesuksesan (tanpa disadari).

Gunakan air cucian beras untuk mewujudkan mimpi Anda tersebut. Celupkan kapas pada air beras yang sudah di pisahkan ke dalam wadah. Tepuk-tepuk celupan kapas pada kulit wajah secara menyeluruh hingga beberapa menit. Setelah lewat 15 menit, bersihkan dengan air hangat terlebih dahulu, barulah basuh dengan air dingin.

Air beras menyediakan senyawa inositol untuk membantu perkembngan sel dan memperlambat penuaan dengan mencegah kulit keriput lebih cepat.

Membersihkan Kulit

Konteksnya memang terlihat hampir sama dengan poin pertama, tapi jenis perawatannya sedikit berbeda. Anda membutuhkan lebih banyak air bekas cucian beras karena nanti akan digunakan untuk merendam tubuh selama 15 menit.

Apabila ingin menuai hasil lebih cepat dan maksimal setiap hari Anda lakukan perendaman tubuh minimal satu kali dan dilakukan rutin tiap hari. Agar tidak bosan saat berendam, Anda bisa setel musik dari handphone atau membayangkan sesuatu yang membuat tubuh terasa rileks, misalnya bersandar dibawah pohon yang rimbun.

Menguatkan Akar Rambut

Dari awal disebut-sebut kegunaan air cucian beras lebih kepada kulit, tetapi banyak pakar kecantikan yang menambahkan khasiat air beras untuk menyehatkan rambut.

Anda bisa merawat rambut dengan cara menyiram air beras pada rambut sehabis keramas. Kemudian, biarkan selama beberapa menit agar menyerap ke dalam kulit dan rambut, terakhir siram dengan air bersih.

Protein beras yang ikut larut dalam air cucian akan membantu menguatkan rambut dan mencegahnya dari kerontokan dan mudah patah, serta memperbaiki batang rambut yang rusak. Hasilnya rambut tampak lebih indah.

Manfaat air beras yang terakhir adalah sebagai minuman yang menyehatkan seperti jamu beras kencur. Jika Anda ingin mencobanya, masak air bekas mencuci beras terlebih dahulu. Setelah itu minum sampai habis sehari dua kali agar dampak positif lebih cepat terasa.

Para peneliti menemukan adanya kandungan 8 jenis asam amino esensial yang membantu meregenerasi sel dan otot. Disamping itu minum air beras yang matang akan memberi energi tambahan untuk Anda.

Related Posts