Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Obat Herbal

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan.html
Jeruk nipis merupakan salah satu varian buah jeruk yang dimanfaatkan untuk pengobatan dan kecantikan. Jarang sekali atau bahkan tidak ada yang mengkonsumsinya langsung karena rasanya yang sangat asam. Biasanya dicampur dengan madu atau ditambahkan dengan bahan lainnya.

Di dalam ekstrak buah jeruk nipis mengandung minyak limonene dan linalool, flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Sedangkan jeruk nipis yang sudah matang memiliki kandungan synephrine dan N-methyltyramine, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C.

Sebagai ramuan herbal alami, jeruk nipis berkhasiat untuk meredakan batuk, peluruh dahak , peluruh kencing dan keringat, serta membantu proses pencernaan.

Di bawah ini beberapa cara membuat ramuan tradisional dari jeruk nipis untuk mengobati berbagai macam penyakit.

1. Mengatasi Wasir

Punya penyakit wasir? Buatlah ramuan obat wasir dengan bahan jeruk nipis. Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis. Cuci bersih lalu rebus dengan air mendidih selama 30 menit dan saring. Minum dalam keadaan hangat tiga kali sehari.

2. Amandel

Penyakit amandel juga bisa disembuhkan dengan ramuan herbal jeruk nipis. Cuci 3 kulit jeruk nipis. Potong-potong menjadi bagian kecil lalu rebus dengan 2 gelas air mendidih hingga tersisa ¾ nya kemudian saring. Dalam keadaan hangat gunakan air tersebut untuk berkumur, 3-4 kali sehari.

3. Meredakan Batuk

Anda terserang batuk dan melihat ada buah jeruk nipis di lemrai es? Tenanglah, itu bisa dipakai untuk menyembuhkan batuk anda. Siapkan segelas air hangat. Peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk Anda.

4. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan tak sedap bisa membuat seseorang minder dan terasing dari pergaulan. Namun tidak perlu khawatir, karena sebuah jeruk nipis bisa mengatasinya. Potong satu jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian. Olesi bagian dalam jeruk dengan kapur sirih. Oleskan di ketiak setelah mandi. Diamkan selama 5 menit lalu bilas.

5. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa jadi gejala awal penyakit batuk. Sebelum benar-benar terserang penyakit batuk, cobalah ramuan jeruk nipis untuk mengatasinya. Potong 3 buah jeruk nipis yang sudah masak lalu peras. Seduh sari jeruk nipis dengan air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit saat air dalam keadaan hangat. Ulangi 3 kali sehari.

Demikian informasi mengenai cara memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat tradisional untuk kesehatan.

Related Posts