Manfaat Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Noda, Bau Amis, Memutihkan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/manfaat-jeruk-nipis-untuk-menghilangkan-noda-bau-amis.html
Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata jeruk nipis juga punya manfaat lain yaitu sebagai pembersih, untuk menghilangkan bau amis dan memutihkan pakaian yang terkena noda. Bagi yang berasal dari kampung, tentu pernah melihat orang tua kita mencuci baju dan menggosoknya dengan jeruk nipis. Ternyata hal tersebut bukanlah tanpa alasan, karena kandungan dalam jeruk nipis mampu mengangkat noda dan mengembalikan warna cerah baju.

Jeruk nipis juga ampuh untuk menghilangkan bau amis dari daging atau ikan. Caranya Anda bisa menambahkan beberapa tetes jeruk nipis pada ikan yang sudah diberi garam. Maka bau amisnya akan sedikit berkurang.

Dan berikut ini beberapa manfaat lain dari jeruk nipis.

1. Menyamarkan noda hitam

Jika kulit wajah Anda menampakkan pigmen yang lebih gelap pada beberapa titik, gosok lembut bagian yang menghitam dengan perasan jeruk nipis setiap hari sampai warnanya menjadi lebih muda.

Baca juga: Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut.

2. Menghilangkan bau amis

Anda ingat ketika Anda baru saja makan pecel lele? Wah, aroma terasi pasti akan terus "menghantui" Anda sampai esok hari. Pasalnya, sabun cuci tangan saja tidak mampu mengalahkan kuatnya aroma terasi. Kalau sudah begini, gunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis atau bau terasinya.

3. Memutihkan pakaian

Produk pemutih pakaian memang banyak tersedia di pasaran. Namun jeruk nipis pun punya daya pemutih yang tak kalah hebat. Tambahkan seperempat cangkir air jeruk nipis pada pakaian-pakaian putih yang Anda masukkan ke mesin cuci.

4. Meredakan gejala flu

Jika tenggorokan Anda perih, atau Anda sedang batuk dalam tahap awal, minum campuran air jeruk nipis dengan madu dan air putih untuk meredakan nyeri tersebut. Jika batuk Anda berdahak, campuran kecap dan jeruk nipis masih ampuh untuk mengeluarkan dahak.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan.

5. Membersihkan talenan

Tambahkan perasan jeruk nipis atau gunakan irisan jeruk nipis untuk membersihkan talenan. Selain itu juga untuk membuatnya lebih steril dan menghilangkan bau amis.

6. Mencerahkan kuku

Agar kuku Anda tidak terlihat kekuningan, celup dan rendam kuku jari Anda ke dalam campuran air dan perasa jeruk nipis agar warna kuku menjadi lebih cerah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel tentang cara merawat dan memutihkan kuku secara alami.

7. Menyegarkan peralatan rumah tangga

Misalnya, masukkan irisan jeruk nipis ke dalam microwave untuk menghilangkan berbagai macam aroma makanan dan menyegarkan baunya. Atau tambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke dalam vacuum bag jika peralatan tersebut menjadi sedikit kotor dan bau.

8. Sebagai bahan disinfektan untuk luka

Jeruk nipis ternyata bisa menghentikan perdarahan dan membersihkan sayatan atau irisan akibat terkena pisau.

Mengingat manfaat jeruk nipis yang begitu banyak, tidak salah rasanya jika kita menyimpannya di dapur untuk persediaan. Jaga selalu kesehatan anda.

Related Posts