Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Efek Farmakologis

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan.html
Kunyit atau kunir yang memiliki nama latin Curcuma longa Linn alias Curcuma domestica Val merupakan tanaman rempah asli Asia Tenggara. Seiring dengan perkembangan, kini kunyit sudah terdapat di Australia dan Afrika.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura).

Di India, kunyit telah digunakan selama lebih dari 2500 tahun untuk pengobatan. Kunyit banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda, karena memiliki efek farmakologis sebagai antiseptik dan antibakteri, memiliki efek yang sama dengan fluoride untuk gigi, menyembuhkan psoriasis dan peradangan sendi, serta membantu masalah pencernaan dan depresi.

Selain dijadikan sebagai obat tradisional, kunyit juga dimanfaatkan sebagai bumbu masak dan pewarna makanan. Bahkan menurut beberapa literatur, kunyit pertama kali digunakan di India sebagai bahan pewarna pakaian.

Seiring dengan pengetahuan masyarakat tentang kandungan senyawa pada kunyit dan perkembangan teknologi, kunyit sudah dijadikan sebagai bahan dasar dalam produk kecantikan. Bentuknya pun bermacam-macam mulai dari kapsul, serbuk hingga minuman kesehatan. Untuk lebih jelasnya sudah saya bahas dalam artikel Manfaat Kunyit untuk Kecantikan.

Khasiat kunyit dan Efek Farmakologis


Beberapa khasiat pengobatan kunyit pada manusia antara lain sebagai berikut:
  1. Selain memiliki aktivitas antimikroba, antiradang, dan antivirus, kunyit juga berpotensi meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin, senyawa fenolik alami pada kunyit, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Kunyit berpotensi dalam pengobatan kanker. Pada penderita kanker, sel-sel kanker menjalar melalui pembuluh darah (metastasis) dan jaringannya menjadi tumor. Angiogenesis juga terjadi, yaitu pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebar ke arah tumor untuk suplai nutrien, oksigen dan sirkulasi kotoran. Kurkumin mengobati kanker dengan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru tersebut.
  3. Wanita yang mengalami masalah dengan haid dapat menggunakan kunyit untuk mengatasinya. Efek farmakologis kunyit dapat melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa nyeri haid dan lelah datang bulan.
  4. Sebagai antikoagulan alami, kunyit dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis.
  5. Kunyit dapat menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung, asma, usus buntu, dan rematik.
  6. Sifat analgesik alami kunyit bekerja dengan menghambat Cox-2 yang mencetuskan rasa nyeri. Dengan sifat analgesik dan antiinflamasinya, kunyit dapat mengobati artritis dan rheumatoid artritis.
  7. Penyakit pikun dapat diperlambat dengan sering mengonsumsi kunyit dalam makanan. Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit pikun yang terjadi umumnya pada usia tua, ketika kapasitas fisik otak berkurang. Kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa manula di Asia yang sering mengkonsumsi kare (curry) yang mengandung kunyit memiliki daya ingatan yang lebih baik daripada manula di benua yang lain.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan


Karena sifat dari senyawa-senyawa yang dikandungnya, kunyit dijadikan sebagai obat tradisional yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit atau sebagai jamu untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:
  1. Kunyit bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri alami, berguna dalam mengobati luka atau luka bakar.
  2. Ketika dikombinasikan dengan kembang kol, kunyit terbukti dapat mencegah dan menghentikan pertumbuhan kanker prostat.
  3. Kunyit dapat mengobati diare.
  4. Kunyit dapat mencegah munculnya Melanoma (tumor ganas) serta dapat membunuh sel-sel melanoma yang ada di tubuh.
  5. Kunyit bermanfaat dalam mengurangi risiko leukimia.
  6. Kunyit dapat membantu proses detoksifikasi senyawa racun pada hati.
  7. Kunyit dapat mencegah dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dengan menghilangkan penumpukan lempengan amiloid pada otak.
  8. Kunyit dapat mencegah metastasis, yakni penyebaran kanker dari tempat pertama (awal) ke tempat lain di dalam tubuh.
  9. Kunyit bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi alami, tanpa efek samping. Karena sifatnya yang anti-inflamasi, kunyit sering digunakan dalam mengobati peradangan pada persendian seperti Artritis dan Artritis Reumatoid.
  10. Kunyit dapat memperlambat perkembangan multiple sclerosis (sklerosis ganda, yakni suatu kelainan peradangan pada otak & sumsusm tulang belakang).
  11. Kunyit dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit alami.
  12. Kunyit dapat membantu proses metabolisme lemak dan membantu dalam menjaga berat badan.
  13. Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan Cina sebagai pengobatan untuk depresi.
  14. Kunyit telah terbukti menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor.
  15. Kunyit dapat mempercepat penyembuhan luka dan membantu dalam memperbaiki kulit yang rusak.
  16. Kunyit Dapat membantu dalam pengobatan psoriasis(penyakit autoimun yang mengenai kulit) dan kulit yang sedang mengalami peradangan.

Itu dia beberapa manfaat dari kunyit untuk kesehatan tubuh. Jaga selalu kesehatan Anda dengan gaya hidup sehat.

Related Posts