Makanan untuk Kecerdasan Otak anak

Makanan untuk Otak anak
Memiliki anak yang cerdas tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi setiap orang tua. Dengan begitu, orang tua sudah memberikan investasi untuk masa depan sang anak. Namun tidak semua anak terlahir dengan kecerdasan tinggi. Ada yang biasa-biasa saja, ada yang di bawah rata-rata.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan kecerdasan otak anak? Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah memberikannya makanan bernutrisi yang dibutuhkan oleh otak anak untuk tumbuh dan berkembang. Ya, beberapa jenis makanan dapat merangsang pertumbuhan dan kemampuan otak menjadi lebih baik.

Apa saja makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak? Berikut ini penjelasan Dr. Ang Poon Liat, konsultan senior penyakit dan kesehatan anak dari Paediatric Centre Thomson Medical Centre, Singapura seperti dikutip Manfaat Sehat dari laman Intisari Online.

Beras dan Gandum

Beras dan gandum yang masih ada kulit arinya. Beras merah dan oat adalah contoh beras dan gandum yang masih ada kulit arinya, yang kaya akan vitamin B. Keduanya memiliki serat yang tinggi sehingga melepaskan glukosa secara perlahan-lahan. Karena kadar glukosa yang tinggi akan membuat anak energetik tapi kemudian cepat capek. Perubahan mood ini tentu tidak baik bagi anak.

Ikan laut

Ikan laut merupakan sumber omega-3. Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan aktivitas neurotransmiter, membantu sel otak dalam berkomunikasi dengan sel-sel otak lainnya secara efektif sehingga fungsi otak optimal.

Sayuran berwarna

Sayuran berwarna kaya antioksidan yang akan menjaga sel otak tetap sehat. Pilih sayuran yang berwarna-warni agar mendapat serangkaian antioksidan yang juga dapat mencegah kanker.

Polong-polongan

Kandungan protein dan karbohidrat kompleksnya menghasilkan energi yang baik untuk merangsang otak. Proteinnya dibutuhkan untuk menghasilkan asam nukleat dari sel otak.

Telur

Kuning telur kaya akan protein, juga tinggi kolin, bagian dari vitamin B, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Yogurt

Merupakan sumber protein, vitamin B dan D yang amat penting bagi pertumbuhan jaringan otak serta neurotransmiter.

Kacang-kacangan

Mengandung vitamin E yang memiliki sifat antioksidan handal melindungi selaput sel otak terhadap radikal bebas.

Buah beri

Buah ini kaya vitamin C, yang dapat meningkatkan daya ingat.

Rutinlah menyertakan beberapa jenis makanan di atas untuk merangsang pertumbuhan otak serta meningkatkan kecerdasan otak anak.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru seputar kesehatan dan kecantikan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun langsung via email, silahkan isikan alamat email Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini:

Kolom artikel berlangganan ini diberdayakan oleh FeedBurner

Posted by pada 17.7.13

7 komentar untuk "Makanan untuk Kecerdasan Otak anak"

Post a Comment