Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

shares |

Fast Food Makanan Tinggi Kolesterol
Info Kesehatan - Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Kolesterol tinggi bukanlah nama sebuah penyakit, tapi bisa menjadi sumber munculnya berbagai penyakit. Bukan penyakit sembarangan, tapi penyakit kelas kakap seperti stroke, serangan jantung, diabetes dan sebagainya.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, kurang berolahraga dan konsumsi alkohol bisa menjadi penyebab seseorang mengidap kolesterol tinggi. Makanan juga bisa menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Makanan cepat saji adalah salah satu penyebabnya.

Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh? Oke, anda bisa mempraktekan beberapa tips berikut ini untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan total kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Ini tidak hanya meningkatkan kesehatan tetapi juga tampak merasa lebih baik.

Perhatikan makanan

Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dengan membatasi semua jenis lemak, termasuk lemak jenuh dan gantikan dengan lemak tak jenuh. Makanlah juga makanan yang rendah kolesterol. Kolesterol hanya ada pada produk hewani, sebagian besar pada jeroan (usus, babat, otak, limpa, dll), kuning telur, sea food (udang, cumi, kerang, kepiting), dan lemak hewani. Konsumsi tinggi kolesterol akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, jadi batasi penggunaan bahan makanan yang mengandung kolesterol rata-rata maksimal 250 mg per hari.

Makanlah lebih banyak serat

Serat banyak terdapat pada havermut, sereal, buah dan sayuran, kacang panjang, dan semua jenis kacang-kacangan dalam jumlah terbatas dapat membantu menetralisir kadar kolesterol dalam darah kita.

Kurangi minuman beralkohol

Terlalu banyak minum alkohol dapat lebih mudah meningkatkan berat badan kita.

Hentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah. Merokok dapat pula menurunkan kadar kolesterol HDL di dalam darah dan menurunkan perlindungan terhadap terjadinya ateroklerosis. Maka apabila Anda perokok, berhentilah mulai sekarang.

Olahraga rutin

Kurang berolahraga berhubungan langsung dengan rendahnya kadar kolesterol HDL. Lakukan olahraga secara rutin sedikitnya 30 – 45 menit per hari sebanyak 5 kali seminggu. Seperti jalan santai atau bersepeda.

Bantuan Obat-obatan

Jika kadar kolesterol kita sangat tinggi, mungkin dokter akan memberikan obat untuk segera menurunkan kolesteroll. Ingat, obat tidak bertujuan untuk mengubah pola hidup yang sehat.

Gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat dapat membantu kita menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. So, mulailah dari sekarang.

Related Posts