Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daging Merah

shares |

Daging Merah
Daging merah sebenarnya memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, sebagian orang menjadi anti untuk mengkonsumsi daging merah, mereka menyebut bahwa daging merah buruk untuk kesehatan. Salah satunya adalah memicu kolesterol tinggi.

Benarkah daging merah buruk untuk kesehatan kita? Jawabannya tergantung bagaimana kita memperlakukannya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan berakibat buruk. Tapi jika dikonsumsi secara tepat, daging merah merupakan sumber nutrisi cukup tinggi.

Berikut ini kandungan nutrisi dan manfaat daging merah untuk kesehatan seperti yang dikutip ManfaatSehat dari Intisari-Online.

Sumber Protein

Manfaat pertama kita makan daging adalah asupan protein. Kita tahu bahwa daging terkenal kandungan proteinnya. Satu hal yang harus diingat, apakah daging merah atau putih yang kita konsumsi, pilihlah tanpa lemak. Bila tidak, kadar kolesterol darah kita pun meningkat karena konsumsi lemak tadi.

Sumber Energi

Kita tidak harus meninggalkan konsumsi daging jika sudah terbiasa makan daging dalam diet harian. Jika mencoba meninggalkannya, bisa jadi diet harian kita kurang seimbang. Daging adalah salah satu sumber energi bagi tubuh. Bila kita tinggalkan, maka kita hanya memiliki energi lebih sedikit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Sumber Vitamin B12

Jenis vitamin ini sebagian besar berasal dari hewan, salah satunya adalah daging merah. Vitamin B sangat penting bagi wanita hamil. Kekurangan vitamin ini dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim.

Anti-karsinogen

Produk susu dan daging sapi mengandung asam linoleat yang merupakan senyawa anti-karsinogen, pencegah kanker. Beberapa penelitian juga membuktikan asam linoleat mengobati kanker payudara. Kabar baik nih buat para wanita.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Daging merah mengandung mineral seng, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain dari seng adalah memperlambat penuaan.

Kecerdasan otak

Lemak baik dan nutrisi dalam daging merah membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan kita. Inilah alasan besar mengapa kita harus mengonsumsi daging merah.

Mengandung omega-3

Kita pikir hanya salmon dan ikan berminyak yang dianggap sebagai sumber terbaik asam lemak omega-3. Daging merah juga mengandung asam lemak omega-3.

Daging merah sebenarnya mengandung zat gizi yang cukup banyak. Tapi sering dianggap buruk hanya karena kita salah dalam mengkonsumsinya. Sesuatu yang baik, jika dikonsumsi berlebihan maka akan berakibat buruk, termasuk daging merah.

Related Posts