Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Panjang

Kacang Panjang
Kacang panjang merupakan sayuran yang sangat sering kita temui dalam masakan sehari-hari. Baik itu masakan rumah ataupun masakan restoran. Ada yang memasaknya dengan cara ditumis, ada juga yang menjadikannya sebagai lalapan mentah.

Namun meskipun kacang panjang begitu populer sebagai makanan, saya yakin tidak semua orang mengetahui kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam sayuran ini. Padahal, kacang panjang memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Nah, untuk menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan, berikut ini kami sajikan ulasan mengenai kandungan nutrisi kacang panjang serta manfaatnya bagi kesehatan. Cekidot..!

Kandungan Nutrisi Kacang Panjang


Kacang panjang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh Anda, di antaranya:

Sumber Protein

Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.

Vitamin B Kompleks

Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita.

Secara umum vitamin B kompleks memiliki fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelahan dan kurangnya tenaga.

Mengandung Serat Tinggi

Kacang panjang adalah sayuran yang kaya serat. Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.

Kandungan Mineral Kacang Panjang


Kacang panjang juga kaya akan berbagai mineral, antara lain:

Kalsium

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.

Zat Besi

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan). Zat besi adalah komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot.

Magnesium

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 98 mg magnesium (25% kebutuhan), di mana mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot, serta aktivitas enzim dalam tubuh.

Mangan

Tiap 100 gram kacang panjang rebus juga mengandung 0,5 mg mangan (24% kebutuhan). Mangan penting bagi aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.

Fosfor

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 181 mg fosfor (18% kebutuhan), yang juga penting untuk produksi energi, serta pembentukan tulang dan gigi.

Tembaga

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 0,2 mg tembaga (11% kebutuhan). Tembaga penting bagi kesehatan kulit, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit.

Kalium

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 315 mg potassium (9% kebutuhan), yang penting bagi fungsi saraf dan otot kita.

Zinc

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 1,1 mg zinc atau seng (7% kebutuhan). Zinc merupakan komponen enzim yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan tulang.

Selenium

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,8 mcg selenium (4% kebutuhan), di mana selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh kita.

Nah, itu dia beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam kacang panjang. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi kacang panjang baik dalam bentuk tumis maupun lalapan, teruskan tren positif tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru seputar kesehatan dan kecantikan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun langsung via email, silahkan isikan alamat pada kolom yang tersedia email Anda di bawah ini:

Kolom artikel berlangganan ini diberdayakan oleh FeedBurner

Posted by pada 11.8.13

1 Komentar untuk "Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Panjang"

Post a Comment