Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D (Kalsiferol)

shares |

ADVERTISEMENT

Vitamin D
Vitamin D atau Kalsiferol bukan cuma bermanfaat untuk kesehatan tulang, namun juga dapat mencegah berbagai penyakit kronik seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, multipel sklerosis, serta penurunan daya ingat. Menurut WHO, kebutuhan harian vitamin D adalah 400IU. Namun berdasarkan hasil riset terbaru dari Albert Einstein College of Medicine di New York City, AS kebutuhan vitamin D harian adalah 1700IU demi menjaga kesehatan tubuh.

Sumber vitamin D bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, yaitu dari sinar matahari. Namun, gaya hidup di zaman sekarang ini, kurang memungkinkan bagi beberapa orang untuk dapat menikmati sinar matahari lebih banyak. Karena itulah mau tidak mau mereka harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin D agar kebutuhan harian vitamin D terpenuhi.

Berikut ini kami pilihkan berbagai jenis makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik untuk anda:

1. Minyak hati ikan cod

Membayangkan bau dan rasanya saja, Anda mungkin mual. Tapi coba pikirkan manfaat dan kandungan vitamin D-nya! Satu sendok makan minyak ikan mengandung 1360 IU atau 340% kebutuhan harian vitamin D Anda! Artinya, minyak ikan ini jadi penyedia vitamin D terbaik dalam sekali telan! Minyak ikan juga kaya asam lemak omega-3, yang berfungsi melindungi Anda dari penyakit jantung, depresi dan Alzheimer.

2. Jamur

Jamur adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Jamur memiliki konsentrasi nutisi ini yang cukup tinggi. Berbeda dengan kebanyakan jenis sayuran lainnya, jamur juga kaya akan zinc dan protein.

3. Kedelai

Bagi Anda yang kekurangan vitamin D, mungkin sudah saatnya untuk mengganti susu biasa dengan susu kedelai. Begitu juga mengganti produk susu seperti keju dengan tahu atau produk kedelai lainnya. Susu hanya mengandung kalsium, sedangkan kedelai mengandung kalsium serta vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan tulang Anda.

4. Susu

Satu gelas susu mengandung 98 IU atau 25% kebutuhan vitamin D per hari. Sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang minum 10 gelas susu atau lebih per minggu saat usia remaja dan usia 20-an, memiliki resiko rendah terkena kanker payudara. Jadi, jangan malas minum susu ya!

5. Udang

Salad udang bukan hanya rendah kalori. Melahap udang sebanyak 85 gram berarti Anda sudah mengasup 129 IU vitamin D atau sama saja dengan 32% kebutuhan harian Anda. Udang juga kaya protein dan mineral seperti zinc, yang membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

6. Tuna kalengan

Jika Anda makan 85 gram ikan tuna kalengan, Anda berarti sudah mengasup vitamin D sebanyak 200 IU atau 50% dari kebutuhan harian. Ikan tuna juga menjadi sumber protein yang baik dan mengandung omega-3 sehingga bisa dijadikan stok makanan wajib yang ada di rumah.

7. Sereal

Satu cangkir sereal untuk sarapan ternyata memiliki kandungan vitamin D 40 IU atau sama saja dengan 10% dari kebutuhan harian Anda. Tak cuma itu, Anda juga mendapat energi dari kandungan zat besi dan vitamin B. Nah, jangan lagi ragu untuk pilih sereal sebagai menu sarapan Anda.

8. Keju Swiss

Selembar keju Swiss mengandung 12 IU vitamin D atau 4% kebutuhan harian tubuh Anda. Yang wajib dicatat, keju Swiss adalah keju yang mengalami proses pembuatan alami sehingga kandungan sodiumnya lebih rendah dibanding keju pabrikan yang banyak dijual di pasaran.

9. Tiram

Lebih dahsyat dari udang, tiram memiliki kandungan vitamin D lebih tinggi. Setiap 85 gram-nya, mengandung 272 IU vitamin D atau 68% dari kebutuhan harian. Jenis seafood ini juga bisa menjadi makanan aphrodisiac alian makanan pembangkit gairah seksual. Tiram juga sumber zat mineral zinc, dan merawat kesehatan kuku, rambut, serta mata Anda.

10. Kuning Telur

Sebelum membuang bagian kuning telur dari telur mata sapi Anda, pertimbangkan dulu fakta penting: kuning telur mengandung 20 IU vitamin D atau sekitar 6% kebutuhan vitamin D harian Anda. Telur juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein dan lebih awet memberi rasa kenyang.

11. Ikan Salmon

Setiap 100 gram-nya mengandung 360 IU vitamin D atau 90% dari kebutuhan harian manusia pada umumnya. Daging ikan salmon juga sumber terbaik asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan depresi.

12. Jus jeruk

Segelas jus jeruk siap minum, mengandung 100 IU vitamin D atau 25% kebutuhan harian Anda. Jus jeruk juga kaya vitamin C dan antioksidan yang membantu melawan penyakit.

13. Kaviar

Makanan termahal di dunia ini selain lezat juga sangat tinggi akan kadar vitamin D. Kaviar juga mampu membantu Anda memiliki jantung yang sehat.

14. Margarin

Periksa margarin yang akan dibeli dan pastikan ada vitamin D yang terkandung di dalamnya. Meskipun demikian, jangan terlalu banyak mengonsumsi margarin karena bisa membahayakan kesehatan.

15. Tahu

Terakhir, tahu dan tempe yang merupakan fermentasi kedelai adalah makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Bagi vegetarian, tahu dan tempe tentu menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

16. Salami dan Sosis

Salami dan sosis adalah dua varietas daging olahan paling populer. Meski bukan kategori makanan segar, salami dan sosis adalah makanan yang kaya vitamin D.

Nah, jadi jika anda seorang yang sibuk dengan aktifitas di dalam ruangan sehingga tidak sempat mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, maka Anda bisa mengkonsumsi jenis-jenis makanan di atas untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian anda.

Related Posts