Cara Menambah Nafsu Makan dengan Jamu Tradisional

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/10/cara-menambah-nafsu-makan.html
Kurang nafsu makan umumnya terjadi pada anak-anak dalam masa pertumbuhan sebagai akibat perubahan pola makan. Namun demikian, penyakit-penyakit tertentu bisa juga mengurangi nafsu makan bagi anak-anak atau orang dewasa. Diantaranya penyakit radang tenggorokan, hepatitis dan demam.

Nenek moyang kita sering menggunakan bahan-bahan alami untuk meningkatkan nafsu makan. Dan berikut ini cara menambah nafsu makan dengan ramuan tradisional. Atau orang tua dulu sering menyebutnya sebagai jamu tradisional penambah nafsu makan.

Jika Anda sedang dalam program menggemukkan badan atau menambah berat badan, tentu informasi ini menjadi informasi yang cukup penting.

Daun Kenikir

Bahan: Daun kenikir segar sebanyak 100 gram.
Cara pengobatan: Daun kenikir segar dicuci bersih, kemudian dimakan sebagai lalapan mentah.

Kesumba keling dan madu

Bahan: 1/2 genggam daun kesumba keling, 1 sendok makan madu, air sebanyak 3 gelas.
Cara pengobatan: Daun kesumba keling dicuci bersih lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan dibagi untuk 3 kali minum bersama dengan madu.

Temulawak

Bahan: 30 gram rimpang temulawak, 1 sendok teh gula aren, dan 3 sendok makan air bersih.
Cara pengobatan: Parut rimpang temulawak hingga halus, kemudian tambahkan air 3 sendok makan. Peras parutan rimpang temulawak tersebut kemudian saring airnya. Tambahkan gula aren pada air perasan tersebut dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini tiga kali sehari.

Brotowali

Bahan: Tiga helai daun brotowali, Dua jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil, Dua gelas air.
Cara pengobatan: Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Masukkan dalam wadah (lebih baik dari tanah liat). Kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan tertutup sampai tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin, saring air rebusan. Minum sekali sehari satu gelas, lakukan selama beberapa hari.

Rimpang Temu Putih

Bahan: 25 gram rimpang temu putih dan air bersih 2 gelas.
Cara pengobatan: Tumbuk rimpang temu putih hingga halus, kemudian tambahkan 2 gelas air. Saring dan minum airnya dua kali sehari.

Daun Pepaya

Bahan: Satu helai daun pepaya, Garam dapur secukupnya, Setengah gelas air matang
Cara pengobatan: Setelah dicuci bersih, lumatkan daun pepaya lalu tambahkan air dan garam. Setelah itu, peraslah sampai keluar airnya. Air perasan diminum sekaligus. Lebih baik minumlah pada pagi hari. Meramunya juga pada pagi hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari.

Biji Mahoni dan Madu

Bahan-bahannya adalah sediakan serbuk biji mahoni sebanyak setengah sendok teh, madu satu sendok makan air panas setengah gelas.Cara membuatnya yaitu serbuk mahoni diseduh dengan setengah gelas air panas lalu tambahkan madu kedalamnya. Diaduk hingga merata. Dikonsumsi dalam keadaan masih hangat sebanyak sehari dua kali.Ramuan ini sangat baik untuk menambah nafsu makan anda.

Daun Pegagan
Ramuan tradisional penambah nafsumakan yang selanjutnya yaitu menggunakan daun pegagan.Cara membuatnya yaitu daun pegagan terlebih dahulu dicuci sampai bersih. Setelah itu, direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit dalam wadah tertutup. Setelah dingin air disaring. Air tersebut dikonsumsi sehari satu kali sebanyak satu gelas. minum secara teratur sampai beberapa hari maka nafsu makan anda akan bertambah.

Lempuyang(lampuyang)

untuk menambah nafsu makan anda yang menurun bisa juga menggunakan ramuan ini.Cara membuatnya yaitu 7 jari lempuyang terlebih dahulu dicuci sampai bersih. Setelah itu, lempuyang diparut. Lalu tambahkan 100ml air, kemudian diperas. Air perasan tersebut dikonsumsi sehari tiga kali, setiap sekali minum sebanyak satu sendok makan. Biasanya dilakukan sebelum makan. Minum secara teratur


Oke, itu dia beberapa ramuan tradisional yang berguna untuk meningkatkan atau menambah nafsu makan Anda. Bagi Anda yang ingin meningkatkan nafsu makan, silahkan coba buat sendiri ramuan tradisional di atas.

Related Posts

13 comments:

  1. Thanks atas informasinya. Sangat berguna bagi saya untuk menambah nafsu makan...

    http://harianandalas.com/

    ReplyDelete
  2. wah kayanya itu daun rasanya pahit semua.. klo buat anak2 bisa kapok tuh gak mau minum lagi.. terimakasih infonya ya,,,

    ReplyDelete
  3. Nice article....

    http://www.penyembuhan-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.luka-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.infeksi-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.sariawan-obat.blogspot.com (sariawan)

    http://www.Sakit-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.sprue-killer.blogspot.com (sariawan)

    ReplyDelete
  4. susu belut ( penambah berat badan )
    http://www.tokobagus.com/iklan/susu-belut-penambah-berat-badan-36261226.html

    ReplyDelete
  5. mamakasi atas infonya bagaus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  6. makasih ya sob atas infonya bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  7. terima kasih info nya. sangat berguna buat anak yang lagi susah makan

    ReplyDelete
  8. thanks atas infonya, selain dengan cara tersebut ada lho cara untuk menambah nafsu makan yang unik. yakni dengan mendengarkan musik. penasaran kan? silahkan klik disini untuk mengetahui cara menambah nafsu makan dengan mendengarkan musik.

    ReplyDelete
  9. akhir2 ini saya kurang nafsu makan gan , kayanya harus di coba tuh bikin jamu tradisional , siapa tahu nafsu makan saya jadi bagus .. hhe

    ReplyDelete
  10. selain itu,,beras kencur juga juga bisa digunakan sebagai penambah nafsu makan, cocok untuk anak kecil karena rasanya juga enak

    ReplyDelete