Cara Menambah Berat Badan dengan Nutrisi dan Makanan Tepat

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/10/cara-menambah-berat-badan.html
Bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat dan tepat? Sebenarnya cara paling efektif untuk menaikkan berat badan adalah dengan makan. Semakin banyak makanan yang kita konsumsi, maka semakin banyak nutrisi yang diserap tubuh. Dan semakin berpeluang bagi Anda memiliki berat badan ideal.

Namun perlu diingat, tidak semua makanan yang Anda makan dapat menaikkan berat badan Anda. Dalam artikel cara menurunkan berat badan yang saya tulis kemarin, beberapa jenis makanan justru berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Nutrisi untuk Menambah Berat Badan


Untuk meningkatkan berat badan, tubuh Anda perlu asupan nutrisi yang tepat. Berikut ini nutrisi yang diperlukan agar berat badan Anda cepat naik:

1. Protein

Protein sangat penting dalam proses penambahan berat badan. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, berat akan didapat dari massa otot yang bertambah dan bukan lemak. Anda dapat mengonsumsi makanan laut seperti salmon dan tuna karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Disamping itu lengkapi dengan susu skim dan selai kacang. Baca: Makanan Sumber Protein.

2. Kolesterol Baik

Tubuh butuh asupan kolesterol untuk menambah berat badan. Pilihlah kolesterol baik yang terkandung dalam ikan bakar dan telur mentah. Telur mengandung banyak nutrisi penting yang dapat mengatasi kekurangan nutrisi. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond untuk menambah asam lemak Omega-3. Baca: Makanan Sumber Omega 3.

3. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat sangat penting untuk dikonsumsi agar tubuh bisa mendapatkan energi. Karbohidrat yang masuk ke tubuh akan pecah menjadi gula dan kemudian memberi energi ke tubuh dan sisanya akan tersimpan sebagai lemak. Maka dari itu, pilih karbohidrat kompleks untuk mengurangi penyimpanan lemak. Mengganti nasi putih dengan nasi merah dan roti dengan roti gandum akan membantu Anda mendapat karbohidrat kompleks. Baca: Makanan Sumber Karbohidrat.

4. Lemak

Kita selalu berpikir bahwa lemak perlu dihindari karena akan membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal tubuh juga membutuhkan asupan lemak. Oleh karena itu makanan berlemak sangat dibutuhkan oleh orang dengan berat badan kurang. Tetapi pilihlah lemak yang baik seperti yang terkandung dalam mentega dan keju. Baca: Makanan Sumber Lemak.

Makanan untuk Menaikkan Berat Badan


Dan berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu Anda menambah berat badan seperti dilansir laman boldsky:

Roti dan Sereal

Menambah berat badan bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi roti setiap hari. Namun jangan sembarangan memilih roti. Sebaiknya pilih yang berbahan gandum demi tubuh berisi sekaligus menyehatkan. Makanan berikutnya yang bisa mendukung program peningkatan berat badan adalah sereal. Hampir sama seperti roti, sebaiknya nikmati sereal berbahan gandum utuh yang bergizi ting

Gandum dan Ubi

Gandung kaya vitamin B3, thiamin atau vitamin B1, zat besi, serat, dan vitamin E. Sereal gandum juga bagus untuk diet Anda. Ubi kaya dengan vitamin. Dalam ubi terkandung vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, ubi juga rendah kalori, khususnya jika dipanggang atau dimasak tanpa gula.

Bayam dan Brokoli

Bayam berguna untuk rambut dan kulit karena kaya zat besi, magnesium, serta vitamin A dan vitamin C. Brokoli merupakan sumber kalsium, potassium, serta vitamin A dan C. Untuk mendapatkan hasil terbaik jangan masak terlalu matang dan hindari memakai saus serta keju berlebihan.

Buah Apel

Apel merupakan contoh serat yang mudah dicerna untuk memerangi kolesterol. Apel juga bagus sebagai sumber vitamin C. Apel mengandung quecertin, plavanoid yang bisa mencegah penyakit kanker. Untuk dapatkan hasil maksimal, makan apel beserta kulitnya setelah dibersihkan.

Blueberry

Blueberry kaya serat, vitamin C, dan antioksidan. Jenis buah berry lainnya juga bisa jadi pilihan yang sama bagusnya. Dimakan saat masih segar atau ditambahkan dalam yoghurt, sereal, dan salad, khasiat berry tetap bagus untuk kesehatan.

Kacang almond

Kacang almond kaya serat dan protein, juga bagus untuk sumber zat besi, magnesium, dan vitamin E. Konsumsi kacang almond mentah atau sudah diolah untuk mendapatkan hasil terbaik. Hindari kacang almond yang sudah dibumbui dengan banyak garam atau diolah dalam bentuk makanan manis, karena buruk untuk program diet Anda.

Kacang merah

Kacang merang memiliki kandungan serat, protein, zat besi, fosfor, magnesium tinggi, dan sejumlah vitamin serta mineral. Tambahkan kacang merah dalam salad atau sup yang Anda buat untuk menambah lezat dan sehat makanan Anda.

Kacang Kedelai

Kedelai mengandung omega 3, kalsium, dan zat besi. Makanan ini popular untuk vegetarian. Selain dimasak biasa, kedelai juga bisa dinikmati dalam bentuk tofu, susu, atau tempe dan tahu.

Ikan Salmon

Sebagian besar jenis ikan dan seafood merupakan pilihan sehat, tapi salmon adalah ikan yang paling bagus dengan kandungan protein serta asam amino omega 3 tinggi. Selain itu, salmon juga rendah kolesterol.

Daging

Daging dan lemak sehat adalah kedua jenis makanan penting untuk menambah berat badan bagi si kurus. Jangan lupa imbangi sayur dan buah jika sudah banyak menikmati daging.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung asam amino dan vitamin yang membantu tubuh bekerja dengan lebih baik. Selain minyak zaitun, biji-bijian dan kacang-kacangan juga disarankan untuk dikonsumsi jika ingin meningkatkan berat badan.

Red wine

Red wine punya fungsi membantu tubuh dalam mencerna daging, bawang putih, dan bawang bombai. Jika dinikmati dalam jumlah yang wajar, red wine ampuh memerangi kolesterol dan meningkatkan berat badan yang menyehatkan.

Selain asupan nutrisi dan makanan yang tepat, Anda tetap perlu menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan olahraga. Semoga berat badan Anda cepat naik dan kepercayaan diri Anda juga meningkat.

Related Posts