Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/11/manfaat-minyak-zaitun-untuk-kesehatan.html
Minyak zaitun atau dikenal juga dengan nama olive oli merupakan minyak nabati yang berasal dari ekstrak buah zaitun. Buah zaitun sendiri berasal dari pohon zaitun, yang memiliki nama latin Olea europaea. Tumbuhan ini masuk ke dalam famili Oleaceae.

Selain dikonsumsi begitu saja, buah zaitun juga biasa digunakan sebagai penyedap makanan. Belakangan ini, buah zaitun lebih sering diambil minyaknya yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari minyak untuk memasak, campuran salad, hingga bahan kosmetik dan perawatan kecantikan.

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, perawatan wajah, kulit rambut dan kuku.

Menyehatkan usus

Senyawa bernama oleuropein aglycone dalam minyak zaitun tepatnya yang berperan dalam menjaga suplai darah ke bagian usus. Selain itu, senyawa tersebut juga mengurangi risiko kerusakan jaringan usus yang disebabkan oleh gejala iskemia - kurangnya aliran darah dalam sel.

Membersihkan wajah

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk membersihkan riasan. Teteskan minyak zaitun di telapak tangan, usapkan ke seluruh wajah lalu gosok perlahan hingga merata. Beri pijatan lembut, bersihkan dengan handuk dan air hangat.

Mengatasi rambut kering

Rambut kering akibat polusi, sengatan matahari dan proses penataan rambut bisa diatasi dengan minyak zaitun. Oleskan minyak zaitun pada akar dan helai rambut dalam kondisi kering.

Lakukan pijatan ringan selama lima menit agar minyak lebih meresap, lalu bungkus rambut dengan handuk panas. Setelah didiamkan selama 20 menit, bilas rambut hingga bersih.

Mencegah rambut rontok

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah untuk mencegah rambut rontok. Zat yang terkadung dalam minyak zaitun tersebut juga bisa mengatur keseimbangan kelembaban di kulit kepala Anda.

Menyehatkan kulit kepala

Minyak zaitun adalah minyak yang sangat baik digunakan untuk pijak di kulit kepala. Tidak hanya membuat pijatan yang bisa merangsang sirkulasi dan mempercepat pengangkatan sel kulit mati pada kulit kepala, sirkulasi meningkat membuat rambut lebih kuat.

Mengatasi gatal di kulit kepala

Bagi kalian yang sering mengalami kulit kepala kering dan gatal, minyak zaitun juga dapat membantu mencegahnya hal tersebut terjadi di kulit kepala dan rambut indah kalian.

Membersihkan Wajah

Membersihkan makeup dengan efektif dan cepat? Minyak zaitun adalah jawaban yang terbaik. Caranya cukup mudah, teteskan pada kapas, kemudian bersihkan bagian wajah yang masih dipenuhi makeup. Minyak zaitun di sini tak hanya membersihkan, tetapi menghaluskan serta mencegah kerutan di wajah.

Merawat kaki

Massage minyak zaitun pada telapak kaki yang pecah-pecah dan kering. Kenakan kaus kaki kemudian bawa tidur. Keesokan harinya Anda akan menemukan rasa halus dan perbaikan kulit di telapak kaki (apabila dilakukan secara rutin.)

Melembabkan bibir

Tak perlu harus memakai lip balm untuk melembabkan bibir, karena mengoleskan minyak zaitun sedikit saja akan melembutkan serta melembabkan bibir. Selain itu, dengan perawatan rutin, bibir akan tampak lebih lembut, lembab, merah dan tidak pecah-pecah.

Menghaluskan kulit tubuh

Konon, Cleopatra juga membubuhkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam air mandinya, sehingga minyak zaitun dapat merawat keseluruhan kulit tubuh. Selain itu, menurut kepercayaan Mesir kuno, minyak zaitun juga membantu penyembuhan lebih cepat melalui mandi.

Menyegarkan Tubuh

Minyak essential oil dari buah zaitun ini, punya efek menyegarkan dan mudah sekali diserap oleh tubuh kita. Sehingga tidak menutupi pori-pori, dan kulit masih bisa bernapas. Minyak ini juga berkhasiat untuk melembabkan dan melembutkan kulit kita, terutama untuk jenis kulit kering.

Untuk scrub

Dalam buku yang berjudul The Passionate Olive yang ditulis oleh Carol Firenze, seperti dikutip dari IndiaTimes, dijelaskan bahwa minyak zaitun dapat membantu mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu regenerasi kulit, melepaskan kulit mati dan memicu pertumbuhan kulit baru.

Sebagai scrub, minyak zaitun dicampurkan dengan garam mandi. Discrub ke seluruh tubuh (kecuali bagian yang kulitnya sensitif seperti paha dalam atau kulit yang terluka.)

Merawat kuku

Untuk menjaga agar kutikel tetap lembab, massage kuku dengan minyak zaitun. Kuku akan lebih lembab, dan bersinar. Karena kuku tidak memiliki kandungan minyak dan kelenjar keringat yang banyak, maka Anda perlu tetap menjaga kelembabannya. Ketika mengalami kekeringan, kuku akan menjadi rapuh. Minyak zaitun bisa membantu menjaga melembabkannya. Caranya, pijat kuku dengan minyak zaitun setiap malam hari. Lakukan ini tiga kali seminggu untuk mengobati kuku yang rapuh.

Oke, dewasa ini minyak buah zaitun memang akrab dengan para wanita. Hal ini karena khasiatnya yang bagus untuk perawatan kecantikan.

Related Posts