1001 Manfaat Bawang Putih dan Kandungan Gizinya

shares |

ADVERTISEMENT

Mengenal beragam manfaat dan khasiat bawang putih serta kandungan nilai gizi yang terdapat di dalamnya.
http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/1001-manfaat-bawang-putih-dan-kandungan.html
Info Kesehatan - Bawang putih merupakan bawang yang warnanya putih. Berbeda dengan bawang merah yang warnanya merah. Sementara bawang daun warnanya daun. Eh, bukan. Bawang daun atau daun bawang yaitu daunnya tanaman bawang. Hehe, tidak ilmiah sekali penjelasannya. Ah, tentunya pembaca sudah pada tahu seperti apa bentuk bawang putih, bawang merah dan daun bawang.

Bawang putih banyak digunakan sebagai bumbu masak dasar yang tidak boleh terlewat dalam setiap masakan. Akan tetapi, selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga berkhasiat sebagai obat-obatan untuk berbagai macam penyakit.

Bawang putih dalam keadaan mentah mengandung senyawa sulfur termasuk zat kimia bernama Alliin. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

Nilai Kandungan Gizi Bawang Putih Mentah per 100 g (3.5 oz)
  • Energi 623 kJ (149 kcal)
  • Karbohidrat 33,06 g
  • Gula 1.00g
  • Diet serat 2,1 g
  • Lemak 0,5 g
  • Protein 6,39 g
  • Beta-karoten 5 mg (0%)
  • Thiamine (Vit. B1) 0,2 mg (15%)
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,11 mg (7%)
  • Niacin (Vit. B3) 0,7 mg (5%)
  • Asam pantotenat (B5) 0,596 mg (12%)
  • Vitamin B6 1,235 mg (95%)
  • Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)
  • Vitamin C 31.2 mg (52%)
  • Kalsium 181 mg (18%)
  • Zat Besi 1,7 mg (14%)
  • Magnesium 25 mg (7%)
  • Fosfor 153 mg (22%)
  • Kalium 401 mg (9%)
  • Sodium 17 mg (1%)
  • Seng 1,16 mg (12%)
  • Mangan 1,672 mg
  • Selenium 14.2 mg
Sumber: USDA Nutrient database

Nah, setelah anda mengetahui kandungan yang terdapat dalam baunya bawang putih, maka Anda perlu tahu juga apa saja manfaat dan khasiat bawang putih. Berikut ini penjelasannya.

1. Mencegah Kanker

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Jika Anda adalah perokok berat, Anda boleh mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dan mencegah kanker.

2. Anti Radang

Bawang putih mengandung anti-peradangan. Sehingga jika Anda mengalami demam, atau sakit tenggorokan, cukup hanya mengunyah bawang putih dan hasilnya tenggorokan Anda akan segera kembali fit.

3. Anti Bakteri

Bawang putih juga merupakan anti-bakteri yang baik. Apabila Anda mengalami infeksi pencernaan, maka campurkan cacahan bawang putih mentah di dalam salad. Pencernaan Andapun akan semakin lancar.

4. Menyuburkan rambut

Bawang putih dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Dengan kandungan Allicin yang tinggi, mirip senyawa belerang yang ditemukan pada bawang merah, yang dipercaya efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Gosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala lalu pijat-pijat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa juga bawang putih ditambahkan minyak, lalu dipijatkan ke kepala.

5. Membersihkan jerawat

Mungkin tidak ditemukan sebagai bahan utama dalam obat jerawat yang ada di apotek, tetapi bawang putih merupakan obat alami yang mampu mengusir jerawat karena mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri. Gosokkan satu irisan bawang putih pada jerawat di wajah perlahan-lahan.

6. Mencegah dan mengobati flu

Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, menjadikan sistem imun tubuh manusia mendapatkan manfaat jika bawang putih secara konstan di masukkan dalam menu sehari-hari. Jika flu menghampiri, cobalah menyeruput teh bawang putih : masukkan irisan atau cincang halus bawang putih dalam air panas untuk beberapa menit kemudian saring. Teh siap diminum. Dapat juga ditambahkan sedikit madu atau jahe untuk menambah rasa.

7. Menyembuhkan penyakit kulit

Karena telah terbukti memiliki khasiat anti radang, bawang putih berguna mengurangi terjangkitnya penyakit kulit. Coba olesi sedikit minyak bawang putih di area yang terinfeksi untuh hasil kulit yang lebih halus.

8. Mengontrol berat badan

Ahli gizi Cynthia Sass menyebutkan penelitian pada tikus yang makan bawang putih menunjukkan adanya pengurangan berat badan dan penyimpanan lemak. Cobalah untuk memasak setiap dengan menggunakan bawang putih menghasilkan makanan yang lezat dan pinggang yang ramping.

9. Mengatasi Keracunan

Antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih juga mampu membantu mengusir racun dari dalam tubuh. Manfaat ini tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat membantu memperlambat penuaan dini.

10. Meredakan Nyeri

Jika Anda menderita arthritis, hancurkan bawang putih mentah kemudian kompreskan pada bagian lutut atau tulang yang nyari. Bawang putih akan meredakan nyeri tersebut.

11. Pertolongan Pertama Keracunan Merkuri

Keracunan akibat merkuri atau arsenik juga dapat diringankan dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Namun, pertolongan ini hanya berfungsi sebagai pertolongan pertama saja. Segera dapatkan perawatan intensif dari dokter jika Anda mengalaminya.

12. Menyembuhkan luka serpihan

Menempatkan sepotong bawang putih di atas luka serpihan kaca kemudian menutupinya dengan balutan perban merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan oleh sebagian masyarakat. Para blogger meyakini akan hal tersebut sampai sekarang.

13. Menghilangkan Gatal Akibat Jamur

Dengan sifat anti-jamurnya, bawang putih dapat menjadi obat mujarab bagi atlet untuk menghilangkan rasa gatal di kaki. Rendam kaki dalam bak berisi air hangat dan cincangan bawang putih.

14. Mengusir Nyamuk

Salah satu penelitian di India menemukan bahwa orang-orang yang menggosokkan ramuan bawang putih di lengan dan kaki mereka, tidak terganggu oleh binatang penghisap darah tersebut. Buatlah larutan minyak bawang putih, minyak jeli dan lilin lebah atau tempakan sesiung bawang putih di tempat tertentu sebagai penangkal nyamuk.

15. Menyembuhkan sariawan

Menurut situs ECOSALON, bawang putih mengandung suplemen yang dapat membantu proses penyembuhan pada masalah sariawan . Dengan adanya sifat alami anti-inflamasi membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

16. Zat Perekat Alami

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana lengketnya jari Anda setelah memotong bawang putih? Bawang putih mengandung bahan perekat alami yang berkualitas dimana banyak orang meyakini dan menggunakannya untuk memperbaiki keretakan pada benda kaca. Hancurkan beberapa cengkeh dan beberapa siung bawang putih kemudian oleskan bahan tersebut ke bagian yang akan direkatkan.

17. Mengusir Hama Tanaman

Hama tanaman tidak suka bawang putih. Gunakanlah pestisida alami yang terbuat dari bawang putih, minyak mineral, air, dan sabun cair. Tuang ke dalam wadah penyemprot dan semprotkan ke tanaman.

18. Campuran Umpan Pancing

Bagi anda yang suka memancing, gunakanlah bawang putih sebagai campuran umpan. Ikan sangat tertarik denga aroma bawang putih yang ditautkan pada umpan.

19. Melancarkan Peredaran Darah

Mengunyah bawang putih merah juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

20. Mengatasi Diabetes

Apabila Anda menderita diabetes, bawang putih juga baik untuk membantu mengontrol jumlah kadar gula di dalam darah.

Manfaat bawang putih yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil saja dari 1001 khasiat yang terkandung pada bawang putih. Mengingat banyaknya manfaat dari si putih ini, ada baiknya kita selalu menyimpan persediaan bawang putih di dapur. Tidak perlu khawatir membusuk, karena bawang putih termasuk bumbu dapur yang tahan lama asalkan disimpan di tempat yang kering.

Related Posts

56 comments:

  1. waauuuwww klo bgitu stiap hari ak makan bwang putih aj
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih, informasinya sangat bermanfaat....

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas infonya tentang manfaat bawang putihnya sangat bermanfaat sekali untuk menyuburkan rambut saya yang kurang subur dan sering rontok.

    ReplyDelete
  4. Terima Kasih Artikenya Bagus . ternyata Tidak hanya Bumbu Dapur Ba wang Putih mempunyai Segudang Manfaat

    ReplyDelete
  5. terima kasih banyak ya, semoga Tuhan memberkati Anda. amiinn

    ReplyDelete
  6. saya konsumsi juice bawang merah dan bawang putih setiap mau tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus manfaat yang dirasakan apa yaah? saya pengin tau

      Delete
  7. Ternyata Bawang Putih Banyak Manfaatnya!

    ReplyDelete
  8. kawan ... apa bawang putih bisa menambah gairah anu ...?

    ReplyDelete
  9. bwng putih selalu ada d setiap sudut dapur rumah q

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah saya selalu mengkonsumsi siputih dan si merah sebgai bumbu dapur ataupun lalapan.... :)

    ReplyDelete
  11. wah mesti banyak konsumsi bawang putih ya... thanks a lot infonya

    ReplyDelete
  12. Nice article....




    http://www.penyembuhan-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.luka-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.infeksi-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.sariawan-obat.blogspot.com (sariawan)

    http://www.Sakit-sariawan.blogspot.com (sariawan)

    http://www.sprue-killer.blogspot.com (sariawan)

    ReplyDelete
  13. teriama kasih atas oinfonya bagus dan saya sangata suka

    ReplyDelete
  14. dibalik baunya yang tidak enak menyimpan banyak manfaat
    terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  15. terimakasih atas infonya. semoga bermanfaat bawang putih yang selama ini beberapa orang tidak menyukai.

    ReplyDelete
  16. Saya suka menggunakan bawang puting untuk obat sakit gigi, dan juga suka di jadikan masker ke wajah kalau wajah di tumbuhi jerawat, bawang putih memang bayak kegunaannya untuk kebutuhan manusia, terima kasih ya informasinya.

    ReplyDelete
  17. terima kasih di atas infonya mas.. sangat berguna..

    ReplyDelete
  18. he? baru tahu bisa untuk menyuburkan rambut

    ReplyDelete
  19. banyak sekali manfaatnya ya, saya pernah makan mentah-mentah dan rasanya menyegat lidah :'(

    ReplyDelete
  20. Apa bedanya manfaat antara bawang putih biasa dg bawang putih tunggal?

    ReplyDelete
  21. Wah ane mulai membiasakan makan bawang putih satu hari satu biji, mentah gan wkwkwk...

    ReplyDelete
  22. Sy pernah mengalami sakit kepala sampai bagian belakang sampai tiap hari selama 5 hari..saya ingat dng manfaat bawang putih .. Dan ternya اَللّهُ anugrahkan khasiat bagi ciptaanya Ɣaήg bernama bawang putih,,dng izin اَللّهُ ...cespleeeng...ne' awan kunyah telen ...ne' bengi kunyah telen..pokoke ..biarin mambu lambe ne ..sing penting..cekot cekote huuiilaaang...

    ReplyDelete
  23. keren juga ternyata bawang putih,,,semoga banyak masyarakat yang semakin mengenal bawang putih dengan 101 manfaatnya

    ReplyDelete
  24. banyak banget khasiat bawang putih Bro?
    saya mengkonsumsi bawang putih sebagai obat anti kolesterol, lumayan tuh uat nurunin kolesterol tinggi, dan kabarnya bagus juga untuk erapi anti kanker ya?

    ReplyDelete
  25. wah ternyata sederhana tapi manfaatnya ajaib bgt yah ^^ thanks
    Ihsan Magazine
    prediksi bola

    ReplyDelete
  26. begitu byk manfaat bwg putih nie..bagus utk kesihatan

    ReplyDelete
  27. tolong inviet ping BB 24CD562D Yaa..//

    ReplyDelete
  28. thx atas infornya gan, jangan lupa mampir juga ke forum ane ya gan www.asikbookie.com :) share pengetahuan agan juga di tempat ane , hehehe, thx gan

    ReplyDelete
  29. Bawang putih memang antara herba yang terawal di dunia digunakan untuk merawat penyakit. Di sini, saya ingin berkongsi bersama 10 keajaiban bawang putih di halaman http://healthmassa.com/10-keajaiban-bawang-putih-untuk-kesihatan/

    ReplyDelete
  30. nice share gan..
    http://asegbgt.blogspot.com/

    ReplyDelete
  31. bos blog http://manfaatnyasehat.blogspot.com di jual gak bos, bila berniat untuk menjualnya hub saya ya bos di joko_warino@ymail.com

    ReplyDelete
  32. Bawang putih banyak manfaatnya, namun tidak boleh berlebihan, sebab bawang putih memiliki efek negatif seperti : bau nafas dan badan, alergi, mengurangi produksi sperma
    Terima kasih infonya, mampir ya ke Toko herbal online

    ReplyDelete
  33. gak nyangka banget,,, bawang putih banyak manfaatnya.
    kirain,, cuma bisa bkin masakan jd harum

    ReplyDelete
  34. alhamdullilah..banyak betul kegunaan bawah putih ni ye..salah satu yang saya tahu ialah mengurangkan Angin Dalam Tubuh/ Perut kita ni.

    Mari la singgah di blog saya dan baca pos khasiat dan manfaat bawang putih yang saya tulis.

    ReplyDelete
  35. sungguh mencengangkan ternyata y kandungan dan mnafaat dari bawang putih ini
    thanks,admin


    kapsul ekstrak bawang putih

    ReplyDelete
  36. Kalau butuh bawang dayang << klik aja di sini
    Disebut jg bawang berlian, banyak khasiatnya seperti diabetes, kolestrol, dll.

    ReplyDelete
  37. Wow banyak sekali manfaat bawang putih ya gan , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete
  38. Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat. Untuk informasi kesehatan bisa kunjungi Obat Tradisional senang bisa berbagi

    ReplyDelete