Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B2 (Riboflavin)

shares |

ADVERTISEMENT

Sumber Vitamin B2
Vitamin B2 atau Riboflavin merupakan bagian dari vitamin b komplesk yang sangat berperan penting dalam metabolisme energi. Yaitu mengkonversi karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu, vitamin B2 ini juga berperan sebagai antioksidan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti cheilosis (bibir meradang), stomatitis angular (sudut mulut pecah), glossitis (lidah licin berwarna keunguan), dan bisa mengakibatkan bayi lahir sumbing dan gangguan pertumbuhan. Untuk mencegah terserang penyakit-penyakit tersebut, maka anda harus mencukupi kebutuhan vitamin B2 harian.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung Vitamin B2 yang bisa Anda masukkan dalam menu harian anda.

Makanan Sumber Vitamin B2 Nabati


1. Jamur

Kandungan vitamin B2 pada 100 gram jamur adalah 0,31 mcg. Jamur sendiri bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, antibakterial, antitumor, sehingga mampu untuk dimanfaatkan dalam pengobatan lever, anemia, diabetes, dapat juga menurunkan berat badan. Jadi jangan enggan mengkonsumsi jamur. Karena jamur sudah lebih enak dihidangkan dalam masakan seperti sambal, sup, nasi goreng, dan lainnya.

2. Bayam

Kandungan vitamin B2 pada bayam adalah 0,189 mcg setiap 100 gram bayam. Selain mengandung vitamin B2 yang baik, bayam mengandung vitamin K dimana fungsinya lebih efektif dibandingkan vitamin E pada sayuran ini. Sehingga bayam memiliki manfaat sebagai perawatan kulit, anti penuaan dini, serta membuat kulit tampak lebih indah.

3. Tomat

Kandungan vitamin B2 pada tomat 100 gram adalah 0,49 mcg. Tomat lebih banyak digunakan dalam bumbu masakan, pizza, atau masakan lainnya. Sekarang menemukan tomat olahan pun dalam bentuk botos saus, cabe, telah dapat ditemukan. Sehingga kebutuhan akan tomat sehari-hari pun tidak akan terkurangi asal dipenuhi.

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai juga memiliki kandungan gizi terutama vitamin B2 yang baik. Kandungan vitamin B2 pada kacang kedelai 100 gram ini adalah 0,76 mcg. Manfaat kacang kedelai ini banyak. Sudah dikenal di Indonesia sebagai makanan murah meriah kaya akan gizi. Seperti tempe dan tahu merupakan makanan dengan bahan dasarnya kacang kedelai. Bahkan kacang kedelai bisa dipadukan menjadi susu kedelai.

5. Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin B2 sebanyak 1,01 mcg dalam takaran 100 gram. Manfaat kacang almond sendiri adalah sebagai penurun kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang dan menjaga kecantikan. Kacang almond di jaman sekarang ini lebih banyak digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan coklat.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Kacang Almond

6. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Diantaranya adalah vitamin B1 mengandung 0.143 mg, vitamin B2 mengandung 0.141 mg, vitamin B3 mengandung 0.978 mg, vitamin B5 mengandung 0.274 mg, vitamin B6 mengandung 0.091 mg.

7. Brokoli

Brokoli misalnya. Sayuran hijau ini mengandung banyak vitamin dan mineral untuk tubuh. Menurut kandungan gizi yang terkandung pada brokoli, terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A mengandung 228.07 RE, vitamin B1 mengandung 0.09 mg, vitamin B2 mengandung 0.18 mg dan masih banyak lagi vitamin yang terkandung di dalam brokoli.

Makanan Sumber Vitamin B2 Hewani


8. Susu

Pada susu sapi, vitamin B2 bermanfaat dalam membantu memperbaiki penglihatan pada mata. Kandungan vitamin B2 pada susu kedelai 250 ml adalah 0,1 mcg. Sedangkan kandungan vitamin B2 pada susu kedelai rendah lemak adalah 11 mcg. Walaupun rasanya yang memang berbeda dengan susu sapi pada alaminya, susu kedelai sendiri kini sudah banyak menggantikan susu sapi. Bahkan dengan kandungan gizi yang tidak kalah dengan susu sapi.

9. Telur

Kandungan vitamin B2 pada telur, terutama telur ayam yang direbus dengan kandungan 100 gram adalah 0,5 mcg. Telur merupakan makanan yang paling digemari di Indonesia. Biasanya menjadi sarapan di pagi hari. Telur ayam memang banyak ditemui di mana pun. Untuk itu tidaklah sulit memenuhi kebutuhan vitamin B2 dengan telur ini. Bahkan kandungan gizinya lebih lengkap dibandingkan daging dan susu. Selain itu telur juga bermanfaat untuk mengatasi kekurangan zat besi.

10. Hati

Kandungan vitamin B2 pada hati 100 gram yaitu 4,6 mcg. Sangat banyak untuk ukuran vitamin B2 yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Hati ini bisa hati ayam, sapi atau kambing. Walaupun bermanfaat dan mengandung vitamin B2 yang tinggi, tidak dianjurkan memakan hati daging ini dalam keseharian. Karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

11. Keju

Keju yang merupakan makanan olahan dari susu juga banyak mengandung vitamin B2. Kandungan vitamin B2 pada keju sendiri dalam 100 gram yaitu 0,163 mcg sampai 0,382 mcg tergantung jenis dari keju tersebut. Keju yang sekarang ini dikemas dalam bentuk modern memiliki beberapa manfaat. Keju dapat menjaga fungsi-fungsi syaraf tubuh, kemudian dapat sebagai pembentukan tulang dan gigi, lalu mampu meredakan stress serta insomnia.

12. Ikan Kembung

Pada ikan juga mengandung banyak vitamin B2. Dengan demikian tentu banyaknya jenis ikan membantu anda memenuhi kebutuhan akan vitamin B2. Seperti ikan kembung yang memiliki kandungan vitamin B2 sebanyak 0,54 mcg dalam 100 gramnya.

13. Ikan Salmon

Lalu ikan salmon mengandung vitamin B2 sebanyak 0,49 mcg dalam 100 gramnya. Sedangkan ikan forel mengandung vitamin B2 sebanyak 0,42 mcg dalam 100 gramnya. Walaupun ikan lainnya juga banyak mengandung vitamin B2, namun ikan-ikan ini lebih banyak ditemui di lautan amerika dan eropa.

Nah, itulah dia beberapa sumber makanan yang mengandung Vitamin B2 alias Riboflavin. Tidak terlalu sulit bukan, untuk mendapatkan makanan-makanan tersebut?

Related Posts