Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

shares |

Sumber Vitamin B5
Vitamin B5 atau dikenal dengan nama Asam Pantotenat adalah bagian dari vitamin B kompleks selanjutnya yang akan kita bahas di sini. Seperti jenis vitamin B lainnya, Vitamin B5 juga berperan penting dalam proses metabolisme karbohidrat menjadi energi. Asam Pantotenat termasuk koenzim bagi tubuh dan termasuk koenzim A. Fungsinya untuk mengkonversi lemak menjadi energi. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam penyembuhan luka, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan membantu vitamin A dalam menjaga kesehatan mata.

Dalam dunia kecantikan, vitamin B5 dikenal dapat membantu pertumbuhan rambut, menghilangkan bekas jerawat dan menjaga kesehatan kulit. Berikut ini kami pilihkan beberapa jenis makanan yang mengandung Vitamin B5 untuk memenuhi kebutuhan vitamin B5 harian anda.

Buah dan Sayuran yang Mengandung Vitamin B5


1. Buah Alpukat

Seperti buah apel, buah alpukat juga merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi. Buah alpukat ukuran medium satu buah mengandung 2,792 mcg vitamin B5. Jumlah yang sangat besar dibanding buah-buahan lainnya.

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin juga mineral. Untuk vitamin B5 sendiri pada brokoli mengandung 0,48 mcg setiap setengah cangkir yang telah dimasak. Cukup banyak jika Anda makan 3 kali sehari dengan setiap kalinya mengkonsumsi satu cangkir, Anda sudah hampir 50% memenuhi kebutuhan harian vitamin B5 Anda.

3. Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan karena membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor, yang semua berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin B5. Dalam satu buah pisang ukuran sedang mengandung 0,394 mcg vitamin B5.

4. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang kaya nutrisi. Namun, sayuran yang satu ini masih cukup sulit ditemui di Indonesia. Kandungan Vitamin B5 yang terdapat dalam setengah cangkir Asparagus adalah 0,203 mcg.

5. Wortel

Selama ini wortel dikenal sebagai sayuran yang mengandung vitamin A. Namun, sayuran berwarna orange yang baik untuk kesehatan mata ini juga mengandung vitamin B5. Wortel sebanyak setengah cangkir mengandung 0,181 mcg vitamin B5.

6. Buah Apel

Buah apel memang dikenal sebagai buah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Bahkan ada ungkapan "satu buah apel setiap dapat menjauhkan Anda dari Dokter". Artinya mengkonsumsi apel setiap hari dapat menangkal berbagai macam penyakit. Hal ini karena apel mengandung banyak vitamin dan mineral yang berkhasiat bagi kesehatan, termasuk Vitamin B5. Dalam satu buah dengan ukuran medium mengandung 0,111 mcg vitamin B5.

7. Kubis

Kubis atau kembang kol masih bersaudara dengan brokoli. Sayuran yang satu ini mengandung cukup banyak Vitamin B5. Kubis satu setengah cangkir mengandung 0,13 mcg vitamin B5.

8. Biji Bunga Matahari

Satu ons biji bunga matahari kering mengandung 1,996 mcg vitamin B5. Biji bunga matahari atau lebih sering dinamakan kwaci ini makanan yang disenangi oleh hewan hamster. Namun manusia pun juga bisa memakannya karena biasanya biji bunga matahari ini disajikan sebagai cemilan. Walaupun begitu untuk Anda menghabiskan satu ons biji bunga matahari terlihat agak sulit. Lebih baik tetap mengkonsumsi sumber makanan yang lain namun tetap juga mengkonsumsi biji bunga matahari sebagai selingan.

9. Labu

Labu juga mengandung vitamin B5 loh. Satu cangkir labu entah itu dimasak, direbus mengandung vitamin B5 sebanyak 0,492 mcg. Tidak semua orang menyukai labu, begitu juga sayuran ini tidak semua ditemukan di pasar.

10. Jagung

Jagung juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin B5. Jagung merupakan sayuran yang cukup banyak ditemui di Indonesia. Satu jagung besar bisa mengandung vitamin B5 sebanyak 0,935 mcg. Jagung sering dijadikan masakan sayur bersama sayur bayam dalam sup. Jagung juga sudah lebih sering dijadikan makanan cemilan seperti jagung bakar atau makanan ringan seperti pop corn.

11. Kacang-kacangan

Banyak ternyata kacang-kacangan yang mengandung vitamin B5. Seperti kacang almond 1 ons mengandung 0,133 mcg vitamin B5. Gandum 100 gram masak mengandung 0,135 mcg vitamin B5. Kacang brazil 1 ons mengandung 0,052 mcg vitamin B5. Gandung hitam 100 gram mengandung 1,233 mcg vitamin B5. Kacang mete per ons per cangkir mengandung 0,245 mcg vitamin B5. Kacang kenari 10 biji mengandung 0,465 mcg vitamin B5. Biji rami satu cangkir mengandung 0,101 vitamin B5. Dan masih banyak lagi kacang-kacangan yang banyak mengandung vitamin B5.

Sumber Vitamin B5 Daging, Ikan, dan Unggas


Konsumsi daging, ikan, dan unggas dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan salah satu dari vitamin B kompleks ini. Karena kebanyakan vitamin B memang banyak terkandung dalam daging, ikan dan unggas. Walaupun sangat banyak kandungan vitamin B5 dalam daging, ikan dan unggas, namun memenuhi sejumlah kecil konsumsi daging saja, sudah cukup untuk pemenuhan kebutuhan vitamin B5 Anda. Karena memang asam pantotenat sendiri dibutuhkan oleh tubuh dengan dosis 4-7 mcg. Lebih sedikit dibandingkan vitamin B lainnya.

12. Hati

Seperti yang dijelaskan diatas, maka daging yang banyak mengandung vitamin B5 adalah organ hati. Berapakah tepatnya? Satu slice daging hati ini (2,4 ons) mengandung kebutuhan vitamin B5 sebanyak 50% yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun daging hati ini juga tentu banyak mengandung lemak dan kolesterol. Jika Anda dalam program diet, tidak mengkonsumsi daging hati ini untuk memenuhi kebutuhan vitamin B5 juga tidak masalah. Karena kami akan menjabarkan sumber vitamin B5 lainnya.

13. Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk ikan yang berada di perairan dingin. Ikan salmon memang terkenal dengan banyaknya kandungan gizi yang telah dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya ikan salmon banyak mengandung vitamin B5. Selain tentu ikan salmon salah satu ikan yang banyak mengandung protein, lemak omega-3 dan nutrisi lainnya. Ikan salmon dan sejenisnya ini mampu memenuhi 20% kebutuhan vitamin B5 harian tubuh Anda.

14. Telur

Telur ternyata juga mengandung vitamin B5 loh. Karena telur merupakan sumber makanan alami favorit di Indonesia, sehingga sangat mudah berarti untuk memenuhi kebutuhan vitamin B5 harian Anda. Sebenarnya dari telur hanya kuning telurlah yang mengandung vitamin B5 ini. Namun dalam masakan biasanya antara kuning telur dan putih telur bercampur. Jika pun terpisah tidak ada salahnya mengkonsumsi putih telurnya juga. Hanya 5% saja yang mampu dipenuhi dari kuning telur untuk kebutuhan vitamin B5 harian Anda.

Kebutuhan Vitamin B5 harian tubuh kita cukup sedikit dibanding kebutuhan vitamin B kompleks lainnya. Dengan dosis 4-7 mcg per hari yang dibutuhkan tubuh, sangat tidak rasional jika Anda masih tidak bisa memenuhinya.

Related Posts