Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/08/manfaat-buah-pisang-untuk-kesehatan.html
Pisang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak terdapat di Indonesia. Hampir di setiap daerah di Indonesia selalu terdapat pohon pisang. Selain buahnya yang dapat dikonsumsi, beberapa bagian dari pohon pisang juga bisa dijadikan bahan makanan. Salah satunya adalah jantung. Daun pisang juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pembungkus.

Buah pisang mengandung banyak nutrisi seperti kalium dan asam folat yang baik dikonsumsi ibu hamil untuk membantu perkembangan janin.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan karena membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor, yang semua berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, juga kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan


Salah satu manfaat pisang yang paling utama adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti melancarkan buang air besar dan mengobati sakit maag. Pisang mampu menetralkan cairan asam lambung, untuk mengurangi iritasi akibat maag dengan melapisi permukaan lambung secara unik. Hal ini menjadikan pisang sebagai buah yang aman dikonsumsi penderita maag.

1. Masker Buah Pisang Mengobati Jerawat

Hancurkan daging buah pisang yang telah matang atau menguning secukupnya, lantas oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat, lalu bersihkan. Ulangi selama beberapa hari hingga jerawat hilang dan kulit bersih.

2. Masker Buah Pisang Menghaluskan Kulit Wajah

Selain itu, bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kasar dan kering, daging buah pisang pun bisa jadi solusi. Caranya, hancurkan pisang dan tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan sebagai masker pada wajah yang bermasalah. Rasakan betapa kulit wajah akan berubah menjadi halus dan lembut.

3. Kaya Vitamin dan Serat

Pisang memiliki lebih dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel yang diketahui sebagai buah penangkal kunjungan ke dokter. Pisang juga kaya akan potasium.

4. Sumber Energi

Dengan mengkonsumsi dua pisang sehari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi ketika melakukan aktifitas sehari-hari.

5. Mengalirkan oksigen ke otak

Karena kaya akan potasium, maka pisang membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

6. Melancarkan Buang Air Besar

Bagi yang sering mengalami kesulitan buang air besar, santaplah pisang. Ini membantu mengembalikkan kelancaran pembuangan sisa tubuh.

7. Meningkatkan mood

Pisang membantu meningatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari.

8. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi wanita yang sering mengalami nyeri ketika haid, tidak perlu mengonsumsi obat-obatan atau zat berbahaya bagi tubuh. Hanya dengan buah ini, keram di perut dan nyeri di perut dapat berkurang

9. Mengobati Sakit Maag

Ketika telat makan dan perut sudah mulai pedih, makanlah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang diketahui memiliki zat penangkal asam dalam tubuh.

10. Mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk yang sangat menganggu dan gatal dapat hilang ketika kulit pisang dioleskan secara pelan-pelan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

11. Menyembuhkan Luka Bakar

Caranya cukup dengan menumbuk pisang matang hingga lembek, dan sebarkan di area yang yang terbakar atau luka untuk meredakan rasa perih. Kemudian balut dengan perban kain untuk hasil terbaik.

12. Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Selain kaya akan potassium, pisang juga mengandung banyak asam folat. Asam folat yang dikandung pisang juga sangat baik bagi pertumbuhan janin, sehingga disarankan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi buah ini.

Nah, ternyata buah pisang yang banyak terdapat di sekitar kita memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menyukai buah pisang.

Related Posts

58 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Buah untuk supaya rambut bayi pada janin subur gimana?

    ReplyDelete
  3. saya ucapakan terimakasih tasa informasainya

    ReplyDelete
  4. Info yang sangat bermanfaat, tapi saya mau nanya nih, gimana dengan khasiat pisang yang telah digoreng atau dimasak, apakah kandungannya tidak rusak atau hilang, mohon penjelasannya, tks.

    ReplyDelete
  5. wah ternyata banyak manfaat pisang,

    dari sekarang sy mau rajin makan pisang.

    artikelnya bermanfaat, terima kasih

    ReplyDelete
  6. ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dengan mengkonsumsi buah pisang. Terimakasih untuk infonya mas :)

    ReplyDelete
  7. Waah ternyata pisang itu kaya akan manfaatnya yah, baru tau saya, harus rajin-rajin makan pisang nih :)

    ReplyDelete
  8. itu kan buah nya, klo kulitnya sendiri ada manfaatnya jga ga?

    ReplyDelete
  9. itu kan buah nya, klo kulitnya sendiri ada manfaatnya jga ga?

    ReplyDelete
  10. mmm banayak juga ya mnfaat pisang ternyata bisa utuk obat sakit haid juga .. terimaksih banayk infonya...

    ReplyDelete
  11. pisang emang jos banget, bahkan ada mitos yang berbunyi "semakin bengkok pisang maka semakin enak" tapi itu hanya mitos yang jelas pisang bagus lah buat kesehatan

    ReplyDelete
  12. ada banyak jenis pisang.. apakah manfaatnya sama semuanya..? yang dimaksud di sini jenis pisang apa ya?
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  13. tips yang bermanfaat sekali trimaksih.,,sekedar share dan berbagi Bagi Anda ingin cepat hamil??
    Ikuti petunjuk

    ibu Rosdiana Ramli SpOG

    konsultasi gratis,,

    Silahkan klik di

    Tips Hamil Anda

    :-)

    ReplyDelete
  14. Terima kasih atas artikelnya, dengan membaca artikel di atas saya jadi mengerti baik tentang pengertiannya maupun tentang pemahaman arah dan tujuannya.

    ReplyDelete
  15. terimakasih banyak atas infonya, sangat bermanfaat gan.

    ReplyDelete
  16. Buat anda yang mempunyai masalah jerawat dan menginginkan wajah putih dan bersih bisa cek website saya.. dijamin bagus dan sudah bersertifikat POM.. maaf mas admin numpang promo...
    http://putriskincare.blogspot.com/2014/02/tips-memilih-cream-pemutih-wajah-yang.html

    ReplyDelete
  17. terimakasih atas tipsnya..
    jika untuk ibu hamil di sarankan berapa kali dalam sehari?
    dn jenis pisang apa yang cocok?
    terimakasih ;)

    ReplyDelete
  18. wahhh ternyata buah pisang banyak manfaatnya,, thanks infonya :)

    ReplyDelete
  19. hah? pisang juga bisa menyembuhkan luka bakar?
    baru tau saya.
    nice info deh.
    mampir ya! http://www.dunia-artikelku.com/

    ReplyDelete
  20. dita purwatiningsihAugust 28, 2014 at 4:30 PM

    thanks saya jadi tau manfaat buah dan sayur

    ReplyDelete
  21. baru tau saya kalo buah kulit buah pisang bisa mengurangi gatal pada kulit yang di gigit nyamuk...thx infonya..,salam hangat

    ReplyDelete
  22. Emang ga rugi deh kalo tau manfaat buah2an kaya pisang...
    Semua dari buah sampai pohonya bisa bermanfaat :)

    nice info :D

    ReplyDelete
  23. Buah pisang merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia. Itu bagus karena manfaat pisang sebenarnya sangat banyak. Pisang mudah di dapatkan di berbagai belahan dunia dan rasanya juga disukai oleh banyak orang. Pisang juga memiliki nutrisi dan manfaat yang sangat banyak. Intip disini yuuu http://penulispro.com/makan-pisang-yuk-pelajari-manfaat-pisang-dan-kandungannya/21029/

    ReplyDelete
  24. katanya untuk awet muda juga bisaya sist?
    terimakasih ;)

    silahkan mampir http://veriska.com/

    ReplyDelete
  25. selain untuk ibu hamil juga bermanfaat ga sist?
    terimakasih ;)

    visit to http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  26. yuuppss... ini baru pas buat tetangga sya, biar dia gak bingung mau ngasih makan apa buat bayi yg lgi di kandung..
    makasih gan info nya.. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  27. Terimakasih atas informasi yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  28. Nice! memang pisang hebat sekali buah ini, bahkan dicantumkan dalam Al Quran
    Keistimewaan Manfaat Buah Pisang dalam Al Quran

    ReplyDelete
  29. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete
  30. biar manfaatnya cepet terasa, harus konsumsi berapa lama min? thanks
    Inzanami

    ReplyDelete
  31. jika ditambah dengan cara perawatannya dari buah pisang untuk kecantikan wanita, maka akan lebih bagus lagi. namun secara keseluruhan sudah lengkap :)

    ReplyDelete
  32. Thank you for presenting information that's very interesting.

    ReplyDelete
  33. Orang tua saya juga pernah bilang kalau pisang bisa jaga kesehatan jantung, benar gak yah?

    ReplyDelete
  34. lumayan nambah info nih buat saya pribadi :)

    ReplyDelete