Cara Membuat Masker Kulit Wajah Alami

Masker Wajah
Di zaman sekarang ini, perawatan untuk kecantikan kulit wajah sangat beragam. Dari mulai perawatan di salon-salon kecantikan hingga perawatan tradisional di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya dengan menggunakan masker yang terbuat dari buah-buahan, sayuran dan bahan alami lainnya. Bahkan yang sekarang yang sedang populer adalah masker putih telur.

Namun tentu saja tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membuat masker untuk merawat wajah dan kulit. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi resep cara membuat masker alami untuk kecantikan kulit wajah.

Masker Alpukat untuk kulit kering

Alpukat memiliki kandungan lemak yang berkhasiat melembabkan kulit. So, cocok banget buat kulit yang kering supaya lembab, lembut dan kenyal.

Caranya: lumatkan 1 buah alpulat, campur dengan 1 sendok makan madu dan aduk rata. Oleskan merata pada wajah, biarkan selama sekitar 10 menit hingga mengering. Bilas dengan air hangat dan spons wajah yang lembut.

Masker Jeruk untuk kulit normal / berminyak

Masker ini cocok digunakan terutama pada saat udara panas. Fungsinya untuk menghaluskan kulit wajah dan membuatnya terasa kencang, namun tidak kering.

Caranya: peras air jeruk dari 2 buah jeruk (jenisnya boleh jeruk apa saja, tapi paling disarankan jeruk sunkist). Campur dengan 1 bungkus gelatin, aduk rata. Simpan dalam lemari es sampai adonan cukup padat. Oleskan pada wajah, kecuali area sekitar mata dan bibir. Biarkan selama sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air sejuk dan keringkan wajah.

Masker Jeruk Nipis untuk kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi bisa dibilang jenis yang agak ribet, karena bisa timbul jerawat namun juga kering di beberapa area. Masker jeruk nipis ini cocok buat jenis kulit tersebut. Manfaat lain dari jeruk nipis bisa untuk mengatasi penuaan dini.

Caranya: peras ½ bagian jeruk nipis, campur dengan putih telur dari 1 butir telur yang sudah dikocok sampai kaku. Setelah diaduk rata, oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Masker Susu untuk mencerahkan kulit

Sejak jamannya ratu Cleopatra, susu udah terkenal sebagai bahan kosmetika legendaris yang berfungsi menghaluskan, memutihkan dan membuat kulit tampak berkilau sehat. Untuk keperluan masker ini, jenis susu yang dipakai biasanya susu bubuk full cream (yang tidak diberi pemanis). Soalnya, kandungan lemak dalam susu bubuk full cream bisa dimanfaatkan secara maksimal. Jangan pakai susu low-fat karena kurang cocok digunakan sebagai masker.

Caranya: campur 2 sendok makan susu bubuk, 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan air panas, lalu aduk rata. Tunggu sampai agak hangat agar saat dioleskan tidak membuat kulit iritasi. Setelah dioleskan pada wajah, biarkan selama 15 menit sampai maskernya mengering. Bilas dengan air hangat, diikuti dengan pemakaian cleansing-foam yang biasa kamu pakai. Keringkan wajah dan kenakan pelembab wajah kamu sesudahnya.

Masker Telur

Ada dua cara membuat masker telur, yaitu dengan menggunakan putih telur dan bagian kuning telurnya.

Masker kuning telur: cocok untuk kulit normal cenderung kering.

Caranya: kocok 1 butir kuning telur, tambahkan perasan ½ buah jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipisnya. Biarkan dulu maskernya selama semalam supaya kuning telur menyerap minyak dari kulit jeruk nipis. Besoknya, oleskan pada wajah (kecuali area mata dan bibir). Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Masker putih telur: cocok untuk kulit normal cenderung berminyak dan dapat membantu mengencangkan kulit.

Caranya: sama dengan pembuatan masker kuning telur, hanya saja kali ini kuning telurnya diganti dengan bagian putihnya.

Masker Timun untuk kulit wajah berminyak

Ini alternatif bahan untuk masker kulit berminyak. Timun memang bisa mengurangi kadar minyak berlebih dan bisa memberi kesegaran pada kulit kusam yang terbakar sinar matahari.

Caranya: parut atau blender 1 buah timun, lalu campur hasilnya dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan 4 sendok makan susu segar yang sudah dididihkan. Aduk rata. Tunggu sampai adonan tak lagi panas, lalu oleskan ke seluruh wajah sampai leher. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Masker Tomat untuk semua jenis kulit

Kandungan vitamin C dalam buah tomat, selain bagus buat tubuh juga bagus untuk kesehatan dan kelembutan kulit. Kalau kamu memakai masker ini secara teratur setiap minggu, dapat membantu meringkaskan lubang pori-pori kulit sehingga kelihatan halus.

Caranya: haluskan 1-2 buah tomat dengan blender, campur dengan 1 sendok makan susu bubuk dan 25 cc sari jeruk. Aduk rata. Oleskan pada wajah dan leher sambil lakukan pijatan ringan, lalu biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Masker pepaya untuk wajah awet muda

Buah pepaya sarat kandungan gizi yang bisa meremajakan lapisan dermis dalam kulit hingga mencegah timbulnya penuaan dini dan juga dapat meluruhkan sel kulit mati. Masker ini cocok untuk semua jenis kulit.

Caranya: lumatkan ½ buah pepaya dan oleskan pada seluruh wajah serta leher. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Masker Melon atau Semangka untuk menyejukkan dan menyegarkan kulit

Buah melon atau semangka banyak mengandung air, sehingga cocok untuk kulit kering atau kulit yang tampak lelah karena sering terbakar sinar matahari.

Caranya: iris tipis-tipis 1/8 buah melon atau semangka. Bungkus hasil irisan dengan kain kasa dan tempelkan pada wajah (lebih bagus kain kasanya pakai yang lebar, supaya bisa menjangkau seluruh area wajah kamu). Biarkan selama sekitar 15 menit sambil kamu berbaring santai. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

Masker Havermut untuk kulit normal cenderung berminyak

Alternatif masker untuk jenis kulit normal-berminyak, nih.

Caranya: campur 2 sendok makan havermut dan 1 sendok makan jeruk nipis, lalu proses dalam blender sampai merata. Oleskan campuran ini pada wajah sambil dipijat ringan. Biarkan hingga mengering, lalu bilaslah wajah dengan air teh hangat hingga bersih.

Masker Wortel untuk kulit kusam dan area mata

Kandungan beta-karotein pada wortel dapat mencerahkan kulit yang kusam terbakar matahari, hingga membuatnya terlihat glowing. Wortel juga dikenal bagus untuk dipakai merawat area kulit sekitar mata, supaya terlihat cerah dan tidak menghitam.

Caranya: haluskan 3 buah wortel ukuran sedang (pilih wortel muda). Tambahkan 2 sendok makan madu dan 3 sendok makan yoghurt (plain), aduk rata. Oleskan pada wajah sambil dipijat ke arah atas dengan lembut. Oleskan juga di sekitar area kulit mata. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air sejuk.

Masker Apel untuk wajah berjerawat

Kulit berminyak yang terdapat tutul-tutul jerawat cocok dibalur dengan masker dari buah apel. Buah apel memang bisa menetralisir minyak yang berlebihan di wajah.

Caranya: parut 2 buah apel, lalu blender sampai halus. Bubuhkan segera pada wajah; jangan ditunda karena kita tahu bahwa apel cepat berubah warna akibat kehilangan kesegaran khasiatnya bila dibiarkan begitu saja setelah dipotong. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Jangan lupa baca juga artikel mengenai obat jerawat tradisional bagi anda yang bermasalah dengan jerawat di wajah.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru seputar kesehatan dan kecantikan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun langsung via email, silahkan isikan alamat pada kolom yang tersedia email Anda di bawah ini:

Kolom artikel berlangganan ini diberdayakan oleh FeedBurner

Posted by pada 24.9.13

22 komentar untuk "Cara Membuat Masker Kulit Wajah Alami"

Post a Comment