Manfaat Buah Melon dan Kandungan Nutrisinya

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/08/manfaat-buah-melon-dan-kandungan.html
Buah melon memiliki nama latin Cucumis melo dan termasuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Melon masih memiliki ikatan saudara dengan semangka dan blewah. Sejak masuk ke pasar Indonesia pada tahun 70-an, buah melon langsung menyandang predikat sebagai buahnya orang kaya karena harganya yang mahal dan masih langka. Namun saat ini, melon sudah dibudidayakan di Indonesia sehingga semua orang dari berbagai lapisan masyarakat bisa mendapatkannya dengan harga relatif murah.

Buah melon cukup digemari karena rasanya yang manis dan segar. Selain dikonsumsi secara langsung, buah yang satu ini juga sering dijadikan campuran dalam aneka minuman seperti koktail. Ada pula yang mengkonsumsinya sebagai jus.

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa dibalik kesegarannya, buah melon mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kalau sudah begini, Anda boleh merasa beruntung karena di artikel ini kami akan mengungkap fakta mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah melon bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Melon


Selain memiliki rasa yang segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti, karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 64 persen kebutuhan vitmain A harian), dan vitamin C 74,7 mg (mencukupi 12 persen kebutuhan vitamin C harian).

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan


Kandungan gizi buah melon memang cukup lengkap. Maka tidak heran jika buah segar ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat buah melon untuk kesehatan, kecantikan dan membantu program diet.

1. Anti Aging

Anda pasti pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

2. Baik untuk Diet

Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet untuk menurunkan berat badan maupun mengecilkan perut yang buncit.

3. Anti Kanker

Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

4. Mencegah Serangan Jantung

Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.

6. Mencegah Impotensi

Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ s3ksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ s3ksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi 3r3ksi (impotensi).

Sebagai orang yang beruntung mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat buah melon, tentunya Anda tidak boleh ingin untung sendiri. Jadi, bagikanlah artikel ini ke teman-teman anda di jejaring sosial seperti facebook, twitter dan google plus.

Related Posts