Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda

shares |

Makanan untuk otak
Info Kesehatan - Sama seperti jantung dan ginjal serta organ tubuh lainnya, otak membutuhkan nutrisi agar mampu bekerja dan menjalankan fungsinya secara normal. Kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat dapat mengganggu fungsi otak. Makan beruntunglah Anda yang selama ini menjalankan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar.

Nah, agar fungsi otak dapat berjalan optimal, maka Anda perlu mengkonsumsi makanan yang menyediakan suplai nutrisi ke otak. Dan berikut ini beberapa jenis makanan untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi otak seperti dilansir Health.

Ikan Laut

Ikan laut mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol darah, dan membantu menurunkan tekanan darah. Omega-3 juga menyediakan lebih banyak oksigen ke otak, sehingga memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi baru dan masih mengingat informasi lama dalam otaknya. Ikan laut yang disarankan, yaitu: salmon, tuna dan ikan haring.

Sayuran

Sayuran merupakan sumber terbaik vitamin E dan asam folat. Sayuran berhijau daun seperti brokoli dan bayam sangat baik untuk otak anak-anak hingga orang dewasa.

Menurut penelitian, senyawa yang ada dalam sayuran dapat membantu mempertahankan memori. Selain vitamin E, sayuran juga mengandung vitamin B6, dan vitamin B12 yang merupakan senyawa penting untuk memecah kadar homosistein, yang bisa menyebabkan lupa dan penyakit Alzheimer.

Buah Alpukat

Buah ini kaya sumber antioksidan vitamin E, yang bisa menurunkan risiko Alzheimer. Lebih jauh mengenai buah alpukat sudah saya tuliskan dalam artikel berjudul Manfaat Buah Alpukat. Silahkan dibaca sebagai tambahan pengethuan.

Biji bunga matahari

Biji-bijian, termasuk biji bunga matahari, merupakan sumber vitamin E yang dibutuhkan tubuh. Dari 100 gram biji bunga matahari mengandung 30% dari asupan harian vitamin E yang disarankan.

Kacang tanah dan selai kacang

Meskipun keduanya tinggi lemak, kacang tanah dan selai kacang cenderung tetap menjadi sumber lemak sehat. Juga mengandung vitmain E. Makanan ini bisa membantu menjaga jantung dan otak tetap sehat serta berfungsi dengan baik.

Buah beri

Menurut para peneliti, bluebery, strawbery, raspberry, dan buah beri yang lain mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Buah-buahan ini membantu mengurangi penuaan otak dan baik juga untuk meningkatkan memori otak.

Gandum

Menurut peneliti, beras merah, havermut, roti gandum, gandum, dan lain-lain sangat baik untuk kesehatan. Makanan ini melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga menjaga kualitas fungsi otak.

Madu


Madu dikenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan segala penyakit. Ternyata, madu juga dapat meningkatkan memoridan daya ingat otak lho. Satu sendok makan madu setiap pagi tidak hanya membantu Anda mengurangi berat badan, tetapi juga membantu dalam meningkatkan daya ingat.

Kacang-kacangan

Menurut the American Journal of Epidemiology, kacang atau pun selai kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu, kacang juga menjadi sumber vitamin E tinggi yang bisa menjaga tubuh tidak hanya dari serangan jantung tapi juga memperbaiki untuk sistem kerja dan meningkatkan daya ingat otak.


Nah, itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi agar otak bisa berfungsi secara optimal. Sediakan makanan tersebut dalam menu harian Anda. Satu lagi, biasakan untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Related Posts