Manfaat dan Khasiat Jus Buah Mengkudu untuk Kesehatan

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/11/manfaat-dan-khasiat-jus-buah-mengkudu.html
Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam keluarga Rubiaceae. Nama lainnya adalah Indian murbei, murbei pantai, buah keju, atau morinda besar. Di beberapa daerah di Indonesia buah mengkudu dikenal juga dengan sebutan, pace atau cangkudu. Sementara itu orang barat menyebut mengkudu dengan nama Noni.

Selain sebagai sumber karbohidrat dan serat, buah mengkudu juga tinggi akan vitamin A dan C, zat besi, dan niasin. Pulp dari buah ini digunakan untuk menyiapkan jus mengkudu bebas dari sumber lemak dan protein yang baik.

Manfaat Jus Mengkudu (Noni)


Secara umum, saya sudah pernah membahas mengenai khasiat mengkudu di artikel yang lalu. Berikut ini beberapa manfaat jus buah mengkudu:

Sistem Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitmain, mineral, asam amino, peptida, dan enzim, yang dianggap sebagai tonik yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat membantu dalam melindungi dan meregenerasi antioksidan alami dalam tubuh seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang pada gilirannya membantu menyingkirkan radikal bebas.

Anti-inflamasi

Jus buah mengkudu juga menunjukkan aksi serupa terhadap peradangan seperti pada non-steroid anti-inflamasi.

Analgesik

Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan sakit kepala. Orang dulu menggunakan daun mengkudu untuk membungkus sendi yang terkena gout menyakitkan. Noni memiliki sifat analgesik, karena 75% efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri.

Melawan kuman

Senyawa-senyawa dalam buah mengkudu seperti antrakuinon, skopoletin, dan terpena membuatnya efektif melawan kuman karena memiliki sifat antibakterial, antijamur, dan antiparasit.

Anti tumor/anti kanker

Para peneliti meyakini bahwa buah mengkudu membantu mencegah efek merusak dari kanker, juga tidak beracun terhadap sel-sel sehat dalam tubuh. Noni mengandung antrakuinon yang dapat mendetoksifikasi dan menghilangkan karsinogen sebelum menyebabkan kerusakan pada DNA.

Menstabilkan tekanan darah

Mengkudu efektid dalam menstabilkan tekanan darah pada pasien hipertensi.

Cara Membuat Jus Mengkudu


Berikut ini beberapa resep yang memanfaatkan buah mengkudu sebagai obat.

Obat Hipertensi

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu dibuang bijinya, lalu diparut. Sebauh mentimun diparut dan diperas. Tuangkan air mentimun ke ramuan mengkudu, beri gula aren dan 2 gelas air panas. Saring. Ramuan ini diminum untuk 3x sehari.

Cacing gelang

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu masak dicuci, lalu dipartu. Beri sesendok makan garam. Peras dengan kain. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

Melancarkan air seni

Cara pengobatan: Sama dengan resep untuk cacing gelang.

Mengobati Batuk

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu masak dicuci, diparut, lalu diperas. Beri gula batu secukupnya dan sedikit air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini 3x sehari.

Mengobati Diabetes

Cara pengobatan: Beberapa helai daun mengkudu dicuci, lalu direbus sampai matang. Daun ini dimakan sebagai lalap.

Radang usus

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu matang dicuci, lalu dilumatkan. Peras, beri madu secukupnya. Minum ramuan ini 2x sehari.

Diare pada anak

Cara pengobatan: 2 helai daun mengkudu dicuci, lalu diolesi minyak goreng, dan garang di atas api sampai layu. Tempelkan sehelai di perut, sehelai di punggung. Bebat dengan gurita.

Kulit bersisik

Cara pengobatan: 1 buah mengkudu matang diremas-remas, lalu digosokkan pada kulit yang bersisik. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air hangat.

Hepatitis

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu masak diparut, lalu diperas. Campur dengan gula batu secukupnya. Minum ramuan ini 2x sehari.

Eksem

Cara pengobatan: Cuci 1 buah mengkudu, sedikit kulit pohon mengkudu, akar mengkudu, lalu rebus bersama. Setelah dingin, gunakan untuk mencuci eksem.

Ketombe

Cara pengobatan: 2 atau 3 buah mengkudu matang dilumatkan dan diberi sedikit air. Peras. Airnya dipakai untuk keramas. Biarkan selama kira-kira 5 menit. Bilas dengan air bersih. Boleh memakai sampo untuk menghilangkan baunya.

Obat Encok, pegal linu

Cuci 5 helai daun mengkudu yang agak besar, lalu olesi dengan minyak kelapa. Garang di atas api sampai layu. Panas-panas tempelkan ke bagian yang sakit.

Masuk angin

Rebus 1 buah mengkudu, sepotong rimpang lengkuas dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Radang tenggorokan dan amandel

Beberapa helai daun mengkudu dicuci, lalu direbus sampai matang. Daun ini dimakan sebagai lalap. Namun, setiap setengah jam sekali berkumurlah dengan air rebusan tersebut.

Catatan Penting!
  1. Berbeda dengan sari buah lain, sari buah mengkudu diminum cukup dua sendok makan. Waktunya yang tepat ialah sebelum makan pagi dan sebelum makan malam. Jadi, perut masih kosong. Jus harus diminum sesegar mungkin, tanpa proses pemanasan atau perebusan, agar enzim alami di dalamnya tidak rusak. Selama berobat dengan jus buah mengkudu, kita harus menghindari minuman beralkohol dan kopi.
  2. Sementara, pemakaian jus ini dilarang bagi para penderita kelainan fungsi jantung, sebab efek sampingannya ialah denyut jantung yang meningkat.

Related Posts

2 comments:

  1. artikel sangat bermanfaat, obat herbal memang seharusnya menjadi pilihan utama kita semua, kunjungi juga http://www.tipkesehatan.info

    ReplyDelete