10 Tips Untuk Mengatasi Keputihan Yang Perlu Anda Ketahui

shares |

ADVERTISEMENT

Tips Mengatasi keputihanWanita pasti sangat emosi jika mengalami keputihan, sebab rasa gatal yang timbul sangatlah menjengkelkan. Selain itu, keputihan juga bisa mengurangi rasa percaya diri sebagian wanita, khususnya yang sudah menikah. Namun, tak jarang juga orang yang menyepelekan masalah keputihan meskipun mereka tau dampak negatifnya bagi kesehatan miss V nya.

Keputihan patologis (abnormal) adalah jenis keputihan yang paling ditakuti wanita, sebab virus yang menginfeksi vaginanya dapat memicu kemandulan dan menurunkan kesuburan. Untuk itu, perlu dilakukan penanganan medis. Berikut ini adalah 10 tips untuk mengatasi keputihan yang bisa Anda coba, dilansir dari University of Maryland Medical Center yang menjelaskan caranya seperti ini.
  1. Jaga organ intim Anda tetap bersih dan kering
  2. Hindari pemakaian celana dalam yang basah atau lembab, sebab dapat menyebabkan virus atau kuman bersarang di area kewanitaan Anda
  3. Rutin membersihkan vagina menggunakan sabun pembersih. Banyak yang menganggap bahwa mandi setelah menstruasi atau hubungan intim lebih bersih, padahal ini dapat memperburuk keputihan karena bakteri sehat yang melapisi vagina untuk mencegah infeksi bisa hilang.
  4. Jika Anda menderita infeksi jamur, cepat-cepat gunakan krim anti jamur untuk mengatasinya.
  5. Hindari infeksi jamur dengan cara mengonsumsi yoghurt atau minum tablet.
  6. Hindari juga penggunaan wewangian, semprotan pembersih kelamin, atau serbuk di daerah kewanitaan.
  7. Iritasi dapat terjadi jika Anda terlalu sering memakai celana yang begitu ketat atau pendek. Untuk itu hindarilah kebiasaan buruk ini.
  8. Gunakan celana dalam yang berbahan dasar katun, karena teksturnya lebih halus.
  9. Hindari penggunaan pakaian yang berbahan sutra atau nilon, sebab bahan ini tidak mampu menyerap keringat dan membatasi aliran udara. Efeknya, keringan menjadi menumpuk di daerah kewanitaan yang bisa menyebabkan iritasi.
  10. Kontrol kadar gula darah Anda jika menderita diabetes.

Itulah sepuluh cara untuk mengatasi keputihan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah keputihan yang telah menjadi momok menakutkan bagi wanita.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment