Cara Menyimpan Makanan di Lemari Es

shares |

Cara Menyimpan Makanan di Lemari EsBeberapa makanan perlu di simpan di dalam lemari es untuk membantu mencegah timbulnya bakteri yang tumbuh di permukaannya, seperti daging dan juga sayur-sayuran hijau. Pastikan lemari es Anda cukup dingin agar makanan yang akan di simpan di dalam lemari es terjaga kebersihannya dan tetap terhindar dari bakteri. Setidaknya suhu pada lemari es Anda sekitar 0* C dan 5* C. Jika Anda tidak mengerti bagaimana cara mengatur suhu pada lemari es Anda, Anda bisa menggunakan termometer lemari es untuk memeriksa suhu yang tepat.

Sebelum Anda menyimpan makanan dalam lemari es, kenali terlebih dahulu jenis makanan yang seharusnya di simpan dalam lemari es karena tidak semua makanan memiliki sifat yang sama.

Kenali Makanan / Bahan Makanan Yang Ingin Disimpan

  1. Jenis makanan yang berdaging seperti ikan, sosis, nugget, dan daging apapun dapat bertahan 3 - 4 bulan di lemari es (jika di simpan kedalam freezer).
  2. Jenis makanan seperti keju dapat bertahan hingga 2 - 4 bulan di dalam lemari es apabila dibungkus menggunakan alumunium foil atau bisa juga dengan plastik.
  3. Untuk jenis sayuran, jangan memasukkan sayuran yang sudah dipotong-potong ke dalam lemari es, sebab biasanya bakteri sudah menyerap ke dalam (isi) sayuran. Jika ingin di masukkan, cuci dan keringkan sayuran terlebih dahulu agar kesegaran sayuran tetap terjaga.
  4. Jika ingin menyimpan makanan, perhatikan dulu minumannya. Maksudnya jika ada minuman yang dalam keadaan terbuka, segera tutup rapat dalam lemari es sehingga aroma nya tidak mencampuri bau makanan yang lain.
  5. Telur, dapat bertahan di lemari es (lebih tepatnya di rak pintu) selama empat minggu. Namun telurnya harus sudah dicuci terlebih dahulu agar kotoran yang menempel hilang.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda, yaitu cara menyimpan makanan di dalam lemari es.

Cara Menyimpan Makanan Dalam Lemari Es

  1. Jangan menyimpan makanan dalam kulkas dalam keadaan panas.
  2. Bersihkan seluruh bagian dalam lemari es (kulkas) secara rutin agar tidak berkerak, setidaknya bersihkan dua minggu sekali.
  3. Hindari kebiasaan membuka pintu lemari es teralu lama, sebab bisa membuat suhu di dalam lemari es menjadi berkurang.
  4. Atur peletakkan makanan dalam kulkas shingga makanan yang berbeda jenis tidak tercampur dengan jenis makanan yang lain.
Yang harus diperhatikan adalah Anda jangan beranggapan jika menyimpan makanan dalam lemari es dapat membuat makanan menjadi tidak busuk, itu salah karena fungsi lemari es itu adalah untuk membuat makanan menjadi tahan lama, bukan anti busuk.

Itulah tips sederhana mengenai cara menyimpan makanan di dalam lemari es, hal ini perlu Anda perhatikan juga walau terlihat sepele namun sangat penting untuk kesehatan keluarga Anda.

Related Posts