Kandungan dan Manfaat Kentang untuk Kesehatan

shares |

ADVERTISEMENT

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/03/kandungan-dan-manfaat-kentang-untuk.html
Kentang merupakan tanaman yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan oleh manusia. Bahkan kandungan nutrisi dalam kentang ini sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kesehatan.

Kentang yang memiliki nama latin Solanum tuberosum L. adalah tanaman dari suku Solanaceae. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan menyebar dengan cepat ke berbagai penjuru dunia. Di Eropa, kentang sudah menjadi makanan pokok yang sangat penting.

Di Indonesia sendiri kentang biasa dikonsumsi sebagai kentang rebus, dibuat sayur, pelengkap sup, perkedel dan semur kentang. Ada juga yang membuat kentang goreng atau keripik kentang. Kentang merupakan makanan dengan nutrisi tinggi.

Berikut ini beberapa kandungan dan manfat kentang bagi kesehatan seperti dilansir laman Boldsky:

1. Mudah Dicerna

Kentang kaya karbohidrat, mudah dicerna dan baik dikonsumsi bagi yang memiliki sistem pencernaan sensitif. Selain itu mengandung serat larut dan tidak larut, untuk menjaga kesehatan usus.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan karbohidrat sederhana dalam kentang, dapat membantu meningkatakan kadar gula darah yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Umbi ini juga mengandung sejumlah vitamin B6 dan asam folat.

3. Kaya Antioksidan

Di dalam kentang juga terkandung fitonutrien dan antioksidan, termasuk ceratoniod dan flavonoid. Senyawa ini untuk melindungi kerusakan radikal bebas. Sedangkan patatin merupakan jenis protein, diketahui sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan.

4. Menyehatkan Kulit

Mengonsumsi kentang dengan rutin, juga dapat menghaluskan kulit. Karena mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, kalium, zink, fosfor dan magnesium. Bahkan di Amerika Latin, kentang sering dibuat jus untuk obat anti jerawat.

5. Stabilkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, mengungkapkan kentang merupakan sumber kaya kukoamines. Senyawa ini dapat menyembuhkan hipertensi dan menstabilkan fungsi jantung.

Di Indonesia, kentang memang belum dijadikan sebagai bahan makanan pokok karena masih kalah dengan beras. Namun mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapat dari kentang tidak ada salahnya jika Anda menambahkan kentang dalam menu harian Anda.

Related Posts

6 comments:

  1. Wah...wah ternyata kentang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yah....tak hanya nikmat dimakan saja tapi khasiat bagi kesehatan itu yang utama. Makasih telah berbagi...

    ReplyDelete
  2. Ane sekedar mau nambahin aja gan. Sapa tau bermanfaat.

    Manfaat Kentang Bagi Tubuh

    ReplyDelete

  3. Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. "Orang islam harus KAYA"
    dan "Beli Kembali Aset Indonesia" dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, cukup dari genggaman anda saja. Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM.dan dapatkan cashback dari transaksi pribadi anda dan transaksi group di jaringan anda.
    jadikanlah pengeluaran(beli pulsa hp anda dan anak-anak serta pulsa listrik rumah) anda menjadi penghasilan dan investasi masa depan anda..
    Penasaran join : KLIK DISINI

    ReplyDelete
  4. khasiat kentang ternyata banyak yahh bagi tubuh kta dan kita bisa makan kentang tiap hari untuk menjaga tubuh kita
    http://www.cari-alamat.com/

    ReplyDelete
  5. waaaah, makasih sharing informasinya gan

    ReplyDelete
  6. Kentang memang cocok banget buat mendukung gaya hidup sehat, selama aku diet dulu, aku cuma mkan 2 buah kentang untuk sarapan

    ReplyDelete