Kandungan dan Manfaat Kentang untuk Kesehatan

shares |

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/03/kandungan-dan-manfaat-kentang-untuk.html
Kentang merupakan tanaman yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan oleh manusia. Bahkan kandungan nutrisi dalam kentang ini sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kesehatan.

Kentang yang memiliki nama latin Solanum tuberosum L. adalah tanaman dari suku Solanaceae. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan menyebar dengan cepat ke berbagai penjuru dunia. Di Eropa, kentang sudah menjadi makanan pokok yang sangat penting.

Di Indonesia sendiri kentang biasa dikonsumsi sebagai kentang rebus, dibuat sayur, pelengkap sup, perkedel dan semur kentang. Ada juga yang membuat kentang goreng atau keripik kentang. Kentang merupakan makanan dengan nutrisi tinggi.

Berikut ini beberapa kandungan dan manfat kentang bagi kesehatan seperti dilansir laman Boldsky:

1. Mudah Dicerna

Kentang kaya karbohidrat, mudah dicerna dan baik dikonsumsi bagi yang memiliki sistem pencernaan sensitif. Selain itu mengandung serat larut dan tidak larut, untuk menjaga kesehatan usus.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan karbohidrat sederhana dalam kentang, dapat membantu meningkatakan kadar gula darah yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Umbi ini juga mengandung sejumlah vitamin B6 dan asam folat.

3. Kaya Antioksidan

Di dalam kentang juga terkandung fitonutrien dan antioksidan, termasuk ceratoniod dan flavonoid. Senyawa ini untuk melindungi kerusakan radikal bebas. Sedangkan patatin merupakan jenis protein, diketahui sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan.

4. Menyehatkan Kulit

Mengonsumsi kentang dengan rutin, juga dapat menghaluskan kulit. Karena mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, kalium, zink, fosfor dan magnesium. Bahkan di Amerika Latin, kentang sering dibuat jus untuk obat anti jerawat.

5. Stabilkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, mengungkapkan kentang merupakan sumber kaya kukoamines. Senyawa ini dapat menyembuhkan hipertensi dan menstabilkan fungsi jantung.

Di Indonesia, kentang memang belum dijadikan sebagai bahan makanan pokok karena masih kalah dengan beras. Namun mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapat dari kentang tidak ada salahnya jika Anda menambahkan kentang dalam menu harian Anda.

Related Posts