10 Makanan untuk Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

shares |

ADVERTISEMENT

Gula Darah
Makanan merupakan salah satu yang harus dikontrol oleh penderita diabetes agar kadar gula darah tetap stabil. Penderita diabetes yang bijak harus tahu mana makanan yang bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah dan mana yang bisa menurunkannya.

Selain itu, olahraga rutin, pola makan yang benar, istirahat yang cukup serta menjauhi stres adalah langkah yang baik untuk mengontrol gula darah.

Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

1. Pare
Pare umumnya digunakan sebagai makanan dan obat-obatan dalam budaya Asia. Makan buah ini dapat menurunkan gula darah. Karena rasa pahitnya, sebaiknya sajikan pare yang dimasak dengan rempah-rempah atau sayuran lainnya. [ Manfaat Buah Pare ]

2. Biji-bijian
Biji-bijian dapat menurunkan risiko diabetes dan membantu meningkatkan gula darah puasa. The Dietary Guideline AS menyarankan konsumsi 3–5 porsi biji-bijian per hari untuk orang dewasa. Biji gandum terutama kaya akan beta-glucan.

3. Bawang putih
Bawang putih memiliki bahan-bahan aktif seperti alil propil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin). Apabila dikombinasikan dengan flavonoid maka akan memainkan peran penting dalam menurunkan kadar glukosa. Allicin dapat digabungan dengan vitamin B1 (tiamin) untuk merangsang pankreas melepaskan insulin.

4. Kayu manis
Penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care tahun 2003 menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu manis selama 40 hari membantu meningkatkan glukosa darah puasa. Kayu manis bisa membantu Anda menggunakan lebih sedikit gula dalam masakan (termasuk dalam minuman kopi Anda). Karena ini menambah rasa alami, juga terkandung di dalamnya antioksidan.

5. Havermut
Havermut juga mengandung serat beta-glucan yang terbukti membantu menstabilkan gula darah. Havermut memberikan manfaat tambahan bagi mereka dengan diabetes atau pra-diabetes, juga mengurangi kadar kolesterol LDL dan membantu menurunkan berat badan. Satu porsi havermut di pagi hari adalah cara mudah untuk memasukkan gandum ke dalam asupan harian.

6. Bayam
Bayam kaya magnesium yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengatur pengeluaran insulin serta penggunaan glukosa pada tubuh. Kebetulan, orang dengan diabetes tipe 2 sering memiliki tingkat rendah serum magnesium. Bayam juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti beta-karoten, lutein, asam folat, vitamin K, magnesium, mangan, kalsium, dan kalium.

7. Buah Apel
Kandungan pektin tinggi dalam buah ini dipercaya membantu menurunkan kebutuhan insulin tubuh. Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari 28 persen lebih kecil menderita diabetes tipe 2 ketimbang mereka yang tidak makan apel. [ Manfaat Buah Apel ]

8. Cabai
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Australia menemukan bahwa memasukan cabai dalam bagian rutin diet setiap hari akan membantu menurunkan gula darah setelah menyantap makan. Selain itu, cabai juga mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkan regulasi insulin.

9. Kedelai
Kedelai memiliki sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi dapat memberikan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.

10. Teh
Teh hijau dan teh oolong mengandung EGCG, sementara teh hitam memiliki tannin, theaflavin, dan EGCG juga. Semuanya berperan dalam meningkatkan aktivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah. [ Manfaat Teh Hijau dan Teh Hitam ]

Selain 10 makanan diatas baca juga artikel Buah-Buahan yang Bagus untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi berbahaya seperti serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke. Maka, jangan pernah mengabaikannya. Mulailah jaga kesehatan Anda dengan pola hidup dan makanan sehat.

Related Posts

8 comments:

  1. katanya BROTOWALI juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah mas, jika benar bisa ditambahkan juga donk, hehehe, iya kan?

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak , artikel ini sangat bermanfaat untuk saya dan sahabat-sahabat saya yang lain, saya sudah bookmark blognya kk,..

    Resep Bunda
    Reseper
    Download Software
    Sistem Pemerintahan Indonesia
    Sistem Ekonomi Indonesia
    Concert ID

    ReplyDelete
  3. Menderiata diabetes tapi masih bisa makan nasi putih ? PM saya ya :) (alvonsk@gmail.com) saya bisa bantu kasih solusinya

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas info anda selama ini saya sangat bergantung pada tips dan cara yg anda sarankan

    ReplyDelete
  5. http://tokoonlineawak.esy.es/enerice-bubuk-beras-merah-organik.html

    Deskripsi Produk
    Bubuk beras merah mengandung serat,protein,lemak,karbohidrat,vitamin (A,B,B komplek dan E),mineral dan enzim.Sangat cocok untuk anak-anak dan lansia (lanjut usia).
    Bee pollen menyediakan berbagai unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh yang tidak bisa didapat dari makanan sehari-hari.Bee pollen adalah serbuk sari bunga jantan yang diambil lebah dan dugunakan sebagai makanan pokok seluruh koloni lebah madu.Kandungan pada Bee pollen antara lain ; Zat hidrat arang,Protein (dalam bentuk asam amino esensia),Vitamin,Mineral dan Enzim.
    Oatmeal adalah lapisan terluar (oatbran) pada biji bagian dalam gandum (groats).Sering dijadikan sereal yang menjadi makanan utama negara Skotlandia dan Irlandia,sebagai sumber serat terbaik yang dapat dicerna manusia,diyakini dapat menyerap kolesterol sehingga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan menekan resiko jantung koroner.
    Gula kelapa,mengandung index glikemi yang rendah sehingga baik bagi penderita diabetes karena tingkat gula darah yang dihasilkan setelah makan sangat rendah.

    Dengan mengkonsumsi satu produk lengkap kandungan di atas dalam satu jenis secara teratur sangat bermanfaat dalam :
    1.Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol dalam darah
    2.Membantu menghambat ateroklerosis atau pengapuran dinding pembuluh darah
    3.Membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berasal dari polusi,rokok,sepeda motor,asap pabrik dll
    4.Membantu menurunkan resiko sakit stroke,jantung,kanker,diabetes,asam urat
    5.Menunjang program diet untuk menurunkan berat badan
    6.Memperlancar proses pencernaan dan membantu mencegah kanker usus
    7.Membantu mengatasi keluhan sakit perut seperti maag,kembung,mual dan susah BAB
    8.Membantu meningkatkan kerja otak dan syaraf,juga baik bagi penderita autis
    9.Baik dikonsumsi bagi penderita asthma dan migrain atau sakit kepala
    10.Membantu menjaga kesehatan gigi,tulang dan gusi

    ENERICE – Bubuk Beras Merah Organik (netto 200g)
    Komposisi :
    Beras Merah Bubuk,Oatmeal,Gula Kelapa,Bee Pollen
    Dep.Kes RI No.P-IRT.215331302181
    Takaran saji :
    2 sendok makan (20g)
    Jumlah sajian per – kemasan :
    10 – 12 kali saji

    Plus Gula Kelapa

    ReplyDelete